• Techno
  • Gadget Favorit Di IFA 2019

Gadget Favorit Di IFA 2019

Fri, 13 September 2019
IFA 2019 menghadirkan banyak brand teknologi untuk mengumumkan inovasi terbaru.

Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) kerap menjadi momen spesial bagi para brand teknologi ternama untuk mengumumkan inovasi terbaru mereka. Tahun ini, IFA diadakan selama tanggal 6-11 September 2019. Produk-produk teknologi yang dihadirkan pun nggak kalah mind-blowing dari tahun-tahun sebelumnya. Dari sekian banyak produk yang dipamerkan, beberapa di antaranya punya hype yang cukup tinggi. Check out this list, Urbaners!

 

Nokia 7.2

Kamera jadi salah satu keunggulan Nokia 7.2

Hanya dengan harga sebesar 299 Euro atau sekitar Rp4,6 juta, lo sudah bisa mendapatkan Nokia 7.2 dengan spesifikasi yang mumpuni. Fitur kameranya dibekali dengan spesifikasi 48 MP, cocok buat lo yang hobi mengambil foto menggunakan smartphone. Dibandingkan dengan pendahulunya, Nokia 9 Pureview, desain keseluruhan Nokia 7.2 juga terlihat lebih sleek dan minimalis. Dibekali dengan software Android One, tentunya Nokia 7.2 juga punya performa powerful.

 

Acer Swift 5

Acer Swift 5 dibekali dengan berbagai upgrade untuk meningkatkan performa.

Ada cukup banyak produk baru yang diumumkan Acer di IFA 2019. Namun, salah satu yang paling exciting adalah Acer Swift 5. Kabarnya, Acer Swift 5 menjadi laptop Acer pertama yang dibekali dengan prosesor Intel 10th Gen Ice Lake. Bedanya dari Intel Comet Lake adalah kemampuan Intel ice lake dalam mendukung fitur grafis Iris Plus, membuatnya cocok digunakan fotografer dan web developer yang sedang mencari laptop baru dengan performa oke.

 

Sonos Move

Sonos Move hadir dalam desain yang gagah dan minimalis.

Rumor bahwa Sonos akan mengeluarkan speaker Bluetooth sudah cukup lama terdengar. Ternyata rumor tersebut terbukti benar setelah Sonos mengumumkannya di IFA 2019. Dinamakan Sonos Move, speaker satu ini ditenagai oleh baterai, sehingga lo bisa menggunakannya dengan mudah di indoor atau outdoor. Dengan bentuk oval yang cukup pipih, Sonos Move nggak bakal memakan tempat saat lo meletakkannya di atas meja atau rak.

 

Lenovo Dimension of Heroes dan Motorola One Zoom

Lenovo Dimension of Heroes dan Motorola One Zoom

Selama bertahun-tahun, Lenovo dan anak perusahaannya, Motorola, menjadi brand yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Tahun ini pun nggak begitu berbeda, Urbaners. Bekerja sama dengan Marvel, Lenovo menciptakan game augmented reality berjudul Dimension of Heroes yang bisa dimainkan menggunakan headset Lenovo Mirage. Sementara itu, Motorola hadir dengan smartphone Android baru bernama Motorola One Zoom, yang dilengkapi desain premium dan kualitas kamera mengesankan.

 

Selain produk-produk yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi inovasi teknologi yang diumumkan di IFA 2019. Kalau menurut lo, inovasi mana yang paling menarik buat ditunggu?

 

 

Source: trustedreviews.com

Facebook Kembangkan Fitur E-Commerce untuk Platformnya

Thu, 04 June 2020
Mark Zuckerberg dengan baju biru, berbicara di depan layar biru bertuliskan Facebook

Adanya pandemi COVID-19 membuat segala aktivitas jadi terhambat. Terutama aktivitas dagang yang jadi terganggu karena adanya himbauan untuk tetap diam di rumah saja. Untungnya, barang-barang kebutuhan masih bisa dibeli secara online. Lo juga pasti sering berbelanja online #MumpungLagiDirumah saja, kan?

Muncul lagi satu layanan e-Commerce baru yang bisa lo coba, yakni Facebook Shops. Facebook bekerja sama dengan Shopify, BigCommerce, dan Woo membentuk fitur baru ini untuk memudahkan operasional bisnis di tengah pandemi ini.

 

Shops Sebagai Solusi Bisnis di Tengah Pandemi

Tampilan Shops di Facebook dan Instagram yang terlihat dari tiga layar smartphone.

Pada Selasa (19/5), Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengumumkan hadirnya fitur e-Commerce bernama Facebook Shops. Berbeda dengan fitur marketplace yang sebelumnya sudah ada, Facebook Shops sendiri merupakan fitur e-Commerce kembangan tim Facebook yang bisa dipakai secara gratis, di mana segala proses jual-beli dilakukan langsung dalam Facebook.

Peluncuran fitur Shops ini dilakukan oleh Facebook sebagai solusi bagi para pemilik bisnis kecil yang kesulitan di tengah pandemi ini. “If you can’t physically open your store or restaurant, you can still take orders online and ship them to people,” ungkap Mark Zuckerberg. Ia juga mengakui bahwa peluncuran ini terkesan tergesa-gesa, namun dianggap perlu agar bisa membantu kelangsungan bisnis-bisnis yang merugi.

Di sisi lain, fitur Shops ini juga menjadi langkah pintar bagi Facebook, mengingat e-Commerce merupakan segelintir industri yang diuntungkan di kala pandemi. Sebut saja Amazon dan Etsy, dua kompetitor Facebook yang keuntungannya bahkan dua kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hadirnya Facebook Shops menjadi simbol resmi bahwa Facebook siap “bertarung” menghadapi Amazon.

 

Terhubung dengan Aplikasi Facebook dan Instagram

Tampak toko online di Facebook Shops yang terlihat dari sebuah layar smartphone

Nggak hanya melalui Facebook saja, tetapi Zuckerberg juga mengatakan bahwa fitur Shops ini akan hadir di Instagram. Orang-orang bisa membuka toko online dan meng-upload katalog di Facebook Shops secara gratis, begitu pula di Instagram. Nantinya, para pembeli bisa melakukan transaksi layaknya di aplikasi e-Commerce di kedua platform media sosial ini.

Rencananya, pengguna bisa mencantumkan daftar barang dan harga secara langsung di halaman Facebook, profil Instagram, dan story Instagram. Selain itu, para pengguna juga bisa memesan fitur iklan di Facebook dan Instagram untuk memasarkan toko online mereka. Itu juga sebabnya mengapa Facebook Shops gratis untuk digunakan.

 

Fitur-Fitur yang Tengah Dikembangkan

Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur Shops dalam sebuah livestream

Facebook Shops memang sudah diluncurkan, tetapi masih banyak fitur-fitur yang sedang dikembangkan oleh Facebook. Salah satunya adalah layanan pelanggan melalui chatting. Selanjutnya, para pembeli bisa melakukan tracking order bahkan langsung melakukan transaksi dari fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message untuk berjualan. Lebih keren lagi, barang-barang tersebut juga bisa di-tag selama livestream, sehingga orang bisa langsung membelinya dalam sekali klik.

Nggak hanya itu, Facebook juga sedang mengembangkan program loyalitas dan reward untuk menarik lebih banyak lagi pembeli dan penjual ke dalam Facebook Shops. “You’ll be able to easily see and keep track of your points and rewards,” ujar Zuckerberg dalam livestream. Tentu saja program ini bisa disesuaikan sendiri oleh pemilik bisnis. 

 

 

Sources: The Verge, CNBC, Business Insider