Home Techno 6 Kali Ke Bulan, NASA Tinggalkan 170 Kilogram Sampah

6 Kali Ke Bulan, NASA Tinggalkan 170 Kilogram Sampah

Wednesday, February 14, 2018 - 14:57
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada 20 Juli 1969 manusia berhasil mencetak sejarah peradaban terbaru setelah para astronaut NASA berhasil menginjakkan kaki ke bulan untuk kali pertamanya. Peristiwa itu menjadi penemuan ilmu pengetahuan terbesar bagi manusia menjelajahi luar angkasa, sebab setelah momen tersebut semakin banyak misi-misi ke bulan diluncurkan. Hingga tahun 1972, NASA mengklaim bahwa telah melakukan eksperimen dan menguji batas perjalanan luar angkasa sebanyak 6 kali. Penasaran seperti apa berita selengkapnya? Yuk simak!

Keganjilan pendaratan di Bulan oleh NASA

40 tahun setelah Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang mendaratkan kakinya di Bulan, sejumlah teoritikus tetap bersikeras bahwa pendaratan Apollo 11 yang membawa Neil Armstrong tersebut adalah hoax atau tidak benar-benar nyata. Mereka bahkan menunjukkan sejumlah bukti keganjilan pendaratan di Bulan yang telah diklaim oleh NASA. Salah satunya adalah, pada sebuah foto terlihat bendera Amerika Serikat yang telah ditancapkan Neil berkibar seakan diterpa angin, padahal permukaan Bulan adalah kosong tanpa udara.

Penjelasan oleh pihak NASA diwakilkan oleh sejarawan penerbangan antariksa Roger Launius, yang menyebutkan bahwa inersia pada bendera setelah ditancapkan ke permukaan Bulan tetap ada pada fisik bendera tersebut. Neil juga nggak sengaja membentangkan batang penyangga horizontal bendera beberapa kali, sehingga membuat bendera berkibar, dan itulah yang terekam oleh kamera.

Meninggalkan 180 ribu kilogram sampah

Terlepas dari pro dan kontra tentang pendaratan astronot di Bulan, tentu terdapat barang-barang yang ditinggalkan selama manusia menjalankan misi mereka di Bulan. Selama 6 kali misinya ke Bulan, NASA telah meninggalkan sampah sebanyak 809 objek. Puing-puing itu terdiri dari peralatan ilmiah penting seperti modul pendaratan bulan, enam bendera Amerika, serta 4 cermin di Bulan yang membantu ilmuwan mengetahui Bulan bergerak 3,8 cm lebih jauh dari Bumi setiap tahun.

Nggak hanya itu, Urbaners. Kabarnya, ada juga 96 kantong kotoran manusia, air kencing, dan muntah yang tertinggal di permukaan Bulan. Dua buah bola golf, gunting kuku, potret diri astronot James Irwin yang ditinggalkan oleh sang astronot sendiri. Selain misi Apollo masih ada juga sampah bekas misi program robot Luna milik Rusia. Kalau ditotal seenggaknya ada lebih dari 180.000 kilogram sampah yang ditinggalkan di permukaan Bulan.

Nah, Urbaners, kaget banget kan lo kalau ternyata manusia nih memang hobi banget meninggalkan sampah yang nggak hanya di Bumi, tapi juga di Bulan. Isu soal sampah luar angkasa memang belakangan ini makin mengemuka, semoga aja segera ada solusinya, ya!