• Techno
  • 5 Drone Murah untuk Pemula

5 Drone Murah untuk Pemula

Fri, 18 January 2019
5 Drone Murah untuk Pemula

Siapa sih yang belum pernah melihat drone? Benda terbang fenomenal ini makin populer hingga bikin ingin memilikinya. Kalau lo lagi berburu drone, kini banyak lho drone murah untuk pemula.

 

Tips belajar drone

Meski terlihat sepele, ternyata mengendalikan drone bukan perkara mudah lho. Buat Urbaners yang masih pemula, berikut beberapa tips mudahnya.

  • Kenali drone dan remote-nya

    Memahami bagian-bagian drone dan remote yang digunakan adalah hal penting yang harus dikuasai pertama sebelum menerbangkan drone. Coba beberapa kali mengutak-atik agar terbiasa dengan remote-nya. Membiasakan diri dengan remote amat penting mengingat remote adalah penentu manuver di udara.

  • Pelajari manuver lepas landas dan mendarat

    Manuver pertama yang harus dipelajari dengan sempurna adalah cara lepas landas dan cara mendarat. Sensitivitas tiap merek drone berbeda satu sama lain, jadi lo harus membiasakan diri dengan sensitivitas drone agar mudah mengendalikannya.

  • Kuasai cara mempertahankan posisi di udara

    Fungsi utama drone adalah mengambil gambar dari udara atau aerial photography. Oleh karena itu, amat penting untuk bisa mempertahankan posisi drone di udara mengingat drone perlu diam di tempat saat mengambil gambar. Jaga konsentrasi saat menahan keseimbangan drone.

  • Belajar memutar drone

    Manuver penting lainnya yang harus dikuasai pemula adalah memutar posisi drove. Biasanya hal ini perlu dilatih berulang kali karena saat drone berputar, frame kamera ikut berputar, sehingga memicu kebingungan. Dengan membiasakan diri, kebingungan tidak lagi jadi masalah.

 

Drone murah untuk pemula

Setelah mempelajari tips mudah di atas, sudah waktunya buat Urbaners untuk cari drone murah untuk mengisi waktu senggang lo. Yuk, cek 5 drone murah untuk pemula berikut ini!

  • Syma X5C

    Syma X5C(Sumber : Jakartanotebook.com)
    Drone dengan jenis quadcopter (berbaling-baling empat buah) ini sudah dilengkapi dengan kamera HD yang bisa digunakan untuk fotografi standar. Dibuat dengan desain kokoh berpelindung baling-baling, drone ini bisa tetap bergerak stabil meski pemula sudah menjatuhkannya berkali-kali. Harga drone ini berkisar sekitar Rp 400 ribuan.
     

  • JJRC H31

    JJRC H31(Sumber : Jakartanoteboook.com)
    Diklaim awet dan bisa terbang saat hujan, drone JJRC H31 cocok untuk pemula yang sering menjatuhkan drone. Bahkan karena masih bisa jalan meski basah, drone ini tak masalah jika jatuh ke parit atau kolam depan rumah. Hal yang biasa terjadi pada pilot drone pemula. Urbaners bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp 450 ribuan.
     

  • DM003 Mini

    JJRC H31(Skynexdrones.com)
    Kalau lo benar-benar baru pertama kali akan menerbangkan drone, maka DM003 Mini paling pas untuk dicoba. Mengapa? Karena drone yang satu ini sangat stabil dan tidak liar gerakannya, sehingga pemula dijamin bisa mengendalikannya dengan mudah. Tingkat stabilitas yang tinggi ini memang daya tarik drone DM003 Mini dengan banderol harga Rp 350 ribuan saja.
     

  • Blackhawk SQ800W

    DM003 Mini(iPrice.co.id)
    Meski masih tergolong drone kelas mainan, namun Urbaners nggak bisa meremehkan drone satu ini. Blackhawk SQ800W sudah dilengkapi dengan kamera FPV yang cukup baik dan memiliki transmisi yang bagus sehingga terasa halus saat terbang. Drone ini pun diklaim tahan angin sehingga cocok untuk penerbangan outdoor. Dengan segala kelebihannya ini, Urbaners bisa dapatkan dengan harga Rp 400 ribuan saja.

  • Cheerson CX10 Mini Quadcopter

    Blackhawk SQ800W(beginnerflyer.com)
    Tampil mungil dibanding merek-merek sebelumnya, Cheerson CX10 Mini unggul dalam hal manuver. Hal ini tercapai berkat ukurannya yang mungil, sehingga mudah melakukan manuver yang fleksibel. Built quality keseluruhan drone juga kokoh sehingga cocok untuk pemula yang sering menjatuhkan drone. Drone ini dijual seharga Rp 250 ribuan saja.

 

Source:
plazakamera.com/cara-menerbangkan-drone-untuk-pemula/
plazakamera.com/10-kesalahan-menerbangkan-drone-dan-cara-menghindarinya/
jsp.co.id/10-tips-menerbangkan-drone-dengan-mudah-untuk-pemula/
review.bukalapak.com/gadget/3-rekomendasi-drone-murah-terbaik-di-bawah-rp1-juta-untuk-pemula-2229
liupurnomo.com/drone-untuk-pemula/
langitkaltim.com/2018/09/drone-terbaik-pemula.html
gotomalls.com/articles/4-rekomendasi-drone-dji-terbaik-untuk-pemula

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys