Trending
Rabu, 11 Januari 2017

Google Dikabarkan akan Membeli Souncloud Senilai 6,6 Triliun Rupiah

  • Share
  • fb-share
Google Dikabarkan akan Membeli Souncloud Senilai 6,6 Triliun Rupiah

Apakah Urbaners pernah menggunakan layanan Soundcloud? Soundcloud sempat menjadi aplikasi pemutar musik online yang populer sebelum adanya Spotify. Tapi, lama-kelamaan keberadaan Soundcloud ini tergeser oleh Spotfiy. Bisa jadi karena Spotify memiliki lebih banyak kategori lagu daripada Soundcloud yang memungkinkan penggunanya lebih leluasa memilih lagu yang ingin didengar.

 

Dikabarkan Pernah Ditawar oleh Spotify

Orang-orang pun mulai berlaih ke Spotify dan layanan sejenis lainnya. Tentunya hal ini membuat Soundcloud semakin sulit bersaing, kan? Bahkan, layanan Soundcloud Go yang sempat diluncurkan bulan Maret 2016 lalu gagal memberikan keuntungan yang signifikan. Melihat masa depan yang kurang menjanjikan, pihak Soundcloud berencana menjual layanan ini.

Beberapa bulan lalu sempat tersebar rumor bahwa Spotify akan mengakuisisi layanan pemutar musik asal Swedia tersebut. Tapi sayangnya proses tersebut harus kandas di tengah jalan karena harga yang dipasang oleh pihak Soundcloud dinilai terlalu mahal, yakni sebesar satu miliar dolar, atau setara dengan 13,3 triliun rupiah.

 

Google Berencana Mengakuisisi SoundCloud

Kabar lebih baru dari Music Business Worldwide mengatakan bahwa Google, perusahaan mesin pencari raksasa berniat untuk mengakuisisi SoundCloud senilai 6,6 triliun rupiah, yang merupakan setengah dari harga yang ditawarkan sebelumnya. Meski masih ada kandidat lain yang juga berniat mengakuisisi SoundCloud, tapi sepertinya saat ini Google menjadi calon pembeli favorit.

Jika memang benar Google akan mengakuisisi SoundCloud, maka akan ada tiga perusahaan rekaman yang juga ikut mendapat keuntungan, yakni Sony, Universal, dan Warner Music. Ketiganya memiliki nilai total saham delapan hingga sembilan persen di Soundcloud dengan nominal sebesar 600 milyar rupiah dari total 6,6 triliun.

Belum diketahui secara pasti rencana Google ketika sudah mengakuisisi Soundcloud, apakah akan mengintegrasikannya dengan Google Play Music, atau hanya membeli hak paten untuk memanfaatkan teknologi Soundcloud itu sendiri. Tapi terkait hal itu, Google masih belum memberikan konfirmasi apapun. Buat Urbaners yang suka menggunakan layanan Soundcloud, bagaimana perasaan lo melihat layanan pemutar musik favorit lo akan diakuisisi perusahaan lain?

Nah ternyata selain tiga label rekaman di atas, Twitter juga memiliki sebagian saham di SoundCloud lho, Urbaners. Baca selengkapnya di sini.

 

Source: hypebeast.com

Comments
INTAN FINDIA ANGRAINI
Dikabarkan Pernah Ditawar oleh Spotify
Agung Sutrisno
proses tersebut harus kandas di tengah jalan