• Techno
  • Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Wed, 20 March 2019
Google Akhirnya Luncurkan Layanan Streaming Game "Stadia"

Sebagai salah satu raja di dunia teknologi, Google nggak pernah berhenti berinovasi. Setelah membeli paten smartwatch dari Fossil, sekarang Google resmi “bertarung” di industri game. Pada ajang Game Developer Conference 2019 yang diadakan 19 Maret 2019 kemarin, Google merilis gaming platform baru bernama Stadia. Kehadiran Stadia ini disebut-sebut bakal mengubah skema industri gaming secara global!

 

Bisa main game tanpa perlu konsol

Bisa main game tanpa perlu konsol

Stadia adalah layanan streaming game berbasis cloud. Artinya, lo nggak membutuhkan konsol baru apa pun untuk bisa memainkan game. Cukup gunakan gadget yang lo punya dan langsung saja akses game yang mau lo mainkan di Stadia. Mirip seperti Netflix atau Hulu, tapi Stadia nggak menyediakan layanan film dan serial TV, melainkan game. Namun, pastikan lo sudah terhubung dengan internet ya, Urbaners.

Proyek Stadia ini bisa terwujud berkat server dengan spesifikasi luar biasa yang menyokongnya. Dilansir dari Detik.com, setiap server Stadia dibekali dengan prosesor x86 berkecepatan 2,7 GHz. Nggak ketinggalan RAM 16GB dan GPU buatan AMD yang memiliki kemampuan komputasi hingga kapasitas 10,7 teraflops. Hal ini pun memungkinkan Stadia untuk menampilkan game dalam kualitas 4K.

 

Terintegrasi dengan YouTube

Terintegrasi dengan YouTube

Google sadar kalau konten game punya banyak penikmat di YouTube. Itulah kenapa Google mengintegrasikannya dengan Stadia. Salah satu fitur pendukungnya adalah Crowd Play. Jadi kalau ada YouTuber yang sedang live streaming main game, lo bisa ikut bergabung di game tersebut melalui Stadia dengan meng-klik tombol tertentu. Lalu, kalau lo menonton trailer suatu game di YouTube, bakal ada pula tombol khusus yang bisa membuat lo langsung memainkan game tersebut di Stadia. Fun, right?

 

Google juga menyediakan controller khusus Stadia

Google juga menyediakan controller khusus Stadia

Stadia memang memungkinkan lo untuk memainkan game menggunakan keyboard atau mouse sebagai controller. Tapi kalau lo mau merasakan pengalaman yang lebih oke selama main game di Stadia, Google juga merilis controller khusus dengan desain yang spesifik. Setiap controller dilengkapi 2 stick analog, bumpers, dan tombol penunjuk arah. Nggak ketinggalan tombol Share dan Google Assistant yang memungkinkan lo untuk melakukan perintah suara.

 

Sayangnya Google belum mengumumkan secara spesifik kapan Stadia bakal bisa diakses secara umum. Namun Google menjanjikan kalau Stadia bakal meluncur tahun ini. Are you excited?

 

 

Sources: androidcentral.com, detik.com

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq