Home Techno Fenomena Instagram Egg yang Pecahkan Rekor Likes
Fenomena Instagram Egg yang Pecahkan Rekor Likes

Fenomena Instagram Egg yang Pecahkan Rekor Likes

Thursday, January 17, 2019 - 15:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Analisis menarik dikeluarkan oleh Wired, mengapa sebuah posting telur berwarna cokelat bisa mendapatkan jumlah likes mencapai 46,5 juta mengalahkan foto Kylie Jenner dengan like 18 juta. Wired menuliskan bahwa semua orang sebenarnya sudah bosan dengan hal-hal yang berbau mainstream, termasuk Kardhashian’s Family. Jadi ketika ada sebuah akun anonim yang hanya mem-posting gambar telur, dunia pun gempar.

 

Internet suka hal aneh

Internet suka hal aneh

Tahun 2014, Zack Brown mendapatkan funding mencapai 55 ribu dolar di Kickstarter ketika ingin membuat sebuah potato salad. Di 2017 kemarin, Wendy’s juga berjanji akan memberikan free chicken nuggets selamanya kepada seseorang jika sukses mendapatkan 18 juta retweet. Dari situ terlihat banyak sekali hal yang sebenarnya aneh, tetapi malah disukai oleh semua orang. Termasuk sebuah telur.

Setelah beberapa jam posting tersebut muncul, akun tersebut langsung viral. Nggak hanya sukses mendapatkan jumlah likes gila-gilaan, akun itu juga sukses mendapatkan followers jutaan dan berhasil jadi akun Instagram yang verified.

 

Jadi alat marketing

Jadi alat marketing

Setelah sukses viral, puluhan atau bahkan ratusan brand di seluruh dunia langsung membuat sebuah campaign baru yang berhubungan dengan telur. Tetapi lebih jauh daripada itu, akun @world_record_egg bakal menjadi alat marketing yang sangat ampuh. Recode sendiri mencoba mengirimkan email yang tercantum di dalam bio, mencoba untuk mengajak kerja sama tetapi nggak ada balasan.

Recode sendiri langsung membuat kesimpulan sederhana bahwa satu kali posting di akun telur tersebut bisa dihargai sekitar 250 ribu dolar atau sekitar 3 miliar rupiah. Walaupun akun telur tersebut nggak post apapun lagi, mereka tetap “promosi” di Instagram Stories dan bahkan berjualan merchandise.

Sebagai penutup, ada artikel menarik dari Insider, mereka mewawancarai Serghei Platanov yaitu fotografer yang mengambil foto telur. Foto telur tersebut diambil Serghei tahun 2009 dengan niatan untuk fun. Yup, gara-gara sebuah telur, sang fotografer di balik foto tersebut sampai dibahas oleh media besar dunia.

 

 

Source: Insider, Recode, Wired