Home Techno Kenalin Strike, Bola Bisbol Pintar Pertama di Dunia

Kenalin Strike, Bola Bisbol Pintar Pertama di Dunia

Thursday, February 2, 2017 - 18:40
Bagikan
Facebook Twitter Email

Olahraga bisbol memang punya kesan tersendiri di tengah masyarakat. Memang di Indonesia belum seberapa populer, tapi di Amerika Serikat, olahraga ini jadi olahraga favorit banyak keluarga. Banyak teknologi yang menunjang kemudahan dalam berolahraga bisbol. Menariknya, teknologi tersebut nggak datang dari Negeri Paman Sam, melainkan dari Tiongkok. Baru-baru ini dirilis bola bisbol pintar pertama di dunia. Apa yang bisa dilakukan oleh bola ini?

 

Bola bisbol pintar pertama

Lemparan pitcher merupakan penentu kemenangan sebuah tim bisbol. Bila lemparan pitcher sempurna, maka bukan nggak mungkin tim bisbol akan selalu menang. Tak heran bila banyak tim bisbol profesional yang menggunakan berbagai peralatan berharga jutaan dolar untuk mengetahui kualitas lemparan seorang pitcher.

Strike adalah bola bisbol pintar pertama di dunia yang mampu membantu pemain bisbol dalam mendapatkan data mengenai lemparan pitcher. Nggak perlu peralatan mahal, lo cukup butuh bola Strike dan aplikasi mobile yang di-install di perangkat smartphone. Tinggal nyalakan aplikasi, lakukan lemparan terbaik lo dan seketika itu juga data-data tentang lemparan yang baru saja lo lakukan akan muncul di layar smartphone.

 

Banyak komponen, berat tetap sama

Dalam satu kali pencatatan lemparan, Strike akan mencatat kecepatan, kelengkungan serta putaran bola. Data-data tersebut akan muncul di layar aplikasi. Yang menarik, aplikasi tersebut akan memberikan simulasi 3D mengenai arah bola sehingga lengkungan-lengkungan yang dibuat oleh bola saat melayang terlihat dengan jelas. Tak hanya itu, lo juga bisa menganalisa sudut putar bola begitu juga dengan strike zone yang akan membantu lo menemukan akurasi sempurna tiap lemparan.

Di dalam bola Strike terdapat beberapa komponen, antara lain IMU, gyro sensor, Bluetooth serta komponen elektronik lainnya.  Komponen tersebutlah yang kemudian mencatat setiap pergerakan bola layaknya sebuah GPS. Bola ini memang butuh baterai sebagai sumber tenaga, tapi menariknya lo bisa mengisi ulang daya baterai tanpa perlu memasangnya ke port USB berkat wireless pad. Menariknya lagi, meski terdapat banyak komponen, berat bola ini tetap sama dengan bola bisbol standar pada umumnya.

Menarik untuk dimiliki, Urbaners, apalagi buat lo yang ingin jadi pitcher andalan tim. Tertarik untuk membelinya?

 

Source:
hypebeast.com