Home Techno Google Home Jadi Speaker Pintar Terbaik 2018 Kalahkan Amazon Echo
Google Home Jadi Speaker Pintar Terbaik 2018 Kalahkan Amazon Echo

Google Home Jadi Speaker Pintar Terbaik 2018 Kalahkan Amazon Echo

Wednesday, December 26, 2018 - 17:35
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah sama-sama mengeluarkan speaker pintar, sekarang saatnya mengukur bagaimana keunggulan dan kelebihan dari speaker pintar tersebut. Di tahun 2018 ini, seenggaknya ada 4 speaker pintar yang bersaing. Pertama ada Google Home, kemudian Apple HomePod, Amazon Echo, dan Harman Kardon Invoke atau biasa disebut dengan Cortana.

Salah satu perusahaan riset dan survei dari luar negeri, yaitu Loup Venture, mengeluarkan hasil siapakah dari keempat speaker pintar tadi yang paling mumpuni atau paling pintar. Siapa yang juara?

 

Google Home jadi speaker paling pintar

Google Home jadi speaker paling pintar

Ada beberapa serangkaian tes yang dilakukan, pertama adalah tes pertanyaan. Sekitar 800 pertanyaan dilontarkan ke masing-masing speaker pintar. Hasilnya, Google Voice berhasil menjawab 88% pertanyaan dengan benar, kemudian di peringkat 2 ada Apple Siri dengan 75%, lalu Amazon Alexa 73%, dan terakhir Microsoft Cortona menjawab 63% pertanyaan dengan benar. Bahkan dari hasil tersebut, hanya Google Voice yang mengerti pertanyaan mencapai 99% atau hampir sempurna.

Dari 800 pertanyaan tersebut, terbagi menjadi beberapa kategori. Pertama ada pertanyaan seputar belanja, navigasi, informasi, dan perintah. Nah, dari setiap kategori tersebut, Google Voice hampir mendominasi setiap jawaban, kecuali pada kategori belanja. Apple HomePod berhasil menjawab 85% pertanyaan dengan benar, baru disusul Google Home dengan 73%.

 

Penggunaan speaker pintar

Penggunaan speaker pintar

Penetrasi speaker pintar dengan segala kemudahannya membuat banyak orang mulai berpikir untuk menggunakan teknologi modern ini. Secara penggunaan, memang speaker pintar ini hanya untuk membantu aktivitas rumah tangga sehari-hari. Misalnya untuk menyalakan lampu, membantu memasak, atau mengontrol CCTV. Salah satu alasan mengapa speaker pintar ini sangat laku di luar negeri adalah banyaknya kemudahan yang didapatkan ketika mengoneksikan seluruh perangkat rumah dengan speaker pintar.

Misalnya dengan speaker pintar ini, lo bisa mengoneksikan mulai dari pintu, CCTV, lampu, sampai peralatan elektronik lainnya. Contohnya dengan Alexa, lo bisa mengoneksikan Amazon Echo dengan pintu keamanan, CCTV, dan peralatan elektronik lain yang masih dalam satu brand. Bagaimana, tertarik menggunakan speaker pintar di rumah?

 

 

 

 

Source:  Loup Venture