• Techno
  • Akhirnya, Dropbox Bakal Kolaborasi dengan Google

Akhirnya, Dropbox Bakal Kolaborasi dengan Google

Mon, 12 March 2018
Akhirnya, Dropbox Bakal Kolaborasi dengan Google

Urbaners, buat lo yang selama ini bingung mau pakai Dropbox atau Google, mulai sekarang bisa lebih tenang. Pasalnya, setelah sekian lama menjadi kompetitior, Dropbox baru-baru ini dikabarkan berencana untuk bisa terhubung dengan G Suite yang bertujuan demi memberikan “Rumah yang lebih baik untuk bekerja” bagi para seluruh penggunanya. Seperti apa ya kolaborasi hebat antara Dropbox dan Google ini?

 

Konten terpusat

Dengan kolaborasi ini nantinya pengguna yang melakukan aktivitas via Dropbox, bisa menyimpan dokumen Google Docs, Sheets, dan Slides secara langsung ke akun Dropbox mereka. Sebaliknya, pengguna G Suite juga bisa membuat, membuka, mengedit, menyimpan, serta membagikan Google Docs, Sheets, dan Slides secara langsung lewat Dropbox. Kemudahan ini tentu sudah lama dinantikan hampir sebagian besar pengguna kedua layanan ini.

 

Kolaborasi tetap berjalan aman

Urbaners, lo nggak perlu khawatir terjadinya kebocoran data-data penting pada pihak yang tidak berwenang. Pasalnya, di dalam kolaborasi antara Dropbox dengan Google ini hanya Admin akun Dropbox Business yang bisa mengelola Google Docs, Sheets, dan Slides seperti beragam konten lainnya yang ada di Dropbox.

 

Layanan terintegrasi

Setelah memutuskan untuk berkolaborasi dengan Google, maka sebagai pengguna lo bisa memilih dokumen dari akun Dropbox dan mengirim tautan secara langsung ke Gmail dan Google Hangouts Chat. Adanya fitur Add-on di Gmail juga bakal memberi kemudahan untuk mengedit dokumen dan melihat data terakhir akses dokumen. Menariknya, Google Hangouts Chat bakal menghadirkan mode preview dokumen dan lo tetap bisa melakukan obrolan.

 

Bakal rilis resmi akhir 2018

Berdasarkan hasil wawancara Tech Crunch dengan Vice President of Engineering Dropbox, Tony Lee, layanan kemitraan antara dua raksasa penyimpanan file-file penting ini bakal rilis secara resmi di akhir tahun 2018 mendatang. Sampai saat ini masih terus dilakukan upaya pengembangan sistem demi kenyamanan pengguna nantinya.

Tentu saja kolaborasi ini dilakukan setelah kedua perusahaan Silicon Valley ini menyadari bahwa meningkatnya jumlah perusahaan menggunakan G Suite untuk pekerjaan bisnis mereka, yang berarti semakin banyak dokumen Google beredar, sedangkan Dropbox banyak dipakai untuk mengelola file dan juga untuk kolaborasi tim.

 

Kalau boleh tahu nih, sebelum kedua perusahaan ini berkolaborasi lo ada di tim mana, apakah Dropbox atau Google? Pastinya ini adalah kolaborasi yang sudah lama ditunggu-tunggu baik bagi pengguna Dropbox ataupun Google sendiri. Kita tunggu saja ya tanggal peluncurannya!

 

Source: engadget.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com