• Techno
  • Kenalan Lebih Jauh dengan Bapak Instagram Indonesia, Boylagi

Kenalan Lebih Jauh dengan Bapak Instagram Indonesia, Boylagi

Wed, 30 October 2019
Boylagi dalam salah satu postingan Instagramnya

Nama Boylagi sudah tidak asing di jagat Instagram tanah air. Lewat akunnya @boylagi, pria bernama asli Hardiyanto ini sukses memberikan inspirasi kepada masyarakat luas melalui foto unggahannya. Di samping aktif di Instagram, Boylagi juga punya kesibukan lain yaitu bekerja di perusahaan ekspedisi internasional.

Bermula dari Hobi Fotografi

Kualitas postingan di akun Instagram Boylagi memang nggak diragukan lagi. Pemilihan angle yang unik serta sisipan emosi pada tiap gambarnya menjadi kekuatan Boylagi. Kemampuan Boylagi dalam mengolah foto tersebut nggak datang tiba-tiba lho, Urbaners! Hal tersebut merupakan hasil dari latihan rutin yang dia lakukan saat menekuni hobi fotografi sejak tahun 2012 lalu. Boylagi mengaku mencintai fotografi sejak dirinya tahu mengenai sosial media bernama Instagram. Sejak saat itulah dirinya rajin memposting unggahan yang inspiratif.

Alasan Menggunakan Instagram

Ada banyak alasan mengapa orang lebih menggunakan Instagram daripada media sosial lainnya. Begitu pula yang dialami oleh Boylagi. Menurutnya, Instagram memiliki banyak fitur untuk memfilter foto yang akan di unggah, termasuk unsur retro tone yang membuatnya makin tertarik.

Selain itu, Instagram juga sangat mudah untuk menghubungkan masyarakat. Boylagi merasa bahwa pesan-pesan yang ia ingin sampaikan bisa ter-deliver dengan mudah melalui foto dan video yang diunggahnya.

Instagram juga memiliki arti penting dalam hidup kehidupan sosial Boylagi. Ia banyak menemukan teman baru, pengalaman mengesankan, dan kesempatan baik semua melalui Instagram.

Mendapat Julukan Bapak Instagram Indonesia

Pose Boylagi saat Bergaya ala Barista

Saking tenarnya di jagat Instagram, Boylagi dijuluki sebagai Bapak Instagram Indonesia. Sebenarnya, hal julukan tersebut tersemat pada dirinya karena hal yang cukup unik, yakni ketika dirinya bertemu dengan sosok Eri yang nggak lain adalah Community Manager Instagram untuk wilayah Asia. Eri-lah yang pertama kali mengambil gambar Boylagi dan mempostingnya di Instagram dengan hashtag #papainstameet. Sejak saat itulah, dirinya mulai dikenal publik dengan sebutan Bapak Instagram Indonesia.

Menurutnya, julukan tersebut terasa cukup berlebihan karena merasa masih banyak orang lain yang lebih layak. Walaupun begitu, Boylagi tetap merasa bahwa Instagram merupakan media yang menyenangkan. Bagi Boylagi, Instagram banyak berjasa dalam menyatukan orang-orang untuk bertemu di tempat ngopi untuk bercengkerama dan sejenak lepas dari gadget.

Kabarnya nih Urbaners, Boylagi bakalan jadi kurator di MLDSPOT Content Hunt Season 3. Seperti apa keseruan dan informasi lengkap mengenai event ini? Lo bisa klik di sini.

Source: Kanekin.co

Facebook Kembangkan Fitur E-Commerce untuk Platformnya

Thu, 04 June 2020
Mark Zuckerberg dengan baju biru, berbicara di depan layar biru bertuliskan Facebook

Adanya pandemi COVID-19 membuat segala aktivitas jadi terhambat. Terutama aktivitas dagang yang jadi terganggu karena adanya himbauan untuk tetap diam di rumah saja. Untungnya, barang-barang kebutuhan masih bisa dibeli secara online. Lo juga pasti sering berbelanja online #MumpungLagiDirumah saja, kan?

Muncul lagi satu layanan e-Commerce baru yang bisa lo coba, yakni Facebook Shops. Facebook bekerja sama dengan Shopify, BigCommerce, dan Woo membentuk fitur baru ini untuk memudahkan operasional bisnis di tengah pandemi ini.

 

Shops Sebagai Solusi Bisnis di Tengah Pandemi

Tampilan Shops di Facebook dan Instagram yang terlihat dari tiga layar smartphone.

Pada Selasa (19/5), Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengumumkan hadirnya fitur e-Commerce bernama Facebook Shops. Berbeda dengan fitur marketplace yang sebelumnya sudah ada, Facebook Shops sendiri merupakan fitur e-Commerce kembangan tim Facebook yang bisa dipakai secara gratis, di mana segala proses jual-beli dilakukan langsung dalam Facebook.

Peluncuran fitur Shops ini dilakukan oleh Facebook sebagai solusi bagi para pemilik bisnis kecil yang kesulitan di tengah pandemi ini. “If you can’t physically open your store or restaurant, you can still take orders online and ship them to people,” ungkap Mark Zuckerberg. Ia juga mengakui bahwa peluncuran ini terkesan tergesa-gesa, namun dianggap perlu agar bisa membantu kelangsungan bisnis-bisnis yang merugi.

Di sisi lain, fitur Shops ini juga menjadi langkah pintar bagi Facebook, mengingat e-Commerce merupakan segelintir industri yang diuntungkan di kala pandemi. Sebut saja Amazon dan Etsy, dua kompetitor Facebook yang keuntungannya bahkan dua kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hadirnya Facebook Shops menjadi simbol resmi bahwa Facebook siap “bertarung” menghadapi Amazon.

 

Terhubung dengan Aplikasi Facebook dan Instagram

Tampak toko online di Facebook Shops yang terlihat dari sebuah layar smartphone

Nggak hanya melalui Facebook saja, tetapi Zuckerberg juga mengatakan bahwa fitur Shops ini akan hadir di Instagram. Orang-orang bisa membuka toko online dan meng-upload katalog di Facebook Shops secara gratis, begitu pula di Instagram. Nantinya, para pembeli bisa melakukan transaksi layaknya di aplikasi e-Commerce di kedua platform media sosial ini.

Rencananya, pengguna bisa mencantumkan daftar barang dan harga secara langsung di halaman Facebook, profil Instagram, dan story Instagram. Selain itu, para pengguna juga bisa memesan fitur iklan di Facebook dan Instagram untuk memasarkan toko online mereka. Itu juga sebabnya mengapa Facebook Shops gratis untuk digunakan.

 

Fitur-Fitur yang Tengah Dikembangkan

Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur Shops dalam sebuah livestream

Facebook Shops memang sudah diluncurkan, tetapi masih banyak fitur-fitur yang sedang dikembangkan oleh Facebook. Salah satunya adalah layanan pelanggan melalui chatting. Selanjutnya, para pembeli bisa melakukan tracking order bahkan langsung melakukan transaksi dari fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct Message untuk berjualan. Lebih keren lagi, barang-barang tersebut juga bisa di-tag selama livestream, sehingga orang bisa langsung membelinya dalam sekali klik.

Nggak hanya itu, Facebook juga sedang mengembangkan program loyalitas dan reward untuk menarik lebih banyak lagi pembeli dan penjual ke dalam Facebook Shops. “You’ll be able to easily see and keep track of your points and rewards,” ujar Zuckerberg dalam livestream. Tentu saja program ini bisa disesuaikan sendiri oleh pemilik bisnis. 

 

 

Sources: The Verge, CNBC, Business Insider