• Techno
  • Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Fri, 18 January 2019
Cara Edit Video yang Tidak Susah untuk Para Pemula

Video editing saat ini lagi dibutuhin banget di mana-mana, sehingga bisa jadi sumber pemasukan tambahan lho. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara edit video agar hasilnya jadi lebih baik dan menarik. Mengedit video memang butuh pengetahuan dasar tentang video dan software yang tepat.

 

Tips edit video yang mudah untuk pemula

Meski membutuhkan pembelajaran lebih lanjut, sebenarnya tidak sulit kok untuk mengedit video. Bahkan jika lo pemula sekalipun, asalkan tahu cara edit video yang mudah, maka hasil editan akan terlihat memuaskan lho! Yuk pantengin beberapa tips edit video yang mudah untuk pemula berikut ini!

  • Cari software yang cocok

    Ada begitu banyak software editing video di luar sana, tapi belum tentu semua cocok dengan karakter Urbaners. Oleh sebab itu, ambil waktu untuk mencoba beberapa software video. Disarankan untuk memilih software-software yang sudah terkenal agar mudah mencari referensi lebih jauh.

  • Siapkan video sumber yang baik

    Dalam dunia editing video, berlaku prinsip ‘garbage in, garbage out’. Secara garis besar, maksudnya adalah video sumber yang baik akan menghasilkan hasil editing yang baik pula., sementara video sumber yang buruk akan tetap buruk meski diedit sebagus apapun. Oleh karena itu, lo juga harus merekam video dengan kualitas yang baik. Pastikan resolusi minimal HD dengan frame rate 30 fps ke atas agar tampak tajam dan halus saat ditonton. Resolusi video yang terlampau kecil akan tetap menghasilkan video yang kotak-kotak meski sudah diedit sebagus mungkin.

  • Pakai efek khusus seperlunya saja

    Efek khusus dalam dunia editing video umumnya digunakan untuk menekankan suatu adegan tertentu. Terlalu banyak efek akan membuat video terlihat riuh dan memusingkan. Pemula biasanya terjebak oleh banyaknya efek keren yang tersedia pada software video, sehingga ingin menerapkan semuanya. Alih-alih makin menarik, video malah akan tampak kacau.

  • Beri background music/musik latar yang sesuai

    Kecuali video berita, video tanpa musik latar akan terasa sepi dan dingin, meski begitu lo harus hati-hati agar musik tidak terlalu gaduh dan menutupi suara atau vokal obyek video. Pilih musik yang sesuai dengan situasi yang sedang ditampilkan dalam video. Urbaners boleh mengisi dengan lagu bervokal saat video tidak mengandung dialog.

  • Pakai fitur normalize

    Satu hal yang sering dilupakan oleh pemula editing video adalah menormalisasi volume audio. Hal ini mengakibatkan perbedaan besar kecil volume suara setelah semua potongan video digabungkan. Untuk mengatasi hal ini, gunakan fitur normalize audio agar volume suara tiap potongan video relatif sama secara otomatis.

 

Daftar software editing video untuk pemula

Daftar software editing video untuk pemula

Kalau lo belum punya software video pilihan dan saat ini hendak mencari yang paling pas, berikut ini ada beberapa software editing video yang cocok untuk pemula.

  • Windows Movie Maker

    Tak ada yang lebih simpel dan mudah didapat selain Windows Movie Maker. Software ini adalah bawaan dari sistem operasi Windows pada PC atau laptop. Navigasinya mudah dan mampu mengolah sebagian besar format video populer.

  • Apple iMovie

    Tidak jauh beda dari software sebelumnya, Apple iMovie bisa lo dapatkan jika memiliki Mac karena ini adalah software bawaan iOS. Meski terbilang standar dan sederhana, namun mampu merender video dengan kualitas tinggi. Editor pemula akan mendapati software ini sangat mudah digunakan.

  • Avidemux

    Didesain sebagai video editor gratis yang simpel dan mudah digunakan, Avidemux bisa digunakan di berbagai platform seperti Windows, iOS, Linux, hingga BSD. Cukup lengkap untuk editing video standar, tak ada video editor gratis yang lebih baik dari Avidemux.

Nah, mana yang Urbaners pilih? Yuk, coba satu per satu dan edit video terbaik lo sekarang!

 

 

Source:
https://idseducation.com/articles/5-aplikasi-pembuat-video-gratis-untuk…
https://liputan6.com/tekno/read/3909261/cara-mengedit-video-di-laptop-y…
https://idntimes.com/tech/trend/abraham-herdyanto/kumpulan-software-vid…
https://klikmania.net/aplikasi-edit-video/
http://vitamasli.com/2015/08/5-tips-video-editing-untuk-pemula.html
https://studiosini.com/cara-mengedit-video/

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq