Trending
Selasa, 26 September 2017

Gimana Sih Sebenarnya Cara Kerja Face ID dari iPhone X?

  • Share
  • fb-share
Gimana Sih Sebenarnya Cara Kerja Face ID dari iPhone X?

Apple Special Event kembali digelar pada 12 September 2017 lalu. Ada beberapa produk yang diperkenalkan Apple pada ajang tersebut. Namun, sejauh ini yang paling mencuri perhatian dan banyak dibicarakan adalah iPhone X. Smartphone terbaru Apple ini nggak punya home button san sensor fingerprint. Lalu, gimana caranya lo bisa login ke iPhone X? Jawabannya adalah dengan menggunakan Face ID atau sensor wajah!

 

“Terpaksa” Sematkan Face ID Karena Layar OLED

Bagi yang belum tahu, iPhone X adalah ponsel pertama Apple yang dibuat dengan layar OLED. Nah, kabarnya, Apple nggak mampu menyematkan teknologi Touch ID di bawah layar maupun menaruh tombol fisik di bagian muka. Alhasil, Apple pun “terpaksa” berinovasi dengan menggunakan pemindaian 3D untuk mengenali wajah penggunanya.

 

Andalkan Teknologi Infrared Dots

iPhone X memiliki teknologi yang disebut sensor TrueDepth, di mana Apple memasukkan banyak hardware dalam satu space kecil, dua di antaranya adalah kamera infrared dan dot projector. Ketika lo mengangkat iPhone X menghadap wajah lo, ponsel akan mengeluarkan 30.000 infrared dots tak terlihat yang mampu memindai pola dan fitur wajah lo. iPhone X akan mengambil gambar dalam bentuk dots dengan kamera infrared, lalu memutuskan apakah gambar dots tersebut memang merupakan wajah lo.

Apple mengklaim bahwa Face ID ini lebih aman dari Touch ID. Kemungkinan bagi orang lain untuk “mencurangi” Face ID “hanya” satu banding sejuta. Berbeda dari Touch ID yang kemungkinannya mencapai satu banding 50.000. Nantinya, Face ID nggak cuma bisa lo gunakan untuk login iPhone, tapi juga verifikasi identifikasi untuk Apple Pay.

 

Disimpan di Bagian Enskripsi Khusus dalam Ponsel

Selain aman, Apple juga mengklaim bahwa Face ID sangat concern terhadap masalah privasi. Apple nggak akan menyimpan hasil scan wajah lo di dalam cloud. Mereka melakukan setiap scan wajah melalui Secure Enclave, sebuah co-processor yang dilengkapi memori enkripsi sendiri, proses boot aman, dan random number generator. Dengan teknologi ini, Apple bahkan nggak bisa mengakses data pelanggan.

 

iPhone X dibanderol dengan harga mulai dari 999 dolar AS atau sekitar Rp 13 jutaan. Apa lo berencana membelinya, Urbaners? Pre-order mulai dibuka pada 27 Oktober 2017 nanti, lho!

 

 

Sources: cnet.com, beritagar.id, tekno.kompas.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
EDI SASONO
Disimpan di Bagian Enskripsi Khusus dalam Ponsel