Home Techno Dalam Waktu Dekat, NASA Bakal Ambil Sample dari Asteroid
Dalam Waktu Dekat, NASA Bakal Ambil Sample dari Asteroid

Dalam Waktu Dekat, NASA Bakal Ambil Sample dari Asteroid

Tuesday, November 27, 2018 - 15:56
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada tahun 1999, teleskop dari LINEAR Amerika Serikat menangkap sinyal adanya asteroid yang berukuran kurang lebih 500 meter sedang menuju ke bumi dengan nama Bennu. Delapan tahun kemudian pernyataan tersebut direvisi, asteroid Bennu nggak akan menghantam bumi dalam waktu dekat, tetapi mempunyai kemungkinan 1:2,700 akan menghantam bumi antara tahun 2175 sampai 2199.

Entah karena akan menghantam bumi dalam waktu dekat atau ada alasan lain, tetapi NASA berencana akan mendaratkan pesawat luar angkasa di atas Bennu. Nantinya, pesawat NASA ini akan mengeluarkan robot yang mengambil beberapa sample asteroid. Sample tersebut akan dibuat contoh nyata bagaimana sebenarnya permukaan sebuah asteroid atau benda luar angkasa lain. Proyek NASA ini akan dilakukan pada pertengahan tahun 2020.

 

Misi bernama OSIRIS-Rex

Misi bernama OSIRIS-Rex

Halaman msn.com memberikan sedikit penjelasan bagaimana nanti pesawat NASA akan turun ke asteroid. Rencananya yang turun ke asteroid ini bukan pesawat luar angkasanya, Urbaners, tetapi sebuah robot yang akan turun sekitar 3-4 meter di atas permukaan asteroid. Misi yang disebut dengan Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification, Security, Regolith Explorer atau disingkat dengan OSIRIS-Rex ini akan mengeluarkan sebuah robot bertangan dengan nama Lockheed Martin.

Selama setahun terakhir, tim dari NASA ini meneliti bagaimana permukaan dari asteroid Bennu. Dari situ mereka memutuskan untuk menggunakan Lockheed Martin yang nantinya akan mengambil sekitar 60 gram material yang ada di asteroid tersebut.

 

Cara kerja Lockheed Martin

Cara kerja Lockheed Martin

Ada hal yang menarik dari misi OSIRIS-Rex dengan robot Lockheed Martin ini, yaitu bagaimana robot bertangan ini mengambil bahan material di asteroid. Penjelasan yang dibuat oleh NASA ini adalah nantinya robot Lockheed Martin akan terbang rendah dan mengeluarkan sebuah benda mirip dengan magnet. Nantinya tangan dari Lockheed Martin ini nggak mengaduk atau menggali asteroid, tapi akan menyedot tanah yang ada.

Jadi, hasil sedotan dari Lockheed Martin bakal menghasilkan sekitar 60 gram material penting untuk penelitian luar angkasa. Bisa jadi material ini nantinya yang akan menjadi kunci dalam misi NASA atau pihak swasta dalam mengirimkan manusia ke Mars.

 

 

Source: msn.com