Home Techno Apple Music Bakal Punya Top Chart Musik Sendiri
 Apple Music Bakal Punya Top Chart Musik Sendiri

Apple Music Bakal Punya Top Chart Musik Sendiri

Friday, September 14, 2018 - 10:34
Bagikan
Facebook Twitter Email

Di era digital seperti sekarang, fitur top chart menjadi tolok ukur para musisi dan para manajer musik di dunia. Untuk itulah para developer berlomba-lomba menciptakan fitur yang dapat memperbarui tangga lagu secara cepat, akurat dan real time. Dan salah satunya kini adalah Apple yang mengembangkan fitur ‘100 Top Charts’. Seperti apakah fitur ini?

 

Terus Berinovasi

Terus Berinovasi

Sebelumnya aplikasi Apple terus berinovasi lewat Apple Music yang diluncurkan pada 2015 lalu. Lalu pada akhir 2016 tercatat hingga 20 juta orang di dunia telah mengunduh aplikasi tersebut. Dan di awal musim panas tahun ini kabar yang paling mengejutkan adalah pelanggan Apple di Amerika Serikat melampaui jumlah pengguna Spotify. Tulis laman Okezone.com.

Dan di bulan Juni lalu, Apple pun meluncurkan web browser yang berbasis web guna memberikan pilihan bagi pengguna desktop untuk mendengarkan musik. Sebelumnya, ada aplikasi iTunes yang diluncurkan serupa.

Tak berhenti sampai disitu, bulan Agustus diluncurkan pula fitur baru yang memberikan pengguna kebebasan mendengarkan lagu dengan merakit 25 lagu teratas yang didengarkan oleh teman-teman di aplikasi Apple Music. Seolah belum merasa puas, Apple kini menghadirkan fitur baru berupa top chart lagu terbaik versi mereka Urbaners.

 

Hadirkan 100 Chart Lagu terbaik

Hadirkan 100 Chart Lagu terbaik

Tepat pada tanggal 7 September 2018 lalu, Apple meluncurkan fitur baru ‘100 Top Charts’ dalam aplikasinya. Fitur ini akan bisa dinikmati oleh para pengguna iOS 12 beta dan macOS Mojave Beta.  Tak hanya itu Urbaners, fitur yang disajikan Apple tersebut akan menghadirkan lagu Top 100 di tiap wilayah berbeda. Atau dengan kata lain setiap wilayah negara akan mempunyai chart populer berbeda-beda.

Kerennya lagi, fitur ‘100 Top Charts’ akan di-update oleh Apple Music tiap harinya pada pukul 24.00 berdasarkan waktu setempat. Fitur ini juga membagi musik menjadi beberapa bagian. Seperti album live, kompilasi, dan single EP. Ada pula pilihan Essential Album baru yang ditampilkan bagi sebagian besar musisi dan artis dengan lagu andalan mereka. Seperti diberitakan dari The Verge.

Ke depannya Apple juga akan melakukan pembaruan fitur ini ke dalam platform Android. Namun sayang, pihak Apple belum memberitahukan kapan peluncuran untuk versi Android ini dilakukan.

Wah, semakin penasaran kan Urbaners seperti apa fitur terbaru dari Apple ini dapat lo nikmati?

 

Source: The Verge, Okezone.com