Google Bersiap Keluarkan Sistem Operasi Baru, Fuchsia - MLDSPOT
  • Techno
  • Google Bersiap Keluarkan Sistem Operasi Baru, Fuchsia

Google Bersiap Keluarkan Sistem Operasi Baru, Fuchsia

Fri, 26 August 2016

Ketika pertama kali meluncurkan sistem operasi Android yang berbasis open source, Google ditertawakan banyak orang karena dianggap smartphone nggak akan semaju sekarang. Tetapi ternyata Android menjadi sistem operasi smartphone paling banyak digunakan di dunia. Nggak hanya Android, Google juga secara keren mengeluarkan sistem operasi sendirinya untuk laptop bernama Chrome OS. Walaupun belum banyak orang yang menggunakan Chrome OS, Google sudah meramal bahwa suatu saat Chrome OS akan menjadi saingan Mac OS atau bahkan melebihinya.

Dengan kesuksesan Android dan perkembangan bagus dari Chrome OS, ternyata nggak membuat Google besar kepala. Malah sekarang Google sedang mengembangkan sistem operasi bernama Fuchsia.

 

Fuchsia digunakan untuk Internet of Things

Internet of Things atau IoT sekarang sedang menjamur. Beberapa perusahaan juga mulai beralih mengembangkan IoT, salah satunya Cisco. IoT adalah teknologi yang bisa menghubungkan antar perangkat ke perangkat ataupun perangkat dengan manusia. Sistem ini kerap disamakan dengan Artificial Intelligence, karena memang pengembangan AI masuk ke dalam ranah IoT.

Google pun langsung bertindak ketika melihat perkembangan IoT ini sangat cepat. Sistem operasi Fuchsia ini memang belum diluncurkan secara resmi oleh Google. Tetapi Google sudah membuka code dari Fuchsia ini di GitHub (sebuah website pengembangan aplikasi maupun sistem operasi). Di GitHub, Google mendaftarkan code tersebut dengan nama Fuchsia.

 

Ramah di komputer, smartphone, virtual machine ataupun Raspberry Pi

Fuchsia ini memang belum bisa digunakan secara penuh. Tetapi banyak pengamat yang mengatakan bahwa Fuchsia ini akan sangat ramah digunakan di komputer, smartphone, virtual machine atau Raspberry Pi. Khususnya untuk Raspberry Pi, para pengembang melihat Fuchsia akan sangat cocok digunakan di Raspberry Pi.

Google memang sarat dengan inovasi. Beberapa waktu lalu, dalam acara Google I/O, Google memperkenalkan Google Home, sebuah speaker pintar yang bisa melakukan perintah orang didekatnya. Bukan nggak mungkin Urbaners, kalau Fuchsia ini akan terpatri di perangkat Google Home.

 

Source: engadget.com

Dijual Seharga Rp 1,2M, LG Signature OLED R Ternyata Bisa Digulung!

Mon, 16 November 2020
Teknologi nggak biasa di TV LG Signature OLED R yang bikin layar TV nya bisa digulung, bro!

Netflix and chill memang sudah jadi salah satu kebutuhan untuk lifestyle millennial saat ini. Buat lo yang kemarin weekend tidak ke mana-mana, jelas, Netflix jadi salah satu hal yang bisa lo nikmati di hari libur itu dengan tenang.

Kalau boleh tahu nih bro – biasanya lo Netflix and chill itu di mana? Di laptop kah? Handphone, kah? Atau bahkan di smart TV? Sepertinya memang yang paling nyaman itu nonton serial atau film Netflix di TV, iya nggak sih bro?

Nah bicara soal televisi dan smart TV – ada kabar yang menggegerkan nih bro dari skena teknologi. Beberapa waktu lalu, salah satu brand besar untuk barang-barang elektronik yaitu LG, belum lama ini mengeluarkan salah satu produk unggulannya.

Produk unggulan ini adalah smart TV di mana ini bukan televisi biasa. Mungkin TV dengan layar LCD, dan berbagai teknologi lainnya sudah menjadi barang elektronik yang umum, bro. Tapi apakah lo sudah tahu kalau LG buat TV Signature dengan layar OLED R dan dibanderol Rp 1,2 Miliar?

