• Techno
  • Xbox One X Hadir untuk Saingi PlayStation 4 Pro

Xbox One X Hadir untuk Saingi PlayStation 4 Pro

Thu, 22 June 2017

Microsoft nggak bisa duduk tenang ketika saingannya, Sony, terus menerus mengeluarkan console generasi terbaru. Pada bulan September 2016 lalu, Sony mengeluarkan PlayStation 4 Pro yang lengkap dengan VR dan kualitas 4K. Nggak mau kalah, pada acara E3 pertengahan Juni kemarin, Microsoft juga mengeluarkan console Xbox generasi terbaru, yaitu Xbox One X. Console tercanggih dari Microsoft ini diyakini lebih canggih daripada PlayStation 4 Pro.

 

Sebagai Penyempurna Xbox One yang Dinilai Gagal

Penyempurna Xbox One

Pada tahun 2016 kemarin, Xbox One benar-benar harus tunduk dari PlayStation 4 untuk masalah penjualan. Sejak diluncurkan sampai tahun 2016 kemarin, Sony mengklaim bahwa console-nya ini laku 38 juta unit di seluruh dunia. Sedangkan, Microsoft mengatakan bahwa Xbox One hanya laku 18 juta unit di seluruh dunia. Dengan selisih hampir 2 kali lipat, hal tersebut merupakan tamparan besar bagi Microsoft. Oleh karena itu, Xbox One X ini diharapkan bisa menjadi tambalan kekalahan Microsoft.

Salah satu hal yang diunggulkan dari Xbox One X adalah 4K resolution, HDR, Dolby Atmos, loading cepat, dan lebih handal dalam menjalankan game 60FPS. Salah satu game bundling dari Xbox One X adalah Horizon Zero D awn dan Last of Us 2. Kedua game tersebut akan berjalan lancar di console Xbox One X.

 

Diprediksi Hanya Sebuah Percikan Kecil Microsoft

Xbox memiliki spesifikasi yang cukup tinggi

Dari semua spesifikasi yang mewah, hanya ada 1 kelemahan dari Xbox One X, yaitu soal harga. Harga dari Xbox One X adalah 499 dolar atau sekitar 6,5 juta rupiah. Coba bandingkan dengan PlayStation 4 Pro yang dijual hanya sebesar 399 dolar atau sekitar 5 juta rupiah. Dengan perbandingan harga yang cukup jauh, tentu banyak orang yang akan berpikir kembali apakah akan membeli Xbox One X atau PlayStation 4 Pro.

Bahkan ada yang mengatakan, beberapa orang yang sudah mempunyai Xbox One nggak berniat untuk upgrade ke Xbox One X karena spesifikasi nggak terlalu berbeda. Dan yang paling utama, harganya terlampau mahal. Hmm, bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo tertarik dengan Xbox One X?

 

Source: engadget.com

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq