• Techno
  • IGTV, Fitur Terbaru dari Instagram yang Izinkan Lo Upload Video 1 Jam

IGTV, Fitur Terbaru dari Instagram yang Izinkan Lo Upload Video 1 Jam

Thu, 21 June 2018

Setelah mengeluarkan fitur Stories pada akhir 2016 kemarin, Instagram secara resmi menjadi pesaing dari media sosial Snapchat. Walaupun Instagram membantah dirinya meniru Snapchat, pada akhirnya semua orang lebih memilih menggunakan Stories. Nah, hari ini pada tanggal 21 Juni 2018, Instagram mengeluarkan IGTV, sebuah fitur yang mengizinkan lo upload video berdurasi hingga satu jam. Dengan ini, Instagram secara resmi menantang YouTube, Vimeo, dan beberapa platform video streaming lain.

Update Instagram lo sekarang juga

Jika lo membuka Play Store di Android atau App Store di iOS dan menemukan ada notifikasi update dari Instagram, itu berarti lo mendapatkan fitur IGTV. Dalam aplikasi yang sudah di-update, ketika lo pertama kali membuka Instagram, lo akan langsung melihat IGTV. Dalam IGTV ini, lo bisa memilih beberapa kategori seperti For You, Following, Continue Watching, atau Popular untuk melihat video yang sedang trending.

Mirip seperti Instagram sebelumnya, lo bisa like, comment, dan DM ke temen lo. Ini merupakan cara yang lebih private agar lo bisa lebih dekat dengan para konten kreator. Untuk melihat IGTV, lo bisa menekan tombol mirip televisi di kanan atas.

Nggak hanya berguna bagi content creator lama

IGTV ini bisa menjadi jembatan bagi orang-orang yang malas menggunakan YouTube karena kurangnya interaksi atau subscriber. Nggak perlu membuat akun baru, lo bisa langsung membuat channel di IGTV yang terkoneksi langsung dengan akun Instagram lo. Dengan begitu, lo bisa langsung mendapatkan followers dan lebih percaya diri untuk membuat konten video yang panjang.

Jadi, sisi positif dari IGTV adalah fitur baru ini nggak hanya cocok untuk para content creator lama, tetapi juga para content creator baru yang ingin membuat video. Ada tapinya nih Urbaners, video yang ada IGTV ini lebih cenderung ke vertical videos. Walaupun bisa upload untuk landscape video, lo harus terbiasa untuk menggunakan video secara vertikal.

 

Source: elitedaily.com

Pakai Fitur Auto-Delete dari Google untuk Jaga Privasi Saat Berinternet

Tue, 21 July 2020
Seseorang membuka laman Google di smartphone

Saat lo surfing di internet, sudah wajib hukumnya untuk menjaga keamanan data pribadi. Untuk membantu lo memastikan privasi dan data pribadi aman, Google hadirkan fitur auto-delete. Fitur ini memberikan lo opsi untuk merekam atau tidak jejak aktivitas berinternet, termasuk riwayat lokasi di mana lo berinternet.

Dengan fitur auto-delete Google, lo bisa memilih sendiri berapa lama lo akan menyimpan data aktivitas internet lo. Pilihannya mulai dari rentang waktu 3 hingga 18 bulan. Kalau data lo lebih dari masa waktu simpan tadi, Google bakal otomatis menghapus data aktivitas internet lo.

 

Dihapus dari Server

Seseorang membuka laman Google di smartphone dan laptop 

Buat lo yang bertanya-tanya apakah menghapus data aktivitas internet bisa mengamankan data pribadi lo? Jawabannya, iya! Kebijakan privasi Google semakin diperketat dengan adanya fitur ini. Jadi saat lo menghapus data lo, sebagian data di server Google akan terhapus, dan sebagian data lagi hanya tersimpan dalam bentuk anonim.

Data yang akan terhapus adalah data-data dari aktivitas internet lo, sementara data yang tersimpan ini terkait data olahan, seperti data yang menunjukkan traffic site suatu website di satu negara yang kebetulan website itu juga lo kunjungi.

Google juga bakal menyimpan data dalam bentuk anonim tentang seberapa sering lo menghabiskan waktu berinternet dan menggunakan Google. Tapi tenang aja, Google nggak akan menyimpan informasi apa yang lo googling saat lo hapus dengan fitur auto delete.

 

Penggunaan di Desktop

Seseorang membuka laman Google di laptop 

Selain bersifat otomatis dihapus berdasarkan rentang waktu, penghapusan data aktivitas internet juga bisa dilakukan secara manual. Caranya cukup dengan membuka akun Google lo, lalu masuk ke menu Data & Personalization di bagian kiri atas. Setelah itu, pilih menu Activity and Timeline, lalu buka sub menu My Activity. Ketuk tiga titik di bagian kanan, kemudian pilih Delete Activity by.

Lo bisa atur sampai sejauh mana aktivitas berinternet yang mau lo hapus. Sesaat sebelum benar-benar dihapus, lo akan kembali diminta konfirmasi apakah sudah yakin akan menghapus riwayat aktivitas berinternet lo. Kalau sudah yakin, lo tinggal confirm dengan klik Delete dan semua data aktivitas lo bakal terhapus.

 

Fitur Auto Delete di Android dan iOS

Tampilan setting auto delete Google di smartphone

Cara menggunakan fitur auto delete Google bisa di smartphone Android atau iOS nggak begitu berbeda. Bagi pengguna Android, lo bisa masuk ke akun Google lo dan mengikuti langkah yang sama persis dengan yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

Sementara untuk pengguna iOS, baik itu di iPhone atau di iPad, lo bisa masuk dari setelan akun di Gmail lalu pilih Manage Your Google Account. Kalau lo nggak punya Gmail, lo bisa set fitur ini dengan masuk ke laman Google dan terapkan langkah-langkah yang sama dengan penerapan di desktop tadi.

 

 

 

Sources: TirtoID, CNN Indonesia, Teknologi.id