• Techno
  • Daftar Kamera Vlog Terbaik yang Tidak Menguras Kantong

Daftar Kamera Vlog Terbaik yang Tidak Menguras Kantong

Fri, 18 January 2019
Daftar Kamera Vlog Terbaik yang Tidak Menguras Kantong

Hari gini, tentunya lo udah nggak asing lagi sama yang namanya vlog alias video blog. Nah, buat lo yang ingin banget jadi vlogger profesional, salah satu modal pentingnya adalah kamera vlog. Kenapa nggak pakai kamera handphone aja? Kan jauh lebih simpel dan ready any time? Tunggu dulu, sebelum ambil kesimpulan, lo wajib nih tahu lebih dalam tentang perkembangan dunia vlog saat ini! Check this out ya!

 

Perkembangan dunia vlog saat ini

Tak bisa dipungkiri jika perkembangan teknologi yang pesat saat ini membuat dunia vlogging  juga berubah cepat. Patut untuk lo ketahui, vlog mengandalkan video sebagai media penyampai pesan yang umumnya disampaikan melalui gadget. Teknologi yang amat canggih saat ini membuat resolusi layar gadget kian tinggi, sehingga video pun dituntut memiliki resolusi tinggi agar terlihat tajam dan bagus.

Nah, jika lo menggunakan kamera handphone, kualitas rekaman video yang dihasilkan biasanya jauh lebih rendah dari kamera vlog. Mungkin bisa sih kalau lo pakai smartphone flagship yang harganya sampai belasan atau puluhan juta. Tapi jelas itu nggak worth it banget buat debut jadi vlogger profesional, iya kan?

 

Daftar kamera vlog terbaik dan murah yang bisa dipilih

Agar lo nggak sampai bangkrut meniti profesi sebagai vlogger pemula, ada kok solusi untuk memiliki kamera vlog yang mumpuni tanpa harus kebobolan dompet. Ya, Urbaners bisa cek daftar kamera vlog terbaik dan murah yang tidak menguras kantong berikut ini!

  • Samsung NX-Mini

    Samsung NX-Mini

    (Sumber : id.priceprice.com)
    Hadir dengan sensor cukup besar 20.5 MP, Samsung NX-Mini bisa menghasilkan rekaman video dengan resolusi Full HD di frame rate 30 fps. Untuk vlogging, resolusi ini sudah terbilang baik lho. Apalagi dengan adanya konektivitas lengkap macam HDMI, Micro-USB, dan WiFi, dijamin deh lo bakalan bisa dengan mudah transfer ke PC untuk editing lebih lanjut! Kamu bisa dapetin kamera ini dengan harga sekitar Rp 4,5 juta saja!
     

  • Sony Cyber-Shot DSC-WX350

    Sony Cyber-Shot DSC-WX350
    (Sumber : Jd.id)
    Nama besar Sony memang tak perlu diragukan, Sony Cyber-Shot DSC-WX350 masuk dalam jajaran kamera vlog murah dengan harga sekitar Rp 3 jutaan. Meski murah, kamera ini sudah menggunakan sensor Exmor R CMOS yang mampu merekam video Full HD di frame rate 60 fps! Udah pasti hasil video kamu mulus tanpa patah!
     
     

  • Canon IXUS 185

    Buat lo yang cari kamera dengan harga lebih murah lagi tapi nggak mengorbankan kualitas, Canon IXUS 185 boleh dilirik. Dengan sensor kamera beresolusi 20 MP, kamera ini mampu menghasilkan video kualitas HD juga. Dilengkapi fitur Image Stabilizer dan optical zoom 8x, lo bakal dapetin hasil kamera berkualitas dengan harganya yang cuma sekitar sejuta lebih dikit!

    Canon IXUS 185 (id.Priceprice.com)

  • Xiaomi Yi

    Xiaomi Yi

     (yitechnology.com)
    Nah, buat lo yang lagi cari kamera vlog dengan kisaran harga di bawah 1 jutaan, Xiaomi Yi wajib banget dikepoin. Meski ukurannya mini banget, tapi kamera ini mampu merekam video dengan kualitas Full HD 1080 pixel dengan frame rate 60 fps. Dibekali resolusi kamera 16 MP dengan sensor Exmor R CMOS, kualitas video jernih bisa didapatkan dengan mudah.
     

  • SJCAM SJ5000

    SJCAM SJ5000(Sjcam.com/product/5000)

    Satu lagi pendatang baru asal Negeri Tirai Bambu, SJCAM SJ5000. Hadir dengan sensor 14 MP dan mampu merekam video hingga resolusi 1080 pixel, kamera ini cuma dibanderol harga satu jutaan saja. Meski murah, kamera ini sudah dilengkapi fitur Motion Detection lho!

Nah, mana  yang Urbaners pilih? Keep the spirit of becoming a true vlogger yah!

Source: 
https://jalantikus.com/tips/kamera-vlog-murah-3-juta/ 
https://kamerakamera.net/kamera-vlog-murah/
 
https://www.teknoiot.com/kamera-vlog-murah/
https://www.centerklik.com/kamera-terbaik-murah-untuk-vlog/

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys