• Techno
  • Youtube Siapkan 4 Langkah Perangi Terorisme

Youtube Siapkan 4 Langkah Perangi Terorisme

Wed, 05 July 2017

Layanan media sosial, dalam beberapa bulan terakhir, mendapat tekanan dari pemerintah di berbagai negara untuk berbuat lebih banyak dalam memerangi terorisme. Ini terkait konten berbau ekstremisme dan propaganda teroris yang ada pada layanan mereka.

Menanggapi hal tersebut, YouTube layanan video milik Google mendeklarasikan diri bergabung dalam kampanye memerangi kejahatan global tersebut. Selain aktif menandai dan menghapus video yang memuat konten aksi radikalisme, YouTube menyiapkan empat langkah baru untuk menghadapi aktivitas ekstremis di platformnya.

 

Deteksi konten ekstremis lebih cepat

Sebagaimana dilansir Financial Times, Google melalui General Counsel Kent Walker akan memperkuat sistem pengelompokan konten agar mampu mengenali lebih baik video-video terorisme. Sistem ini nantinya mampu membedakan antara berita serangan teroris dan video yang memang memuat kekerasan. Setelah penilaian dibuat, YouTube otomatis menghapus konten yang dianggap melanggar.

Google juga akan memaksimalkan pengguna-pengguna yang telah terverifikasi untuk menandai konten-konten terlarang. User-user ini diberikan hak khusus untuk mengulas sebuah konten yang telah ditandai karena melanggar panduan yang telah ditetapkan.

 

Melibatkan lebih banyak ahli

Raksasa teknologi ini juga akan menambah jumlah ahli independen dalam program Trusted Flagger. Sedikitnya 50 ahli dari 63 badan amal telah bergaung untuk mencari dan memberi tanda konten ekstremis atau menyebarkan kekerasan termasuk ajakan untuk bergabung dengan teroris.

Tindakan ini bertujuan agar pihak YouTube dapat menargetkan tipe spesifik dari video dan grup-grup khusus yang mendukung kekerasan dan terorisme. Hingga pada akhirnya sistem otomatis konten negatif bisa berfungsi sempura.

 

Standar yang lebih ketat

YouTube menerapkan kebijakan sepihak untuk video-video yang berbau hasutan terhadap agama atau aliran tertentu. Termasuk video yang mengandung konten religius, yang selama ini sulit dideteksi. Atau rekaman yang berisi hasutan.

Menurut Kent Walker, YouTube akan mengambil sikap lebih keras terhadap video yang tidak secara jelas melanggar kebijakan mereka. Salah satunya adalah dengan memblokir iklan atau menampilkan peringatan untuk penonton hingga unpublish video.

 

Perluasan kerja kontra-radikalisasi

Terakhir, YouTube juga terlibat dalam penanganan mencegah radikalisasi. Salah satunya dengan membuat program untuk mengalihkan pengguna yang ditargetkan kelompok ekstremis seperti ISIS ke konten kontra-ekstremis.

YouTube juga fokus terhadap korban terorisme. Di antaranya membuat konten edukasi anti terorisme sebagai serangan balik video ajakan bergabung ke kelompok radikal dengan tujuan mengubah pikiran pengguna.

Walker menambahkan bahwa YouTube bekerja sama dengan perusahaan lain seperti Facebook dan Twitter untuk mengembangkan aplikasi dan teknik baru yang mendukung upaya anti-terorisme.

 

Source: Arah.com, dailysocial.id

Filter Instagram Terkeren yang Harus Lo Coba

Thursday, January 16, 2020 - 17:31
Instagram memiliki beragam fitur yang asyik dicoba, salah satunya filter di Instagram Stories

Instagram saat ini telah menjadi salah satu media sosial yang paling digemari. Instagram bahkan juga menjadi media sosial favorit dari banyak selebriti populer hingga para pemimpin dunia. Banyaknya fitur yang lucu di Instagram membuat media sosial yang satu ini begitu dicintai. Salah satu fitur yang paling sering digunakan dan sangat populer tentunya Instagram Stories.  

Fitur andalan dari Instagram ini memang sangat seru dan menarik. Pihak Instagram pun terus-menerus membuat inovasi agar fitur yang satu ini semakin dicintai. Mereka bahkan berkolaborasi dengan sejumlah brand dan tokoh terkenal untuk membuat filter yang unik dan kece di Instagram Stories.

 

Cara Mencoba Filter Keren di Instagram

Buat lo yang belum pernah mencoba filter di Instagram nggak perlu sedih karena bakalan kita jabarkan langkah-langkahnya dengan jelas. Hal pertama yang harus lo lakukan tentunya buka akun Instagram pribadi. Kemudian klik ikon kamera yang ada di bagian kiri atas. Kemudian lo bisa memilih salah satu filter yang tersedia di bagian bawah. Lo juga bisa memilih ‘browse effect’ dan memilih kategori filter yang ingin dicoba mulai dari Instagram, selfie, love dan masih banyak yang lainnya. Jika sudah menentukan pilihan, lo bisa mencobanya dan langsung diposting di Instagram Stories.

 

Filter Keren di Instagram Stories yang Bisa Lo Coba

Instagram memang sudah menyediakan beragam filter kece di Instagram Stories. Namun, ada beberapa filter yang nggak kalah kerennya yang harus lo cobain seperti berikut ini:

 

  • HeadQuiz dari @karetsatu

    Filter HeadQuiz sangat seru untuk dicoba

    Filter yang satu ini cukup viral dan sering muncul di Instagram. HeadQuiz adalah filter dengan jenis game yang cukup unik dan seru. Jika lo tertarik menggunakannya hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan follow pembuat filter tersebut yaitu akun @karetsatu. Cara menggunakan filternya mirip seperti saat lo ingin menggunakan filter. Namun jangan lupa, arena filter ini hanya bisa digunakan dengan kamera belakang.

  • Freckles dari @bdimitrov

    Filter Freckles bisa bikin penampilan lo jadi lebih cakep seperti saat pakai make up

    Tren makeup freckles akhir-akhir ini memang sangat disukai oleh para wanita. Namun kini lo nggak perlu susah-susah menggunakan makeup karena untuk mendapatkan freckles yang cantik juga bisa didapatkan dari filter Instagram Stories lho. Follow akun @bdimitrov dan nanti kalian bisa langsung mencoba filter cakep yang satu ini.

  • Retrofilm dari @yanka.onuchina

    Filter Retrofilm juga wajib dicoba jika ingin postingan lo terlihat lebih aesthetic

    Nah jika lo ingin mencoba memiliki foto dan video pendek dengan tema retro maka coba dulu deh filter yang satu ini. Filter Retrofilm dari @yanka.onuchina ini bisa banget dicoba agar Instagram Stories lo nggak gitu-gitu aja nih Urbaners!

 

Itulah 3 filter keren Instagram yang harus segera lo coba. Jadi tertarik mencoba yang mana, Urbaners?

 

 

Sources: tribunnews.com