• Techno
  • Cara Edit Foto Keren Langsung di Hape

Cara Edit Foto Keren Langsung di Hape

Tue, 22 January 2019
Cara Edit Foto Keren Langsung di Hape

Belakangan ini, udah banyak banget hape canggih yang bisa menghasilkan foto selfie OOTD super keren buat di post ke media sosial. Bahkan, Urbaners bisa lho edit foto keren langsung di hape! Dengan begitu, style simple tapi keren yang Urbaners miliki bisa banget di-share ke followers secara maksimal!

 

Tutorial mudah edit foto di handphone

Sayangnya, nggak semua orang tahu gimana cara edit foto di handphone agar menghasilkan foto yang berkualitas. Nah, kalau lo adalah salah satunya, yuk langsung aja kepoin tutorial edit foto di handphone berikut ini!

  • Siapkan aplikasi editing foto karena tidak semua aplikasi penampil foto di hape Urbaners punya fitur edit yang mumpuni. Untuk aplikasi editing yang recommended, Urbaners bisa cek di paragraf terakhir artikel ini ya!
  •  Pilih foto dengan kualitas terbaik yang bisa lo dapatkan. Ingat prinsip ‘garbage in, garbage out’. Sekeras apapun usaha untuk editing, kalau sumber foto rusak, hasilnya tak akan maksimal.
  •  Setelah foto dibuka dalam aplikasi editing foto, prioritaskan untuk mengedit komposisi dan proporsi terlebih dahulu. Cek apakah gambar sudah pas atau butuh dipotong dengan tool ‘crop’.
  • Setelah proporsi gambar pas, lakukan editing pada detail foto. Cari yang kurang pas dan perbaiki. Beberapa tool yang biasa digunakan untuk fixing adalah brush, eraser, selection, dan sebagainya.
  • Langkah selanjutnya, lakukan tuning pada foto untuk memberikan atmosfer yang pas. Contoh-contoh tool yang bisa digunakan antara lain: brightness, contrast, highlights, shadows, ambience, dan lainnya.
  • Jika foto sudah dirasa cukup, simpan dan impor ke tipe file yang dibutuhkan. Misal untuk instagram, bisa menggunakan file JPEG atau PNG.

 

Tips dalam mengedit foto di handphone

Tutorial di atas sangat membantu Urbaners untuk memulai editing foto di handphone. Namun, jika asal melakukannya, jelas nggak akan mendapatkan hasil yang sesuai. Nah, untuk itu, ada beberapa tips dalam mengedit foto agar hasilnya memuaskan dan sesuai dengan keinginan Urbaners.

  • Agar memahami komposisi dan proporsi foto, Urbaners bisa contek tuh Instagram milik para influencer. Mereka tahu posisi dan pose yang tepat untuk terlihat keren di foto. Posisikan obyek foto dengan tool ‘crop’ atau ‘rotate’ agar mirip seperti contekan Urbaners ya.
  • Boleh gunakan filter warna yang memiliki warna atau atmosfer yang sesuai dengan foto yang Urbaners ambil. Contoh, jika foto di tengah dedaunan kering, bisa pakai filter warna kuning atau filter vignet dengan warna cokelat emas atau abu-abu tua.
  • Pilih resolusi yang tepat saat mengekspor foto setelah proses editing. Sesuaikan resolusi tersebut dengan tujuan Urbaners. Resolusi yang terlalu rendah akan membuat foto tampak pecah atau kotak-kotak saat dilihat.

 

Aplikasi Edit Foto Andalan Profesional di Handphone

Ada begitu banyak aplikasi editing foto yang tersedia untuk handphone Urbaners, tapi belum tentu semuanya powerful dan mudah digunakan. Nah, ini dia beberapa rekomendasi yang bisa Urbaners coba!

1. Snapseed

Aplikasi besutan Google ini dapat diunduh secara gratis, namun sangat powerful untuk menghasilkan foto yang keren! Tersedia untuk perangkat Android dan iOS, ada banyak filter dan fitur cool yang bisa bantu Urbaners untuk meningkatkan kualitas foto di feeds instagram.
 

2. VSCO

Tak sedikit profesional yang mengandalkan VSCO untuk mengedit foto mereka dan menghasilkan foto yang luar biasa. Dengan aplikasi ini, Urbaners bisa menghaluskan foto, menajamkan, dan mengubah banyak properties lainnya.
 

3. Adobe Lightroom Mobile

Lightroom sudah menjadi standar editing foto di kelas PC, kini nama besar Adobe tersebut turut bermain di segmen mobile. Nggak perlu lo ragukan lagi kemampuan editingnya, langsung coba saja ya untuk menghasilkan foto yang tidak biasa dan spektakuler!

Nah, udah siap kan untuk jadi editor foto handal lewat handphone Urbaners? Nggak harus langsung jadi profesional, minimal foto selfie lo terlihat lebih menarik dan dapat like banyak di medsos !

 

 

Source:
idntimes.com/tech/gadget/riyan-sumarno/aplikasi-untuk-edit-foto-c1c2
tribunnews.com/section/2018/11/26/5-aplikasi-edit-foto-di-hp-ini-bikin-kamu-jadi-fotografer-profesional-ada-di-android-dan-ios
brilio.net/gadget/10-tips-edit-foto-instagramable-dari-handphone-tanpa-filter-190314a.html

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys