Home Techno Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram
Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram

Facebook Bakal Ubah Nama WhatsApp dan Instagram

Tuesday, August 13, 2019 - 14:11
Bagikan
Facebook Twitter Email

Perusahaan sekaligus aplikasi raksasa dunia, Facebook, semakin menunjukkan dominasinya. Setelah mengakuisisi WhatsApp pada tahun 2009 dan Instagram di tahun 2012, kini Facebook berencana mengubah nama keduanya. Perubahan ini dilakukan untuk menunjukkan kepemilikan 2 aplikasi paling populer tersebut. Seperti apakah bentuk perubahan yang akan dilakukan Facebook pada anak perusahaannya tersebut?

 

Penambahan Nama “from Facebook”

Penambahan Nama "from Facebook"

Perubahan nama yang direncanakan oleh Facebook nggak akan terlalu drastis, Urbaners. Perusahaan ini hanya akan menambahkan kalimat “from Facebook” di belakang nama Instagram dan WhatsApp. Jika ide perubahan nama ini telah disetujui dan diterapkan, maka nama Instagram dan WhatsApp akan menjadi Instagram from Facebook dan WhatsApp from Facebook. Nama ini akan menjadi nama resmi kedua aplikasi tersebut ke depannya.

 

Muncul di Google Play & App Store

Muncul di Google Play & App Store

Sebagai pengguna, lo mungkin bertanya-tanya bagaimana tampilan nama tersebut muncul di layar smartphone. Dikonfirmasi langsung ke sumber terdekat Facebook, nggak akan ada perubahan tampilan nama Instagram dan WhatsApp di layar smartphone setelah penambahan nama diterapkan. Pengguna tetap melihat tampilan nama kedua aplikasi ini sama seperti sebelumnya.

Perubahan akan terlihat di Google Play dan App Store sebagai toko resmi tempat mengunduh aplikasi untuk Android dan iOS. Di kedua platform ini, saat pengguna akan mengunduh Instagram atau WhatsApp, maka tambahan “from Facebook” akan muncul. Begitu juga dengan layar pop-up di awal instalasi aplikasi pada smartphone, lo bisa melihat nama resmi yang sudah ditambahkan menjadi Instagram from Facebook dan WhatsApp from Facebook. 

 

Menekankan Kepemilikan

Menekankan Kepemilikan

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memang nggak main-main dalam urusan pengembangan bisnis. Di samping mengakuisisi Instagram dan WhatsApp, Facebook juga telah membeli 3 perusahaan besar lainnya, yaitu Atlas, Face.com, dan Onavo. Ketiga perusahaan ini bergerak di bidang aplikasi dan teknologi internet untuk layanan VPN, advertiser, dan pendeteksi wajah.

Untuk menunjukkan kepemilikan Facebook atas anak-anak perusahaannya, ide penambahan nama tersebut dilontarkan. Juru bicara Facebook menyebutkan bahwa pihaknya ingin menjadi lebih jelas tentang produk, kepemilikan, dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook. Mark Zuckerberg sendiri sudah meluncurkan visi besarnya tentang sistem pesan yang terhubung/terenkripsi antara Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 

 

Meskipun ada penambahan nama untuk Instagram dan WhatsApp, pihak Facebook menyatakan bahwa nggak akan ada perubahan fungsi antara keduanya. Instagram tetap menjadi platform untuk berbagi foto dan WhatsApp sebagai aplikasi berbagi pesan. Gimana tanggapan lo soal ini, Urbaners?

 

 

Sources: Theverge.com, Wow.tribunnews.com