Trending
Rabu, 15 Juni 2016

Orang Indonesia Dibalik Pengembangan 5G

  • Share
  • fb-share
Orang Indonesia Dibalik Pengembangan 5G

Lo pasti tahukan bagaimana cepatnya internet 4G yang ada di smartphone lo sekarang? Dan sekarang coba bayangkan cepatnya nanti internet 5G yang sedang dikembangkan. Adalah 3GPP atau 3rd Generation Partnership Project yang sedang mengembangkan teknologi 5G. Tetapi fokus kita sekarang bukan kepada 3GPP, tetapi kepada Basuki Endah Priyanto yang ternyata berada dibalik pengembangan 5G. Bagaimana kiprah Basuki dan bagaimana dirinya bisa sampai masuk ke dalam tim pengembagan 5G.

 

Basuki terpilih menjadi salah satu pengembang 5G

Basuki Endah Priyanto ini ternyata nggak sendirian dalam mengembangkan teknologi 5G. Ada beberapa orang paling pintar di dunia dalam urusan telekomunikasi yang tergabung. Sebut saja orang dari Ericsson, Qualcom, Nokia, Huaweii, O2 dan lain-lain juga turut bergabung dalam tim dari 3GPP. Basuki kabarnya merupakan satu-satunya anggota tim dari luar Eropa.

 

Basuki sudah ahli soal telekomunikasi

Basuki Endah Priyanto adalah lulusan S1 Teknik Elektro ITB Bandung. Setelah lulus, Basuki langsung melanjutkan kuliahnya di Allborg University di Denmark. Di sana Basuki mendapatkan banyak pencerahan tentang teknologi telekomunikasi di dunia. Basuki pun bekerja di Ericsson Swedia selama 4 tahun. Di sana, Basuki menjadi penanggung jawab pengembangan riset. Mendapatkan pengalaman yang begitu banyak, Basuki akhirnya mendapatkan tawaran lain dari Huawei. Produsen yang mempunyai kantor pusat di Swedia ini memberikan jabatan Senior Specialist Algorithm Design kepada Basuki.

 

Pindah ke Sony dan semuanya berawal dari sini

Setelah bertahun-tahun memegang riset dan pengembangan teknologi komunikasi, akhirnya Basuki pindah ke Sony dan bisa mendapatkan beberapa paten 4G. Setelah sukses dengan teknologi 4G, Basuki pun dipercaya oleh 3GPP menjadi salah satu pengembang teknologi 5G. Di sana, Basuki merasa terpacu semangatnya karena semua pengembang ilmu telekomunikasi ada di 3GPP. Selain menambah pengetahuan, Basuki juga mendapatkan banyak sekali bantuan dari para sesama pengembang ilmu komunikasi di sana.

Itulah sekelumit cerita bahwa teknologi 4G yang sekarang lo pakai ini ada andil orang Indonesia di sana. Dan sekarang Basuki bahkan akan mengembangkan teknologi 5G lho!

 

Source: goodnewsfromindonesia.org

Comments
THIAS HASTININGSIH
Pindah ke Sony dan semuanya berawal dari sini
Sarinah
Paling keren dah