• Techno
  • Berita Teknologi Paling Besar di Tahun 2016

Berita Teknologi Paling Besar di Tahun 2016

Thu, 15 December 2016

Perkembangan teknologi di tahun 2016 memang benar-benar memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Banyak kisah-kisah perkembangan teknologi yang tercipta sepanjang 2016, mulai dari yang bagus maupun yang buruk. Nah, berikut ini adalah beberapa berita teknologi besar yang nggak mungkin lo lewatkan sepanjang tahun 2016.

 

Headphone jack milik iPhone

Setiap kali Apple merilis iPhone, selalu beritanya benar-benar seperti gemuruh ketika badai, menggelegar kemana-mana. Namun ketika iPhone 7 dirilis, banyak yang kecewa karena headphone jack yang bertahun-tahun sudah ada di ponsel pintar tersebut tiba-tiba hilang begitu saja. Tujuan utama penghilangan port jack ini pada dasarnya untuk menunjang audio wireless di masa yang akan datang. Namun hal ini justru dipandang negatif oleh penggunanya, apalagi ketika Apple menawarkan dongles sebagai solusi.

 

Samsung Galaxy Note 7 meledak

Setelah bertahun-tahun jadi saingan utama Apple, Samsung tiba-tiba saja mengalami masalah dengan Galaxy Note 7 produksi mereka. Meskipun memiliki banyak spesifikasi yang menawan, termasuk headphone jack, Note 7 memberikan teror baru yakni kebakaran secara tiba-tiba. Hal ini pun membuat Samsung menarik semua produk Note 7 ini dari pasaran. Usut punya usut, masalah kebakaran ini disebabkan oleh korsleting baterai yang kurang aman sehingga membuat Note 7 mudah terbakar dan meledak.

 

Self-driving car

Mobil tanpa pengemudi dianggap menjadi inovasi teknologi paling maju dalam bidang otomotif. Adalah Tesla yang pertama kali menguji coba teknologi tersebut dan Uber menjadi perusahaan pertama yang mencoba menerapkan teknologi mobil tanpa awak di Pittsburgh. Tak ketinggalan, beberapa produsen mobil tradisional juga ikut unjuk gigi. Salah satunya adalah Audi yang bekerja sama dengan Lyft mengembangkan mobil tanpa awak.

 

Snapchat jadi tren

Evan Spiegel benar-benar mampu menarik perhatian dengan Snapchat di tahun 2016. Snapchat seakan jadi tren baru yang nggak mungkin dilewatkan oleh setiap pecandu sosial media. Pesatnya kemajuan Snapchat membuat banyak sosial media lain panik. Semua produk dan fitur yang dibuat oleh sosial media lain seakan tak kuat melawan kepopuleran Snapchat. Dan akhirnya, Instagram mencoba bersaing dengan menelurkan Instagram Stories yang benar-benar mirip dengan Snapchat. Menariknya, Instagram berhasil melakukannya.

 

Mana menurut lo berita yang paling menarik perhatian di tahun 2016? Semoga di tahun 2017 mendatang, kemajuan teknologi semakin bagus.

 

Source: mashable.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com