Home Techno DJ Baru di Ceko Berupa Robot!
DJ Baru di Ceko Berupa Robot!

DJ Baru di Ceko Berupa Robot!

Thursday, January 4, 2018 - 16:00
Bagikan
Facebook Twitter Email

Disc Jockey atau DJ sekarang udah menjadi salah satu pekerjaan idaman para millennials. Berdiri di depan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan orang memang sangat memacu adrenalin. Ditambah lagi, sekarang menjadi seorang DJ nggak seribet dulu karena sekarang semuanya serba elektronik. Dan kerennya lagi nih Urbaners, klub malam di Ceko ini membuat inovasi baru, yaitu mempekerjakan seorang robot untuk menjadi DJ.

 

Pilih musik sendiri

Salah satu klub malam bernama Karlovy Lazne di ibu kota Ceko, Prague, pada akhir tahun 2017 kemarin memperkenalkan DJ baru, yaitu seorang robot. Dilansir dari Reuters, selama beberapa minggu ke depan, Karlovy Lazne nggak akan menggunakan manusia untuk memilih lagu. Nggak hanya itu Urbaners, robot ini juga bisa berdansa mengikuti irama lagu.

Walaupun begitu, robot ini ternyata mempunyai cukup banyak kekurangan. Pertama, Reuters mengatakan bahwa robot ini nggak bisa memilih lagu sesuai request, genre, dan masih belum membedakan mana musik slow atau beat. Selain itu, robot DJ ini juga nggak bisa melakukan hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang DJ, yaitu me-remix lagu.

 

Masa depan dunia DJ

Klub malam Karlovy Lazne ini bekerja sama dengan KUKA, sebuah perusahaan yang memang sejak awal sudah mengembangkan robot yang bisa menjadi seorang DJ. Pada tahun 2009, KUKA bisa memilih-milih vinyl. Nah, di tahun 2017 ini, KUKA berhasil mengembangkan sebuah robot yang bisa memilih lagu secara otomatis di depan mesin DJ.

Lalu bagaimana tanggapan pengunjung yang datang? Beberapa ada yang mendukung dan menolak. Salah satu yang menolak mengatakan bahwa goyangan yang dihasilkan sang robot sangat awkward. Jadi penasaran apakah benar bahwa DJ robot akan menjadi teknologi masa depan yang bakal dipakai di seluruh dunia. Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah setuju dengan teknologi robot DJ ini?

 

Source: reuters.com