• Techno
  • Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram

Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram

Tue, 13 August 2019
Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram

Perusahaan sekaligus aplikasi raksasa dunia, Facebook, semakin menunjukkan dominasinya. Setelah mengakuisisi WhatsApp pada tahun 2009 dan Instagram di tahun 2012, kini Facebook berencana mengubah nama keduanya. Perubahan ini dilakukan untuk menunjukkan kepemilikan 2 aplikasi paling populer tersebut. Seperti apakah bentuk perubahan yang akan dilakukan Facebook pada anak perusahaannya tersebut?

 

Penambahan Nama “from Facebook”

Penambahan Nama "from Facebook"

Perubahan nama yang direncanakan oleh Facebook nggak akan terlalu drastis, Urbaners. Perusahaan ini hanya akan menambahkan kalimat “from Facebook” di belakang nama Instagram dan WhatsApp. Jika ide perubahan nama ini telah disetujui dan diterapkan, maka nama Instagram dan WhatsApp akan menjadi Instagram from Facebook dan WhatsApp from Facebook. Nama ini akan menjadi nama resmi kedua aplikasi tersebut ke depannya.

 

Muncul di Google Play & App Store

Muncul di Google Play & App Store

Sebagai pengguna, lo mungkin bertanya-tanya bagaimana tampilan nama tersebut muncul di layar smartphone. Dikonfirmasi langsung ke sumber terdekat Facebook, nggak akan ada perubahan tampilan nama Instagram dan WhatsApp di layar smartphone setelah penambahan nama diterapkan. Pengguna tetap melihat tampilan nama kedua aplikasi ini sama seperti sebelumnya.

Perubahan akan terlihat di Google Play dan App Store sebagai toko resmi tempat mengunduh aplikasi untuk Android dan iOS. Di kedua platform ini, saat pengguna akan mengunduh Instagram atau WhatsApp, maka tambahan “from Facebook” akan muncul. Begitu juga dengan layar pop-up di awal instalasi aplikasi pada smartphone, lo bisa melihat nama resmi yang sudah ditambahkan menjadi Instagram from Facebook dan WhatsApp from Facebook. 

 

Menekankan Kepemilikan

Menekankan Kepemilikan

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memang nggak main-main dalam urusan pengembangan bisnis. Di samping mengakuisisi Instagram dan WhatsApp, Facebook juga telah membeli 3 perusahaan besar lainnya, yaitu Atlas, Face.com, dan Onavo. Ketiga perusahaan ini bergerak di bidang aplikasi dan teknologi internet untuk layanan VPN, advertiser, dan pendeteksi wajah.

Untuk menunjukkan kepemilikan Facebook atas anak-anak perusahaannya, ide penambahan nama tersebut dilontarkan. Juru bicara Facebook menyebutkan bahwa pihaknya ingin menjadi lebih jelas tentang produk, kepemilikan, dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook. Mark Zuckerberg sendiri sudah meluncurkan visi besarnya tentang sistem pesan yang terhubung/terenkripsi antara Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 

 

Meskipun ada penambahan nama untuk Instagram dan WhatsApp, pihak Facebook menyatakan bahwa nggak akan ada perubahan fungsi antara keduanya. Instagram tetap menjadi platform untuk berbagi foto dan WhatsApp sebagai aplikasi berbagi pesan. Gimana tanggapan lo soal ini, Urbaners?

 

 

Sources: Theverge.com, Wow.tribunnews.com

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq