• Techno
  • Disrupto Fest Dibuat Virtual dengan Tema "Exploration and Experimentation"

Disrupto Fest Dibuat Virtual dengan Tema "Exploration and Experimentation"

Thu, 16 July 2020
Tampilan logo Disrupto Fest

Disrupto Fest tahun 2020 ini bakal dilaksanakan secara virtual dengan tema “Exploration and Experimentation”. Rencananya festival informasi teknologi dan sains ini akan dibuka langsung oleh Johnny G. Plate, Menkominfo RI. Disrupto Fest juga akan menghadirkan inovator, pegiat ekonomi, ilmuwan, juga beberapa entertainer.

Festival tahun ini akan berfokus pada eksplorasi tantangan-tantangan di masa depan, dan bagaimana cara manusia bertahan dari tantangan-tantangan tersebut. Festival yang bakal berlangsung dari tanggal 17-18 Juli 2020 ini terbuka buat berbagai kalangan.

 

Visi Indonesia 2045

Interaksi peserta di Disrupto Fest 2019

Disrupto Fest yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2018 ini selalu menghadirkan diskusi-diskusi menarik terkait menghadapi perubahan dan masa depan. Jelang festival virtual pertama mereka, Gupta Sitorus dari Disrupto menyampaikan bahwa event mereka ini berangkat dari Visi Indonesia 2045 yang dirancang langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Visi tersebut berisi rencana Indonesia yang telah berusia 100 tahun telah mencapai pertumbuhan yang baik, serta menjadikan negera ini negara maju. Visi tersebut dapat dicapai dengan memajukan berbagai sektor penting untuk mendukung kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Sejak pertama kali dibuat, Disrupto Fest bertujuan untuk bisa menjadi wadah eksplorasi, inovasi, dan eksperimen ide-ide baru untuk masa depan yang lebih baik. Inilah spirit Disrupto Fest yang masih terus dipertahankan hingga tahun ini.

 

Prediksi Pandemi di Masa Depan

Poster Disrupto Fest dengan line up narasumber

Bahasan utama dari Disrupto Fest tahun ini adalah mengenai prediksi ancaman pandemi lain yang jauh lebih berbahaya di masa depan, salah satunya adalah ancaman krisis pangan secara global yang menghasilkan bencana kelaparan. Dengan mengetahui pengetahuan soal ini terlebih dahulu, diharapkan lo bisa berkontribusi untuk mencegah atau menekan kemungkinan prediksi ini terjadi di masa dapan.

Nggak hanya itu saja, lo juga akan diberikan informasi perkembangan teknologi terutama inovasi-inovasinya yang akan dibuat untuk membantu manusia bertahan hidup di masa-masa sulit tersebut. Jadi, siap-siap untuk menyaksikan narasumber terkenal, seperti ilmuwan Mark Post yang bakal ngobrol soal daging buatan, sampai ilmuwan pengembang tato elektronik untuk memeriksa kesehatan, Nanshu Lu.

 

Lebih Banyak Sosok Penting akan Hadir

Poster Disrupto Fest 2020 yang menampilkan lineup entertainment

Selain Mark Post dan Nanshu Lu, bakal ada lebih banyak sosok penting yang hadir. Dari MIT Media Lab, ada Ariel Ekblaw yang bakal membahas soal simulasi kehidupan di luar angkasa. Bakal hadir juga Cyril Diagne dari Google, yang akan membagikan sebuah proyek Augmented Reality di mana lo bisa scan benda untuk dimasukkan datanya secara digital ke komputer. Dari The N.1 Institute of Health National University Singapore, Dean Ho, akan membahas soal kecerdasan buatan serta terapi penyakit menular.

Nggak hanya narasumber internasional saja, Disrupto juga bakal dihadiri inovator dari dalam negeri. Dari perusahaan startup Nusantics, Sharlini Erliza Putri bakal membahas kehidupan di luar angkasa juga. Lalu dari XXLab Jogjakarta ada Irene Agrivina, yang akan membahas tekstil dari limbah.

Selain obrolan-obrolan informatif, Disrupto Fest juga akan memberikan hiburan. Goodnight Electric, Mantra Vutura, Adrian Khalif, dan Agatha Pricilla akan manggung di sini. Jadi bukan hanya belajar, lo juga bersantai dengan menikmati penampilan-penampilan musisi terbaik Indonesia.

 

 

Sources: UrbanAsia, IDNTimes, Liputan6

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys