Trending
Rabu, 26 Juli 2017

Amazon Keluarkan Media Sosial Baru Bernama Amazon Spark

  • Share
  • fb-share
Amazon Keluarkan Media Sosial Baru Bernama Amazon Spark

Berawal dari toko buku online biasa, sekarang Amazon berubah menjadi perusahaan e-commerce nomor satu di dunia. Bahkan sekarang Amazon sudah berkembang menjadi perusahaan teknologi dengan mengeluarkan speaker pintar Amazon Echo dan streaming televisi Amazon Prime. Dan kemarin, Amazon baru saja meluncurkan Amazon Spark, media sosial baru yang berbasis foto sharing layaknya Instagram dan Pinterest.

 

Bertujuan untuk Membuat Media Sosial Antar Pelanggan

Pada tahun 2015 lalu, Amazon melewati jumlah penjualan dari Walmart sebagai retailer terbesar di Amerika Serikat. Dengan jumlah pelanggan yang terdaftar mencapai 304 juta pada tahun 2015, Amazon langsung memanfaatkannya dengan membuat media sosial antar pelanggan bernama Amazon Spark. Dengan sistem mirip seperti Pinterest dan Amazon, nantinya seluruh pelanggan bisa meng-upload foto dirinya ketika berbelanja, lengkap dengan harga produk.

Jadi, jika dilihat secara keseluruhan, Amazon Spark akan menjadi product review, katalog, dan juga alat promosi bagi para pengguna layanan Amazon. Amazon membatasi pengguna Spark khusus untuk pelanggan Amazon Prime yang telah membayar 99 dolar per tahun.

 

Bertransformasi Menjadi Perusahaan Teknologi

Sejak didirikan tahun 1994, Jeff Bezos sudah mengatakan nggak akan membuat Amazon sebagai sekadar toko buku online biasa. Beberapa inovasi dan investasi besar-besaran dilakukan oleh Amazon di awal tahun 2000 sampai sekarang. Pada tahun 2003, Amazon mengakuisisi A9.com, sebuah perusahaan yang berfokus kepada search engine. Kemudian Amazon meluncurkan Amazon Web Service pada tahun 2006 yang sekarang menjadi salah satu perusahaan cloud computing terbesar di dunia.

Nggak hanya soal software, dalam urusan hardware Amazon juga “turut” berpartisipasi. Amazon Kindle, sebuah e-book reader, adalah hardware pertama yang dikeluarkan oleh Amazon. Kemudian ada Amazon Echo, sebuah speaker pertama di dunia, yang membuat Apple dan Google kalang kabut.

Setelah munculnya Amazon Spark, bukan nggak mungkin nantinya Amazon akan mengeluarkan smartphone atau bahkan mesin pencari sendiri. Kita lihat inovasi apa yang dikeluarkan oleh Amazon ya, Urbaners.

 

 

Source: billboard.com

Comments
Mursidin
Keren banget
Irwandi -
keren banget