• Techno
  • BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

Thu, 17 October 2019
YouTube kini nggak sekadar platform berbagai video tetapi juga media edukasi yang tepat untuk menumbuhkan minat baca.

YouTube baru saja meluncurkan online book club baru, yang mempertemukan content creator dengan para penulis terkenal. Debut seri “book club digital” ini rencananya bakal dirilis pada 17 Oktober 2019 mendatang. Seri baru ini disebut-sebut sebagai kelanjutan dari kesuksesan BookTube bersama Michelle Obama yang mencuri perhatian 1,5 juta penonton beberapa waktu lalu. Penasaran bakal seperti apa keseruannya? Simak, yuk!

 

Menampilkan Penulis Terkenal dengan Para Content Creator

Penulis buku Talking to Strangers, Malcolm Gladwell didapuk sebagai pembicara pembuka di BookTube.

Urbaners, berbeda dari program-program tayangan yang biasanya lo tonton di channel YouTube. Kali ini lewat BookTube lo bakal menyaksikan serunya kolaborasi yang dilakukan antara penulis terkenal dengan para content creator. Beberapa penulis papan atas, seperti Malcolm Gladwell dikabarkan bakal menjadi pembicara pembuka terkait buku barunya bertajuk Talking to Strangers. Nggak ketinggalan juga Margaret Atwood penulis The Handmaid’s Tale, James Patterson penulis seri buku Alex Cross, dan Melinda Gates yang sukses mempopulerkan buku The Moment of Lift.

 

Bukti Perhatian YouTube Terhadap Konten Pendidikan

Kalau selama ini YouTube dimanfaatkan sebagai platform berbagi video hiburan, lewat klub buku ini lo bisa menyadari kalau pihak YouTube punya perhatian khusus terhadap konten pendidikan. Selain menyediakan beberapa video tutorial Do It Yourself (DIY) dan How-to, YouTube juga berupaya agar para content creator lebih terinspirasi untuk menciptakan konten edukasi melalui penulis yang sukses menghasilkan buku bacaan keren.

 

Bakal Melibatkan Robert Downey Jr

Sukses memerankan sosok Tony Stark yang jenius dan gemar membaca, Robert Downey Jr juga dipercaya mengisi siaran BookTube pada episode Age of AI.

Lewat tayangan BookTube ini YouTube ingin memotivasi penonton dari segala kalangan usia untuk lebih rajin membaca. Seri tayangan berjudul Age of AI yang direncanakan bakal tayang Desember mendatang, kabarnya bakal melibatkan aktor populer pemeran superhero Marvel, Robert Downey Jr. Pria berusia 54 tahun ini dipilih karena merupakan sosok inspiratif bagi masyarakat dunia berkat aktingnya sebagai seorang yang jenius lewat sosok Tony Stark.

 

BookTuber Asal Indonesia Nggak Mau Ketinggalan

Online book club baru yang digagas oleh YouTube ini tentunya juga mencuri perhatian para booktuber atau pecinta buku, yang kerap membagikan review buku bacaannya melalui konten video di YouTube. Termasuk Hanna, pengelola channel ‘Dazzling Books’ hingga Aya Sophia yang juga aktif menginfluence penonton setianya untuk ikut senang membaca.

 

Urbaners, kehadiran BookTube pastinya bakal jadi warna baru bagi penonton setia YouTube yang juga hobi membaca. Gimana menurut pendapat lo?

 

Source: engadget.com, variety.com

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times