Home Techno Beeline, Kompas Khusus Sepeda yang Biarkan Lo Pilih Jalan Sendiri

Beeline, Kompas Khusus Sepeda yang Biarkan Lo Pilih Jalan Sendiri

Tuesday, January 31, 2017 - 16:32
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bersepeda keliling kota mungkin jadi hobi banyak orang yang ingin menjaga kesehatan. Hobi ini akan lebih seru bila didukung dengan gadget kece yang membantu pergerakan lo selama bersepeda. Saat ini, gadget untuk olahraga sepeda sudah merambah ke perangkat navigasi.

Sudah banyak perangkat yang menawarkan sistem navigasi GPS untuk sepeda. Namun Beeline adalah hal yang berbeda. Perangkat yang satu ini nggak mengharuskan pengendara untuk mengikuti rute jalan yang direkomendasikan.

 

Bersepeda tanpa rute

Bersepeda memang menyenangkan. Namun hal tersebut akan berubah jadi hal yang membosankan ketika lo melewati rute yang sama ke sebuah tempat. Ini pasti terjadi ketika lo menggunakan sistem GPS biasa pada sepeda yang lo gunakan.

Baru-baru ini muncul produk navigasi bernama Beeline. Berbeda dengan produk navigasi biasa, Beeline nggak memberikan rute tertentu menuju ke lokasi yang ditunjuk. Produk yang dikoneksikan dengan smartphone melalui sinyal Bluetooth ini hanya akan menunjuk tempat yang akan dituju serta perkiraan jarak tempuh yang harus dilalui para pengendara. Hal ini memudahkan pengendara untuk memilih rutenya sendiri dan menjelajahi kota sesuai keinginan, nggak terpaku dengan rute yang disarankan oleh GPS.

 

Fungsinya dipertanyakan

Buat lo yang hobi sepeda yang punya jiwa pemberontak, mungkin Beeline bakal sangat menarik buat lo untuk dimiliki. Namun ada pertanyaan besar yang sebenarnya dipermasalahkan para pengamat ketika seseorang menggunakan perangkat ini: bagaimana pengendara bisa sampai ke tujuan?

Katakanlah lo nggak tahu sama sekali lokasi yang akan dituju. Pengguna GPS biasa tentu bakal mudah menemukan jalan kesana karena sudah ada rute. Kalau nggak ada rute seperti ini, bagaimana orang bisa menemukan jalan yang benar? Bagaimana bila di depan ada jalan buntu dan akhirnya bikin pengendara malah tersesat ke rute yang lain? Memang seru untuk melakukan kehendak sendiri, tapi tentu hal ini akan membuat lo malah bingung.

Namun opini pengamat hanyalah opini. Nyatanya, Beeline merupakan kisah startup yang sukses. Setelah luncur di Kickstarter pada bulan Oktober 2015 dan bulan ini barang sudah dikirim ke para penyumbang. Yang menarik, perangkat ini dijual dengan harga 121 dolar saja.

Gimana, tertarik untuk menambah pengalaman bersepeda lo dengan Beeline?

 

Source:
theverge.com