• Techno
  • Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Fri, 18 January 2019
Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Video editing saat ini lagi dibutuhin banget di mana-mana, sehingga bisa jadi sumber pemasukan tambahan lho. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara edit video agar hasilnya jadi lebih baik dan menarik. Mengedit video memang butuh pengetahuan dasar tentang video dan software yang tepat.

 

Tips edit video yang mudah untuk pemula

Meski membutuhkan pembelajaran lebih lanjut, sebenarnya tidak sulit kok untuk mengedit video. Bahkan jika lo pemula sekalipun, asalkan tahu cara edit video yang mudah, maka hasil editan akan terlihat memuaskan lho! Yuk pantengin beberapa tips edit video yang mudah untuk pemula berikut ini!

  • Cari software yang cocok

    Ada begitu banyak software editing video di luar sana, tapi belum tentu semua cocok dengan karakter Urbaners. Oleh sebab itu, ambil waktu untuk mencoba beberapa software video. Disarankan untuk memilih software-software yang sudah terkenal agar mudah mencari referensi lebih jauh.

  • Siapkan video sumber yang baik

    Dalam dunia editing video, berlaku prinsip ‘garbage in, garbage out’. Secara garis besar, maksudnya adalah video sumber yang baik akan menghasilkan hasil editing yang baik pula., sementara video sumber yang buruk akan tetap buruk meski diedit sebagus apapun. Oleh karena itu, lo juga harus merekam video dengan kualitas yang baik. Pastikan resolusi minimal HD dengan frame rate 30 fps ke atas agar tampak tajam dan halus saat ditonton. Resolusi video yang terlampau kecil akan tetap menghasilkan video yang kotak-kotak meski sudah diedit sebagus mungkin.

  • Pakai efek khusus seperlunya saja

    Efek khusus dalam dunia editing video umumnya digunakan untuk menekankan suatu adegan tertentu. Terlalu banyak efek akan membuat video terlihat riuh dan memusingkan. Pemula biasanya terjebak oleh banyaknya efek keren yang tersedia pada software video, sehingga ingin menerapkan semuanya. Alih-alih makin menarik, video malah akan tampak kacau.

  • Beri background music/musik latar yang sesuai

    Kecuali video berita, video tanpa musik latar akan terasa sepi dan dingin, meski begitu lo harus hati-hati agar musik tidak terlalu gaduh dan menutupi suara atau vokal obyek video. Pilih musik yang sesuai dengan situasi yang sedang ditampilkan dalam video. Urbaners boleh mengisi dengan lagu bervokal saat video tidak mengandung dialog.

  • Pakai fitur normalize

    Satu hal yang sering dilupakan oleh pemula editing video adalah menormalisasi volume audio. Hal ini mengakibatkan perbedaan besar kecil volume suara setelah semua potongan video digabungkan. Untuk mengatasi hal ini, gunakan fitur normalize audio agar volume suara tiap potongan video relatif sama secara otomatis.

 

Daftar software editing video untuk pemula

Daftar software editing video untuk pemula

Kalau lo belum punya software video pilihan dan saat ini hendak mencari yang paling pas, berikut ini ada beberapa software editing video yang cocok untuk pemula.

  • Windows Movie Maker

    Tak ada yang lebih simpel dan mudah didapat selain Windows Movie Maker. Software ini adalah bawaan dari sistem operasi Windows pada PC atau laptop. Navigasinya mudah dan mampu mengolah sebagian besar format video populer.

  • Apple iMovie

    Tidak jauh beda dari software sebelumnya, Apple iMovie bisa lo dapatkan jika memiliki Mac karena ini adalah software bawaan iOS. Meski terbilang standar dan sederhana, namun mampu merender video dengan kualitas tinggi. Editor pemula akan mendapati software ini sangat mudah digunakan.

  • Avidemux

    Didesain sebagai video editor gratis yang simpel dan mudah digunakan, Avidemux bisa digunakan di berbagai platform seperti Windows, iOS, Linux, hingga BSD. Cukup lengkap untuk editing video standar, tak ada video editor gratis yang lebih baik dari Avidemux.

Nah, mana yang Urbaners pilih? Yuk, coba satu per satu dan edit video terbaik lo sekarang!

 

 

Source:
https://idseducation.com/articles/5-aplikasi-pembuat-video-gratis-untuk…
https://liputan6.com/tekno/read/3909261/cara-mengedit-video-di-laptop-y…
https://idntimes.com/tech/trend/abraham-herdyanto/kumpulan-software-vid…
https://klikmania.net/aplikasi-edit-video/
http://vitamasli.com/2015/08/5-tips-video-editing-untuk-pemula.html
https://studiosini.com/cara-mengedit-video/

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times