Trending
Selasa, 21 Februari 2017

WhatsApp Siapkan Fitur Anti-Salah Kirim

  • Share
  • fb-share
WhatsApp Siapkan Fitur Anti-Salah Kirim

Urbaners tentu pernah salah kirim pesan di WhatsApp. Memang keceplosan atau salah kirim ini mungkin hanya membuat malu. Tapi lain halnya jika yang dikirim rada-rada sensitif atau menyinggung orang lain. Bisa berabe kan? Selama ini tidak ada yang bisa dilakukan kecuali pasrah apabila pesan sudah terkirim.

Tapi tenang Urbaners. WhatsApp kabarnya sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan untuk mengatasi masalah tadi. Fitur dimaksud adalah kemampuan menyunting (mengedit) atau bahkan menarik pesan yang telah terkirim.

Keberadaan fitur "anti-salah kirim" bernama Recall itu diungkapkan akun Twitter bernama @WABetaInfo yang selama ini dikenal menyajikan informasi dan bocoran seputar aplikasi WhatsApp. Pengelola akun tersebut memanjang screenshot yang menunjukkan cara kerja Recall dalam WhatsApp versi beta untuk platform Android.

Dengan fitur tersebut, pengguna WhatsApp cukup memilih pesan yang hendak diedit dalam percakapan. Lalu memilih opsi untuk menyuntingnya. Namun fitur ini disebut-sebut hanya bisa dilakukan terhadap pesan terkirim yang belum dibaca penerima. Dua centang tapi belum biru.

Hal sama dilakukan jika Urbaners ingin menghilangkan percakapan. Pilih hapus dalam opsi pesan yang dihendaki. Namun lagi-lagi, pilihan ini hanya bisa dilakukan pada pesan WhatsApp yang belum terbaca.

Sebelumnya, @WABetaInfo juga melansir fitur penyuntingan dan penarikan pesan di WhatsApp Beta untuk iOS. Penggunaan fitur kurang lebih sama dengan platform Android yakni dilakukan dengan memilih opsi "revoke message" di dalam aplikasi. Apabila pesan terkirim memiliki attachment berupa dokumen teks, gambar, video, atau audio, maka lampiran itu turut terhapus.

Disebutkan pula bahwa penyuntingan dan penarikan hanya berlaku untuk pesan baru. Namun @WABetaInfo tidak merinci seberapa lama umur pesan yang masih bisa disunting.

Sepertinya Urbaners masih harus bersabar. Sebab hingga kini belum jelas kapan fitur recall dan editing pesan ini diterapkan. Pihak WhatsApp sendiri belum mengeluarkan pengumuman resmi soal keberadaan fitur yang ramai beredar di internet itu.

Layanan sejenis macam Telegram dan BlackBerry Messenger diketahui sudah lebih dulu menerapkan fitur penarikan dan editing pesan. Di BBM, ada pilihan edit untuk mengganti pesan atau recract untuk menghapus pesan. Sementara Telegram menyediakan "delete for me and contact" untuk menarik pesan yang keburu terkirim.

 

source: telegraph.co.uk kompas.com

Comments
nicolas filbert tandun
Tinggal fitur julanan belum ada
Heni Oen
Tidak terlalu banyak membantu