Trending
Kamis, 09 Maret 2017

Penjualan FitBit Kalahkan Smartwatch Apple dan Samsung

  • Share
  • fb-share
Penjualan FitBit Kalahkan Smartwatch Apple dan Samsung

FitBit menunjukkan taringnya. Setelah mengakuisi Pebble di awal tahun 2017, kini mereka membuktikkan bahwa produknya lebih tangguh daripada Apple dan Samsung. Dilansir oleh cnet, penjualan smartwatch dan fitness tracker dari FitBit ini menjadi yang nomor satu di dunia. Total selama tahun 2016 kemarin, total FitBit mendapatkan 22,5 juta penjualan di seluruh dunia. Jumlah tersebut cukup fantastis jika dibandingkan dengan Apple dan Samsung yang hanya mendapatkan penjualan 10,7 juta dan 4,4 juta.

 

Fokus FitBit Berbuah Manis

Salah satu alasan kuat FitBit dapat mendominasi perang smartwatch ataupun fitness tracker adalah tingginya fokus mereka dalam pengembangan produk. FitBit mungkin bisa disebut sebagai pendatang baru di dunia teknologi, tetapi untuk urusan smartwatch ataupun fitness tracker, FitBit justru bisa dibilang terdepan.

Didirikan pada tahun 2007, awalnya FitBit hanya membuat tracker. Kemudian perusahaan ini berkembang setelah mendapatkan pendanaan dari beberapa investor besar di Amerika Serikat. Produk pertama mereka adalah FitBit Tracker yang bisa ditempelkan di dalam saku celana ataupun baju. Nggak lama kemudian, FitBit mengeluarkan FitBit Force yang mendapatkan sambutan luar biasa. Dari situ, FitBit akhirnya memutuskan untuk melantai di bursa efek dengan keuntungan mencapai ratusan juta dolar.

 

Semakin Kuat Ketika Mengakuisisi Pebble

Ketika Pebble muncul pada tahun 2012 dengan fokus mengembangkan smartwatch dengan harga terjangkau, FitBit menganggap Pebble sebagai pesaing utama. Dari segi harga, tentu Pebble jauh lebih murah dibandingkan FitBit. Untuk itulah perang smartwatch dimulai. FitBit memang mengeluarkan smartwatch dan fitness tracker murah, tetapi dari segi fungsi masih kalah dari Pebble.

Unggul dari sisi keuangan, FitBit akhirnya mengambil win-win solution dengan mengakusisi Pebble pada bulan Desember 2016 kemarin. Dengan begini, FitBit hampir tidak mempunyai saingan di pasar smartwatch di Amerika Serikat. Kecuali di Tiongkok, Urbaners, karena Xiaomi berhasil menjual 15 juta perangkat wearable, hanya selisih tujuh juta dari FitBit.

 

Source: cnet.com

Comments
Epul Saepuloh
Mantap betul
Ahdan Maulana Muhammad
terima kasih