Cukup paham kalau lo sekarang kaget karena dipikiran lo mungkin “kok ada ya TV yang dijual dengan harga sampai miliaran seperti itu, apakah ada yang bakal beli” Well, there is nothing impossible, bro. Sepertinya memang pasti ada yang beli, sih.

Apakah karena mahal dan prestise saja? Sepertinya nggak juga bro. Harga 1,2 miliar cukup sebanding dengan segala fitur dan teknologi yang ‘tidak biasa’ yang disematkan di TV yang satu ini. Apa sih teknologi yang ‘tidak biasa’ itu?

Daripada lo penasaran dan menebak-nebak sendiri teknologi yang ‘tidak biasa’ itu – sila simak bahasan kali ini sampai habis untuk mengetahui selengkapnya ya bro!

 

Teknologi ‘Tidak Biasa’: TVnya Bisa Digulung

Teknologi nggak biasa di TV LG Signature OLED R yang bikin layar TV nya bisa digulung, bro!

Credit Image: hardwarezone.com.sg

Kalau lo membayangkan TV ini bakal seperti yang ada di film-film superhero di mana bisa menyajikan tampilan tayangan sampai 4D-5D – sepertinya khayalan lo terlalu tinggi – walau untuk beberapa waktu ke depan, mungkin hal itu bisa saja terjadi. Teknologi berkembang saat dinamis, bro!

Lalu apa sih teknologi yang ‘tidak biasa’ yang ada di dalam TV LG Signature ini? Percaya atau tidak nih bro – kalau TV ini bisa digulung! Kaya kertas?! Nggak juga sih bro – nggak kaya kertas juga – tapi yang jelas TV ini bisa digulung.

TV yang dinamai LG Signature OLED R ini mengklaim sebagai TV atau smart TV pertama di dunia yang bisa digulung. FYI saja nih bro – huruf R yang ada di nama TV ini adalah singkatan dari rollable yang artinya memang dapat digulung.

Luar biasanya lagi, LG Signature OLED R ini memiliki panel layar dengan diagonal mencapai 65 inci dan bisa beroperasi dalam tiga mode. Pertama Full View, lalu kedua adalah Line View dan yang terakhir atau ketiga adalah Zero View.

Brand teknologi asal Korea Selatan adalah pihak-pihak yang ada di belakang TV ini. Mereka sempat memamerkan smart TV ini dalam ajang teknologi yang bernama CES atau Consumer Electronic Show beberapa waktu lalu.

 

3 Mode Dalam Satu Gulungan TV

Teknologi nggak biasa di TV LG Signature OLED R yang bikin layar TV nya bisa digulung, bro!

Credit Image: kompas.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau TV ini mempunyai tiga mode tersendiri. Apa masing-masing fungsi dari mode tersebut ya?

Perlu lo ketahui bro untuk mode pertama yaitu Full View adalah mode standar di mana layar TV ini bakal dibentangkan dengan penuh dan bisa menonton acara TV seperti pada umumnya. Well, karena terhubung dengan internet dan menjadi salah satu smart TV tercanggih – mode Full View ini juga memungkinkan diri lo untuk mengakses film atau streaming dari internet.

Lalu yang uniknya adalah mode kedua atau Line View. Dalam mode ini, lo bisa menggulung TV sampai hanya tersisa bagian atas dari layar yang ada bro. Bentuk ini menyerupai sebuah panel horizontal yang ramping.

Nah, di mode yang kedua ini – lo bisa mengalihkan fungsi lain dari mode pertama. Lo bisa memainkan musik, menampilkan informasi waktu, pencahayaan yang keren sampai bingkai estetik yang bisa menyala dan bisa lo aktifkan.

Dan mode terakhir adalah Zero View di mana mode ini adalah mode penyimpanan TV sehingga layar tersebut benar-benar tergulung dengan sempurna sampai layar TV tidak kelihatan sama sekali. Dalam kotak penyimpanannya yang dari alumunium, di dalam situlah layar TV yang tergulung disimpan.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala penjelasan yang ada di atas – jelas TV ini tempting buat lo menonton film yang seru termasuk Netflix and chill nih. Kalau sudah masuk dan dijual di Indonesia – apakah lo mau cop TV ini, bro?

 

Feature Image – teknologi.id