• Techno
  • Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Wed, 20 March 2019
Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Sebagai salah satu raja di dunia teknologi, Google nggak pernah berhenti berinovasi. Setelah membeli paten smartwatch dari Fossil, sekarang Google resmi “bertarung” di industri game. Pada ajang Game Developer Conference 2019 yang diadakan 19 Maret 2019 kemarin, Google merilis gaming platform baru bernama Stadia. Kehadiran Stadia ini disebut-sebut bakal mengubah skema industri gaming secara global!

 

Bisa main game tanpa perlu konsol

Bisa main game tanpa perlu konsol

Stadia adalah layanan streaming game berbasis cloud. Artinya, lo nggak membutuhkan konsol baru apa pun untuk bisa memainkan game. Cukup gunakan gadget yang lo punya dan langsung saja akses game yang mau lo mainkan di Stadia. Mirip seperti Netflix atau Hulu, tapi Stadia nggak menyediakan layanan film dan serial TV, melainkan game. Namun, pastikan lo sudah terhubung dengan internet ya, Urbaners.

Proyek Stadia ini bisa terwujud berkat server dengan spesifikasi luar biasa yang menyokongnya. Dilansir dari Detik.com, setiap server Stadia dibekali dengan prosesor x86 berkecepatan 2,7 GHz. Nggak ketinggalan RAM 16GB dan GPU buatan AMD yang memiliki kemampuan komputasi hingga kapasitas 10,7 teraflops. Hal ini pun memungkinkan Stadia untuk menampilkan game dalam kualitas 4K.

 

Terintegrasi dengan YouTube

Terintegrasi dengan YouTube

Google sadar kalau konten game punya banyak penikmat di YouTube. Itulah kenapa Google mengintegrasikannya dengan Stadia. Salah satu fitur pendukungnya adalah Crowd Play. Jadi kalau ada YouTuber yang sedang live streaming main game, lo bisa ikut bergabung di game tersebut melalui Stadia dengan meng-klik tombol tertentu. Lalu, kalau lo menonton trailer suatu game di YouTube, bakal ada pula tombol khusus yang bisa membuat lo langsung memainkan game tersebut di Stadia. Fun, right?

 

Google juga menyediakan controller khusus Stadia

Google juga menyediakan controller khusus Stadia

Stadia memang memungkinkan lo untuk memainkan game menggunakan keyboard atau mouse sebagai controller. Tapi kalau lo mau merasakan pengalaman yang lebih oke selama main game di Stadia, Google juga merilis controller khusus dengan desain yang spesifik. Setiap controller dilengkapi 2 stick analog, bumpers, dan tombol penunjuk arah. Nggak ketinggalan tombol Share dan Google Assistant yang memungkinkan lo untuk melakukan perintah suara.

 

Sayangnya Google belum mengumumkan secara spesifik kapan Stadia bakal bisa diakses secara umum. Namun Google menjanjikan kalau Stadia bakal meluncur tahun ini. Are you excited?

 

 

Sources: androidcentral.com, detik.com

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times