Home Techno Facebook Kini Dapat Pemasukan Dari Iklan Lebih Banyak Ketimbang TV Biasa

Facebook Kini Dapat Pemasukan Dari Iklan Lebih Banyak Ketimbang TV Biasa

Monday, December 5, 2016 - 11:42
Bagikan
Facebook Twitter Email

Facebook memang sudah lama malang melintang di dunia media sosial. Sudah banyak inovasi yang dibuat oleh Facebook. Mark Zuckerberg sendiri meminta karyawannya untuk selalu membuat inovasi tiap bulannya. Hasilnya, luar biasa. Baru-baru ini dikabarkan bahwa pemasukan Facebook dari iklan mencapai angka yang fantastis. Bahkan, angka ini mengalahkan pendapatan iklan yang dihasilkan oleh TV biasa.

 

Dominasi pendapatan iklan

Media tradisional saat ini sedang gelisah, terutama melihat persiangan ketat dengan media digital. Beberapa waktu yang lalu, Variety mengabarkan bahwa penghasilan Facebook dari iklan mengalahkan media-media besar di Amerika Utara, mulai dari CBS, Disney, bahkan Comcast. Hasil ini merupakan kali pertama bagi media digital memenangkan persaingan dengan media tradisional di tahun 2016 ini.

Facebook sendiri menghasilkan 9,1 milyar dolar atau setara dengan lebih dari 10 triliun rupiah. Penghasilan itu dihitung hanya dari iklan di Amerika Utara dalam kurun waktu 9 bulan saja tahun ini. Dalam kurun waktu dan pemasukan yang sama, Comcast hanya berhasil mendapatkan 7,6 milyar dolar, diikuti oleh Disney dengan angka 6,7 milyar dolar dan CBS dengan 5,4 milyar dolar. Padahal, setahun yang lalu, Facebook hanya berhasil berada tepat di belakang Comcast, dengan angka 5,5 milyar dolar.

 

Masih kalah dengan Google

Pendapatan Facebook dari iklan bisa dibilang cukup luar biasa dalam beberapa bulan belakangan. Perusahaan media sosial ini mendapatkan nilai total 7 milyar dolar hanya di kuarter ini saja, lebih besar 4,5 milyar dolar dalam waktu yang sama setahun lalu.

Meski begitu, pertumbuhan yang luar biasa dari Facebook belum berarti apa-apa. Facebook bahkan jauh tertinggal oleh Google yang berhasil mendapatkan 21,5 milyar dolar hanya di tiga kuarter pertama tahun 2016. Penghasilan itu hanya didapatkan dari Amerika Utara saja.

Selain itu, kondisi kesehatan finansial setiap perusahaan juga nggak terlalu jelas dijabarkan. Tapi yang jelas, Comcast untung banyak dari bisnis internet. Sedangkan CBS sendiri dapat untung dari program TV berbayar milik mereka.

 

Selamat, Facebook! Akankah keuntungan ini bakal memberikan Facebook kesempatan untuk mengembangkan inovasi yang lebih besar lagi? Biar waktu yang menjawabnya.

 

Source: variety.com