Trending
Senin, 27 Februari 2017

NASA Ajak Lo Gabung Buat Cari Planet Baru

  • Share
  • fb-share
NASA Ajak Lo Gabung Buat Cari Planet Baru

Mungkin ada sebagian dari lo yang sejak kecil punya cita-cita jadi astronot dan menjelajahi luar angkasa. Sayangnya, impian itu nggak kesampaian dan berakhir di meja kantor. Mungkin lo hanya bisa tersenyum kecut melihat kenyataan ini. Tapi jangan salah, lo masih punya kesempatan buat bergabung bersama NASA dan menemukan planet baru. Gimana caranya?

 

Hanya bisa dilakukan manual

Beberapa waktu yang lalu, NASA lagi-lagi membutuhkan bantuan publik untuk memahami luar angkasa. Yang menarik, lo hanya perlu memandangi beberapa foto secara online. Adalah proyek bernama Disk Detective yang diluncurkan oleh NASA kepada masyarakat luas. Proyek ini mengandalkan kemampuan masyarakat biasa untuk membantu para peneliti mengidentifikasi obyek luar angkasa yang berada di luar sistem tata surya kita.

Banyak obyek-obyek luar angkasa yang bergerak melintasi langit. Sayangnya obyek-obyek seperti brown dwarfs dan planet-planet asing yang ada pada gambar noise sulit untuk dideteksi oleh komputer. Artinya, memelototi foto-foto luar angkasa secara manual adalah cara yang paling efektif untuk menemukan sesuatu yang baru di langit.

Tetap saja, hal ini merupakan pekerjaan yang sangat berat. Pasalnya, ada jutaan foto yang perlu diamati dengan baik. Oleh karena itu, NASA memutuskan untuk membangun proyek dengan mengandalkan banyak tenaga untuk mengidentifikasi setiap gambar.

 

Caranya mudah

Untuk bisa terlibat, lo hanya perlu mengunjungi situs diskdetective.org. Di situ, lo akan disuguhi dengan sebuah video pendek yang merupakan gabungan dari gambar-gambar hasil tangkapan kamera khusus milik NASA bernama Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE). Lo akan diberikan sejumlah kategori untuk bisa dipilih sesuai dengan yang lo lihat pada gambar tersebut. Kalau nggak ada yang sesuai, lo bisa pindah ke frame lain dan mencoba lagi menemukan hal yang serupa.

Hal ini bukan pertama kalinya NASA meminta bantuan publik luas. Beberapa waktu lalu, NASA juga mengadakan Space Poop Challenge serta Open Innovation Service (NOIS) Contracts. Namun, kedua proyek tersebut hanya sebatas konsep, bukan pengalaman terjun langsung ke lapangan seperti proyek Disk Detective ini.

 

Gimana, Urbaners? Mulai tertarik buat menjelajahi luar angkasa mulai dari sekarang?

 

Source: engadget.com

Comments
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnnnnn bangetttttt bossssss
Miftachul Rahardoni
keren banget