• Techno
  • Aplikasi Edit Foto Instagram yang Sering Digunakan

Aplikasi Edit Foto Instagram yang Sering Digunakan

Fri, 06 July 2018
Aplikasi Edit Foto Instagram yang Sering Digunakan

Instagram menjadi salah satu media sosial paling favorit, bahkan lebih favorit dari sang “kakak tertua”, Facebook. Instagram ini memang media sosial paling unik, Urbaners. Walaupun hanya bisa melakukan sharing foto dan video berdurasi pendek aja (barusan muncul IGTV yang bisa upload video sampai 1 jam), banyak orang tetap menggunakan aplikasi ini. Hal unik lainnya dari Instagram adalah untuk menjadi terkenal atau viral, lo harus mempunyai konten yang unik dan berkualitas.

 

Aplikasi Edit Foto yang Sering digunakan di Instagram

Sebagus apapun caption yang lo buat, tetapi kalau lo nggak bisa mengambil atau mengedit foto, tentu itu akan termasuk hal yang sia-sia. Lalu, bagaimana jika lo nggak bisa mengambil foto yang keren? Padahal kan Instagram ini merupakan media sosial yang mengandalkan kualitas foto banget? Jangan khawatir, Urbaners, karena lo masih punya satu kesempatan, yaitu melakukan edit foto. Untuk belajar edit foto Instagram, lo cukup install beberapa aplikasi. Apa saja aplikasi tersebut?

 

VSCO

Aplikasi edit foto pertama adalah VSCO. Aplikasi ini populer banget di kalangan pengguna Instagram, bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi VSCO versi premium. Tapi sebagai pengguna pemula, lo nggak perlu menggunakan aplikasi premium, cukup yang gratis. Untuk aplikasi VSCO gratis ini, lo sudah bisa melakukan edit foto yang cukup keren dan bahkan bisa dikatakan lengkap.

Pertama, lo bisa export gambar yang ingin lo edit dan langsung dalam fitur VSCO lo bisa memilih beberapa default editing, jadi lo nggak perlu susah-susah edit. Tetapi jika lo penasaran dengan tone atau pencahayaan, lo bisa mengubah beberapa detail seperti exposure, contrast, straighten, clarity, sharpening, dan lain sebagainya. VSCO adalah aplikasi edit foto Instagram terbaik untuk pemula.

 

Adobe Lightroom

Selanjutnya yang akan dibahas adalah aplikasi Adobe Lightroom. Aplikasi keluaran Adobe ini benar-benar menjadi pesaing VSCO yang amat berbahaya. Kualitas dan beberapa fiturnya ini ada yang mengatakan lebih bagus dari VSCO. Sekarang akan dibahas satu per satu apa saja keunggulan dari Adobe Lightroom.

Pertama, Adobe Lightroom ini sangat unggul untuk masalah pencahayaan, bahkan kulit lo yang gelap bisa diterangkan dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Keunggulan kedua adalah aplikasi ini sangat cocok untuk lo yang ingin terjun di dunia fotografi profesional karena hampir sebagian tools-nya ini bakal sangat berguna ketika lo terjun di dunia profesional.

 

Snapseed

Aplikasi selanjutnya ini adalah aplikasi besutan Google yang keren banget, yaitu Snapseed. Aplikasi yang mempunyai ikon berwarna hijau ini jika dilihat mempunyai tampilan lebih sederhana dibandingkan kedua aplikasi pertama. Ciri khas dari Google adalah setiap aplikasi yang dikeluarkannya selalu mempunyai tampilan yang friendly banget, apalagi untuk lo yang pertama kali menggunakan aplikasi edit foto Instagram.

Di Snapseed, lo bisa langsung menggunakan fitur export photo dan fitur Filter. Di fitur Filter ini, Snapseed sudah menyediakan setidaknya 8 jenis template editing yang keren banget. Misalnya untuk foto yang kurang terang, warna kurang seimbang, atau foto ingin tampak lebih dramatis. Setelah menggunakan salah satu filter dari Snapseed, lo bisa melakukan edit manual di fitur Tune Image.

 

Enlight

Jika ketiga aplikasi di atas bisa lo pasang di Android dan iOS, maka aplikasi kali ini hanya bisa dipakai di iOS. Yup, Enlight merupakan aplikasi andalan dari iOS untuk edit foto, apalagi tools-nya cukup lengkap jika dibandingkan aplikasi lain. Apalagi nih, Urbaners, pada pertengahan tahun 2017 kemarin Enlight mengeluarkan update besar-besaran yang makin bikin aplikasi ini jadi keren.

Update yang harus lo ketahui pertama adalah fitur eraser yang bikin lo bisa fokus mengedit beberapa bagian di dalam foto. Untuk pengguna Enlight pertama, lo akan melihat beberapa pilihan tombol seperti Layers, Tone, Tools, Add, dan Artistic. Di setiap tombol, jika lo klik akan muncul beberapa pilihan sub tools yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Ada kelebihan satu lagi yang cocok banget untuk para pemula, yaitu mode tutorial yang sangat mudah diakses. Jadi ketika pertama kalo lo menggunakan aplikasi ini, lo akan diajak untuk mencoba segala macam fitur, dari yang sederhana sampai yang advanced.

 

Overlay

Aplikasi edit foto terakhir yang bisa lo coba terakhir adalah Overlay. Jika aplikasi sebelum-sebelumnya ini lebih ke arah editing photo, maka Overlay ini lebih ke arah mempercantik foto ala millennials. Misalnya lo bisa memberikan frame, tipografi yang kekinian banget, stiker cantik, sampai filter yang selalu di-update. Jadi biasanya setelah lo memberikan sentuhan editing menggunakan aplikasi sebelumnya, lo bisa sedikit mempercantik dengan Overlay.

Walaupun begitu, Urbaners, Overlay ini nggak bisa lo gunakan secara sembarangan. Terlalu over editing juga membuat foto lo akan kelihatan lebay dan bahkan masuk ke dalam kategori jelek.

Kelima aplikasi edit foto Instagram di atas bisa lo download secara gratis di Play Store atau App Store. Walaupun kelima aplikasi di atas ini adalah aplikasi terbaik untuk edit foto di Instagram, lo harus tetap melihat apakah tampilan itu bisa membantu lo atau nggak. Karena sebagus apapun aplikasi edit foto yang lo pakai, jika lo nggak nyaman menggunakannya, tentu hal tersebut sia-sia.

 

 

Source: idntimes.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys