• Techno
  • Satu Lagi Karya Xiaomi, Phablet Mi Max

Satu Lagi Karya Xiaomi, Phablet Mi Max

Tue, 10 May 2016

Gadget asal China, Xiaomi, makin nunjukin taringnya nih, Urbaners. Setelah sebelumnya Xiaomi merilis berbagai ponsel kece yang nggak kalah sama perusahaan gadget ternama sekelas Samsung dan iPhone, Xiaomi sekarang merilis phablet. Mungkin maksudnya phone tablet kali ya, Urbaners? Gadget satu ini masih belum banyak informasinya sih Urbaners, tapi dari teaser-nya sih sepertinya lumayan menjanjikan.

Oh iya, phablet satu ini punya nama yang lucu, yaitu Mi Max. Mungkin maksudnya ukuran mini tapi kemampuan maksimal kali ya, Urbaners? Nah, coba lo simak dulu artikel berikut ini Urbaners, kali saja lo bakal berminat buat beli, nanti pas sudah masuk pasaran.

 

Apa Spesialnya Phablet Mi Max?

Yang paling mencolok dari phablet Mi Max dari Xiaomi ini adalah ukurannya, Urbaners. Di teaser-nya, terlihat phablet Mi Max masuk di dalam kantong depan celana jeans. Masuknya smooth gitu, Urbaners. Ukurannya sih katanya bakal lebih besar dari Mi Note Pro yang layarnya sebesar 5.7 inci, tapi tetap lebih kecil dari Mi Pad 2 yang besarnya 7.9 inci. Jadi, kira-kira, phablet Mi Max mungkin punya ukuran sekitar 6 hingga 6.5 inci gitu, Urbaners. Paslah buat masuk kantong celana, Urbaners.

Nah, selain masalah ukuran, tentu saja phablet Mi Max punya keunggulan lainnya juga. Soal sistem operasi, phablet Mi Max memakai Android 6.0.1. CPUnya berkualitas hexa core, sementara GPUnya didukung dengan Qualcomm Adreno 510. Ada storage bawaan sebesar 10 GB yang bisa lo pakai, Urbaners.

Kamera utamanya punya resolusi hingga 15 megapiksel, sementara kamera depannya 4.8 megapiksel. Hmm, kurang mengesankan di bagian sini ya, Urbaners? Tapi ini kan baru hal-hal umum saja dari si phablet Mi Max, mungkin saja sebenarnya gadget ini punya sisi keren lainnya. Makanya, kasih kesempatan dulu ya sampai si Mi Max sudah rilis beneran.

 

Sebentar Lagi, Kok

Informasinya saja masih sedikit, apalagi soal harga, Urbaners. Yang pasti, nanti phablet Mi Max bakal rilis tanggal 10 Mei. Sebentar lagi kan, Urbaners? Makanya, sabar dulu sejenak. Jangan keburu menghakimi soal karyanya Xiaomi satu ini. Lagian, Xiaomi memang terkenal suka bikin kejutan kan, tuh. Di tahun 2015 saja, Xiaomi berhasil menjual hingga 70 juta ponsel. Mi Max bisa mendongkrak penjualannya Xiaomi nggak ya, Urbaners?

 

 

Sumber: www.cnet.com, www.gsmarena.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys