BookTube, Book Club Digital Punya YouTube - MLDSPOT
  • Techno
  • BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

BookTube, Book Club Digital Punya YouTube

Thu, 17 October 2019
YouTube kini nggak sekadar platform berbagai video tetapi juga media edukasi yang tepat untuk menumbuhkan minat baca.

YouTube baru saja meluncurkan online book club baru, yang mempertemukan content creator dengan para penulis terkenal. Debut seri “book club digital” ini rencananya bakal dirilis pada 17 Oktober 2019 mendatang. Seri baru ini disebut-sebut sebagai kelanjutan dari kesuksesan BookTube bersama Michelle Obama yang mencuri perhatian 1,5 juta penonton beberapa waktu lalu. Penasaran bakal seperti apa keseruannya? Simak, yuk!

 

Menampilkan Penulis Terkenal dengan Para Content Creator

Penulis buku Talking to Strangers, Malcolm Gladwell didapuk sebagai pembicara pembuka di BookTube.

Urbaners, berbeda dari program-program tayangan yang biasanya lo tonton di channel YouTube. Kali ini lewat BookTube lo bakal menyaksikan serunya kolaborasi yang dilakukan antara penulis terkenal dengan para content creator. Beberapa penulis papan atas, seperti Malcolm Gladwell dikabarkan bakal menjadi pembicara pembuka terkait buku barunya bertajuk Talking to Strangers. Nggak ketinggalan juga Margaret Atwood penulis The Handmaid’s Tale, James Patterson penulis seri buku Alex Cross, dan Melinda Gates yang sukses mempopulerkan buku The Moment of Lift.

 

Bukti Perhatian YouTube Terhadap Konten Pendidikan

Kalau selama ini YouTube dimanfaatkan sebagai platform berbagi video hiburan, lewat klub buku ini lo bisa menyadari kalau pihak YouTube punya perhatian khusus terhadap konten pendidikan. Selain menyediakan beberapa video tutorial Do It Yourself (DIY) dan How-to, YouTube juga berupaya agar para content creator lebih terinspirasi untuk menciptakan konten edukasi melalui penulis yang sukses menghasilkan buku bacaan keren.

 

Bakal Melibatkan Robert Downey Jr

Sukses memerankan sosok Tony Stark yang jenius dan gemar membaca, Robert Downey Jr juga dipercaya mengisi siaran BookTube pada episode Age of AI.

Lewat tayangan BookTube ini YouTube ingin memotivasi penonton dari segala kalangan usia untuk lebih rajin membaca. Seri tayangan berjudul Age of AI yang direncanakan bakal tayang Desember mendatang, kabarnya bakal melibatkan aktor populer pemeran superhero Marvel, Robert Downey Jr. Pria berusia 54 tahun ini dipilih karena merupakan sosok inspiratif bagi masyarakat dunia berkat aktingnya sebagai seorang yang jenius lewat sosok Tony Stark.

 

BookTuber Asal Indonesia Nggak Mau Ketinggalan

Online book club baru yang digagas oleh YouTube ini tentunya juga mencuri perhatian para booktuber atau pecinta buku, yang kerap membagikan review buku bacaannya melalui konten video di YouTube. Termasuk Hanna, pengelola channel ‘Dazzling Books’ hingga Aya Sophia yang juga aktif menginfluence penonton setianya untuk ikut senang membaca.

 

Urbaners, kehadiran BookTube pastinya bakal jadi warna baru bagi penonton setia YouTube yang juga hobi membaca. Gimana menurut pendapat lo?

 

Source: engadget.com, variety.com

Jadi Syarat Utama HP Baru, Ini Alasan Layar Amoled Lebih Baik

Sun, 14 February 2021
AMOLED

Teknologi berkembang sangat cepat. Kalau pribahasa orang barat sana, in a blink of an eye- deh perkembangannya!

Salah satu perkembangan teknologi yang kita rasakan sendiri adalah di dunia gadget  Dalam beberapa tahun terakhir, para produsen smartphone mengusung teknologi unggulan dengan AMOLED display alias Active Matrix Organic Light Emitting Diode,  teknologi terbaru pengembangan dari OLED display ini hampir digunakan di seluruh gadget terkini – seperti smartphone, tablet, kamera digital, sampai smartwatch.

AMOLED ini teknologi yang tergolong lebih baru ketimbang IPS LCD. Dari pada ngebanding-bandingin, lebih lo ketahui dulu deh – apa aja keunggulan lain yang dimiliki sama layar AMOLED ini?  Simak ulasannya di bawah ini, bro!

Gambarnya Jernih, Bro!

AMOLED

Credit image - ABC

Zaman sekarang kalo mau nonton sesuatu lewat gadget pasti mencari kualitas yang tinggi – karena rasanya males banget nggak sih, bikin nggak nyaman!

Nah selain resolusi dari sebuah gambar, kualitas layar gadget lo juga harus bagus dong? Dan AMOLED adalah jawabannya!

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED yaitu mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih indah dan tajam. Khususnya, pada warna hitam yang memiliki gelap sempurna. Namun, di luar itu lo tetap bisa melihat penampilan layar yang bagus walau di lihat dari 180 derajat.

Kalau lo pengguna setia dark mode, gadget dengan layar ini pasti jadi andalan lo deh!

Lebih Hemat Baterai

Berbeda dengan LED dan LCD display – AMOLED display memiliki daya konsumsi baterai yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan tampilannya didominasi warna gelap, sehingga nggak menguras banyak daya baterai pada smartphone. Well, siapa sih sekarang yang nggak pengen gadget-nya lebih hemat baterai?

Selain itu, panel AMOLED juga nggak membutuhkan backlight untuk menampilkan warna atau gambar meskipun dengan tingkat yang tajam sekalipun. Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan backlighting pada LED dan LCD display – pastinya bakal menguras daya baterai untuk menopang kinerja dari display lebih banyak!

Struktur dan Desain yang Tipis

AMOLED

Credit image – iDrop News

Selain performa, sepertinya desain yang lebih tipis dari juga jadi hal yang banyak dipertimbangkan sebelum membeli gadget baru. Apakah lo prefer desain yang tipis dengan layar kecil, tebal dengan layar besar, atau tipis dengan layar besar?

Kalau lo lebih memilih desain yang tipis, gadget dengan layar AMOLED adalah jawaban yang tepat!

Karena AMOLED punyai layer plastik organik dengan ketebalan sekitar 100 hingga 500 nanometer. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh smartphone dengan layar AMOLED adalah memiliki fleksibilitas dalam memancarkan cahaya daripada layer yang terdapat pada layar LCD. Karena struktur ramping dan desain yang tipis ini, body ponsel dengan gadget AMOLED pasti akan terlihat lebih ramping, bro.

Lebih Responsif

Semakin berkembangnya teknologi pasti lo pengennya punya gadget yang paling up-to-date dan bisa bertahan lama hingga beberapa tahun ke depan. Ya itung-itung gadget jadi investasi kebutuhan yang bisa lo pake jangka panjang – iya nggak, bro?

Dengan teknologi canggih dan terbaru yang dimiliki sama layar AMOLED, gadget yang lo punya akan lebih responsif dan tetap bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi produsen smartphone lebih memilih menggunakan layar AMOLED pada smartphone terbarunya.

Setelah membaca kecanggihan dari layar AMOLED ini, rasanya udah nggak ragu lagi kan kalau mau beli gadget yang pake layar ini? Udah canggih, tahan lama pula!

 

Feature image – Tize Music