Home Techno Hilangnya View Image di Google
Hilangnya View Image di Google

Hilangnya View Image di Google

Monday, March 12, 2018 - 18:04
Bagikan
Facebook Twitter Email
Font Size

Urbaners, sejak 15 Februari kemarin, Google menetapkan perubahan baru pada Google Images di mana sebagai pengguna lo sudah nggak bisa lagi menemukan fitur View Images untuk melihat hasil pencarian gambar dengan lebih jelas. Tenang saja, tombol kunjungan masih tetap ada, sehingga pengguna dapat melihat gambar dalam konteks laman web tempat mereka berada. Kira-kira seperti apa ya pengaruh hilangnya view image di hasil pencarian Google ini?

 

Menjaga hak cipta fotografer

Hilangnya fitur view image di Google ini tentu bukan tanpa alasan. Kabarnya, langkah ini dilakukan Google demi menjaga hak cipta fotografer atas setiap gambar milik mereka. Kebijakan ini mendapatkan dukungan positif dari para fotografer atau perusahaan penyedia foto agar pengguna nggak bisa dengan bebas mengambil konten tersebut tanpa izin terlebih untuk disebarluaskan dengan tujuan komersil.

 

Diarahkan menuju website terkait

Lo nggak perlu bingung lagi mencari fitur view image di halaman hasil pencarian Google. Mulai sekarang, saat melakukan pencarian gambar, maka yang ditemukan hanya pilihan Buka, Simpan, Tampilkan Gambar Tersimpan, dan Bagikan. Sementara itu di bagian bawah tertulis "Gambar mungkin memiliki hak cipta" dan lo bakal diarahkan menuju website terkait dengan gambar tersebut.

 

Cara download tanpa view image

Urbaners, jangan sedih. Lo masih bisa men-download gambar dengan resolusi dan ukuran asli yang didapat dari hasil pencarian Google meskipun fitur view image sudah dilenyapkan. Cara pertama adalah dengan membuka gambar tersebut di tab baru. Setelah tab baru terbuka, klik kanan pada gambar dan pilih simpan. Cara kedua yaitu dengan men-install ekstensi View Image di Google Chrome. Setelah itu, lo bakal menemukan View Image Button seperti semula.

 

Memudahkan pencarian berdasarkan negara

Bersamaan dengan hilangnya fitur view image, Google juga meluncurkan fitur terbaru yang memudahkan pengguna melakukan pencarian berdasarkan negara. Sebelumnya, layanan ini hanya mengandalkan layanan negara yang dapat diidentifikasikan dengan nama domain, tapi mulai sekarang lo bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan lokasi di mana lo berada. Google mengatakan kalau perubahan ini memberikan pengalaman penelusuran yang lebih baik.

 

Urbaners, hilangnya fitur view image ini tentu menimbulkan pro dan kontra di kalangan pengguna internet, khususnya Google. Namun, perusahaan raksasa teknologi itu justru nggak mau ambil pusing dan menganggap bahwa kebijakan ini dalam rangka kebaikan, yaitu melindungi hak cipta seseorang yang ada di balik gambar tersebut. Kalau menurut lo sendiri gimana, nih?