• Techno
  • BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

Thu, 17 October 2019
YouTube kini nggak sekadar platform berbagai video tetapi juga media edukasi yang tepat untuk menumbuhkan minat baca.

YouTube baru saja meluncurkan online book club baru, yang mempertemukan content creator dengan para penulis terkenal. Debut seri “book club digital” ini rencananya bakal dirilis pada 17 Oktober 2019 mendatang. Seri baru ini disebut-sebut sebagai kelanjutan dari kesuksesan BookTube bersama Michelle Obama yang mencuri perhatian 1,5 juta penonton beberapa waktu lalu. Penasaran bakal seperti apa keseruannya? Simak, yuk!

 

Menampilkan Penulis Terkenal dengan Para Content Creator

Penulis buku Talking to Strangers, Malcolm Gladwell didapuk sebagai pembicara pembuka di BookTube.

Urbaners, berbeda dari program-program tayangan yang biasanya lo tonton di channel YouTube. Kali ini lewat BookTube lo bakal menyaksikan serunya kolaborasi yang dilakukan antara penulis terkenal dengan para content creator. Beberapa penulis papan atas, seperti Malcolm Gladwell dikabarkan bakal menjadi pembicara pembuka terkait buku barunya bertajuk Talking to Strangers. Nggak ketinggalan juga Margaret Atwood penulis The Handmaid’s Tale, James Patterson penulis seri buku Alex Cross, dan Melinda Gates yang sukses mempopulerkan buku The Moment of Lift.

 

Bukti Perhatian YouTube Terhadap Konten Pendidikan

Kalau selama ini YouTube dimanfaatkan sebagai platform berbagi video hiburan, lewat klub buku ini lo bisa menyadari kalau pihak YouTube punya perhatian khusus terhadap konten pendidikan. Selain menyediakan beberapa video tutorial Do It Yourself (DIY) dan How-to, YouTube juga berupaya agar para content creator lebih terinspirasi untuk menciptakan konten edukasi melalui penulis yang sukses menghasilkan buku bacaan keren.

 

Bakal Melibatkan Robert Downey Jr

Sukses memerankan sosok Tony Stark yang jenius dan gemar membaca, Robert Downey Jr juga dipercaya mengisi siaran BookTube pada episode Age of AI.

Lewat tayangan BookTube ini YouTube ingin memotivasi penonton dari segala kalangan usia untuk lebih rajin membaca. Seri tayangan berjudul Age of AI yang direncanakan bakal tayang Desember mendatang, kabarnya bakal melibatkan aktor populer pemeran superhero Marvel, Robert Downey Jr. Pria berusia 54 tahun ini dipilih karena merupakan sosok inspiratif bagi masyarakat dunia berkat aktingnya sebagai seorang yang jenius lewat sosok Tony Stark.

 

BookTuber Asal Indonesia Nggak Mau Ketinggalan

Online book club baru yang digagas oleh YouTube ini tentunya juga mencuri perhatian para booktuber atau pecinta buku, yang kerap membagikan review buku bacaannya melalui konten video di YouTube. Termasuk Hanna, pengelola channel ‘Dazzling Books’ hingga Aya Sophia yang juga aktif menginfluence penonton setianya untuk ikut senang membaca.

 

Urbaners, kehadiran BookTube pastinya bakal jadi warna baru bagi penonton setia YouTube yang juga hobi membaca. Gimana menurut pendapat lo?

 

Source: engadget.com, variety.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys