• Techno
  • Apple Rilis versi Pro dari AirPods

Apple Rilis versi Pro dari AirPods

Thu, 07 November 2019
Sepasang AirPods Pro, terlepas dari tempatnya, diletakkan di atas tempat berlatar belakang merah.

Rumor tentang kehadiran AirPods versi terbaru ternyata benar adanya. Namun, bukannya merilis penerus dari AirPods 2, Apple justru memproduksi versi premium dari AirPods. Dinamakan AirPods Pro, tentunya earpod satu ini hadir dengan berbagai fitur tambahan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Resmi dirilis pada akhir Oktober 2019 kemarin, AirPods Pro dijual dengan harga sekitar 3,5 juta Rupiah.

 

Kualitas Suara yang Superior

Sepasang AirPods Pro, dengan tips yang terlepas dari AirPods, di belakangnya terdapat tempat AirPods Pro.

Apa artinya earpod yang premium kalau nggak mampu mengeluarkan suara berkualitas bagus? Tenang saja, Urbaners, review dari beberapa media mengatakan kalau suara dari AirPods Pro sudah mengalahkan AirPods. Hal ini nggak terlepas dari fitur audio bernama Adaptive EQ yang disematkan oleh Apple pada AirPods Pro. Fitur inilah yang bisa memberikan kualitas suara superior. Bahkan Adaptive EQ juga bisa secara otomatis mengatur frekuensi low dan mid yang disesuaikan dengan masing-masing pengguna.

 

Dilengkapi dengan Fitur Active Noise Cancellation

Sepasang AirPods Pro berwarna putih dengan background hitam

Salah satu keunggulan AirPods Pro yang nggak lo temukan di AirPods sebelumnya adalah fitur Active Noise Cancellation (ACN). Berkat fitur ini, perangkat AirPods Pro mampu mendeteksi suara bising dari luar dan menahannya masuk ke telinga. Apple mengklaim bahwa fitur ACN tersebut bisa lo sesuaikan sampai 200 kali per detik.

Namun, jangan khawatir, lo tetap bisa awas dengan keadaan sekitar walaupun menggunakan AirPods Pro dengan ACN karena adanya mode transparansi. Nggak ketinggalan fitur sensor tekanan untuk mengontrol musik dan mengaktifkan mode transparansi tersebut.

 

Tersedia dalam 3 Ukuran Tip

Seseorang memegang sepasang AirPods pro yang terletak di dalam wadahnya.

Salah satu keluhan banyak orang terhadap AirPods generasi sebelumnya adalah ukuran. Ada yang merasa terlalu besar, ada juga yang merasa terlalu kecil hingga suka lepas dari telinga. Untuk mengatasi hal tersebut, Apple pun melengkapi AirPods pro dengan tiga ukuran tip, yaitu small, medium, dan big. Tip adalah karet yang dipasang di bagian ujung AirPods Pro. Dengan begini, lo jadi bisa menyesuaikan ukuran tip dengan kenyamanan telinga lo.

 

Bagi yang sedang cari earpod baru, AirPods Pro sepertinya layak banget lo pertimbangkan. Apalagi AirPods Pro juga tahan air, jadi aman buat lo pakai sambil olahraga karena bakal tahan keringat. Jadi, apa lo tertarik membelinya, Urbaners?

 

 

Sources: review.bukalapak.com, kumparan.com

Facebook Kembangkan Fitur E-Commerce untuk Platformnya

Thu, 04 June 2020
Mark Zuckerberg dengan baju biru, berbicara di depan layar biru bertuliskan Facebook

Adanya pandemi COVID-19 membuat segala aktivitas jadi terhambat. Terutama aktivitas dagang yang jadi terganggu karena adanya himbauan untuk tetap diam di rumah saja. Untungnya, barang-barang kebutuhan masih bisa dibeli secara online. Lo juga pasti sering berbelanja online #MumpungLagiDirumah saja, kan?

Muncul lagi satu layanan e-Commerce baru yang bisa lo coba, yakni Facebook Shops. Facebook bekerja sama dengan Shopify, BigCommerce, dan Woo membentuk fitur baru ini untuk memudahkan operasional bisnis di tengah pandemi ini.

 

Shops Sebagai Solusi Bisnis di Tengah Pandemi

Tampilan Shops di Facebook dan Instagram yang terlihat dari tiga layar smartphone.

Pada Selasa (19/5), Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengumumkan hadirnya fitur e-Commerce bernama Facebook Shops. Berbeda dengan fitur marketplace yang sebelumnya sudah ada, Facebook Shops sendiri merupakan fitur e-Commerce kembangan tim Facebook yang bisa dipakai secara gratis, di mana segala proses jual-beli dilakukan langsung dalam Facebook.

Peluncuran fitur Shops ini dilakukan oleh Facebook sebagai solusi bagi para pemilik bisnis kecil yang kesulitan di tengah pandemi ini. “If you can’t physically open your store or restaurant, you can still take orders online and ship them to people,” ungkap Mark Zuckerberg. Ia juga mengakui bahwa peluncuran ini terkesan tergesa-gesa, namun dianggap perlu agar bisa membantu kelangsungan bisnis-bisnis yang merugi.

Di sisi lain, fitur Shops ini juga menjadi langkah pintar bagi Facebook, mengingat e-Commerce merupakan segelintir industri yang diuntungkan di kala pandemi. Sebut saja Amazon dan Etsy, dua kompetitor Facebook yang keuntungannya bahkan dua kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hadirnya Facebook Shops menjadi simbol resmi bahwa Facebook siap “bertarung” menghadapi Amazon.

 

Terhubung dengan Aplikasi Facebook dan Instagram

Tampak toko online di Facebook Shops yang terlihat dari sebuah layar smartphone

Nggak hanya melalui Facebook saja, tetapi Zuckerberg juga mengatakan bahwa fitur Shops ini akan hadir di Instagram. Orang-orang bisa membuka toko online dan meng-upload katalog di Facebook Shops secara gratis, begitu pula di Instagram. Nantinya, para pembeli bisa melakukan transaksi layaknya di aplikasi e-Commerce di kedua platform media sosial ini.

Rencananya, pengguna bisa mencantumkan daftar barang dan harga secara langsung di halaman Facebook, profil Instagram, dan story Instagram. Selain itu, para pengguna juga bisa memesan fitur iklan di Facebook dan Instagram untuk memasarkan toko online mereka. Itu juga sebabnya mengapa Facebook Shops gratis untuk digunakan.

 

Fitur-Fitur yang Tengah Dikembangkan

Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur Shops dalam sebuah livestream

Facebook Shops memang sudah diluncurkan, tetapi masih banyak fitur-fitur yang sedang dikembangkan oleh Facebook. Salah satunya adalah layanan pelanggan melalui chatting. Selanjutnya, para pembeli bisa melakukan tracking order bahkan langsung melakukan transaksi dari fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message untuk berjualan. Lebih keren lagi, barang-barang tersebut juga bisa di-tag selama livestream, sehingga orang bisa langsung membelinya dalam sekali klik.

Nggak hanya itu, Facebook juga sedang mengembangkan program loyalitas dan reward untuk menarik lebih banyak lagi pembeli dan penjual ke dalam Facebook Shops. “You’ll be able to easily see and keep track of your points and rewards,” ujar Zuckerberg dalam livestream. Tentu saja program ini bisa disesuaikan sendiri oleh pemilik bisnis. 

 

 

Sources: The Verge, CNBC, Business Insider