• Techno
  • Laptop dengan Baterai Paling Awet Versi 2019

Laptop dengan Baterai Paling Awet Versi 2019

Tue, 01 October 2019
Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon dengan fitur RapidCharge untuk pengisian daya baterai lebih cepat.

Bukan hal yang aneh jika daya baterai menjadi salah satu pertimbangan buat lo yang sedang mencari laptop. Apalagi kalau lo termasuk orang yang menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari mengerjakan tugas kuliah, streaming lagu di spotify, sampai nonton serial terbaru di channel Netflix. Nah, dari kelas high-level performance, MacBook Pro 15 inci mungkin jadi juaranya. Tapi, harga jual yang terbilang cukup tinggi bikin lo berpikir dua kali buat melakukan pembelian.

Beruntung rekomendasi 4 laptop kelas menengah berikut ini juga hadir dengan daya tahan baterai paling awet. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu!

 

LG Gram 14 2-in-1

Pengguna LG Gram 14 2-in-1 bisa memutar layar laptop hingga 360 derajat seperti Tablet

LG Gram 14 2-in-1 kabarnya memiliki daya tahan baterai yang awet hingga 21 jam pemakaian. Persis seperti namanya, ini adalah perangkat convertible yang juga bisa difungsikan sebagai PC Tablet. Pasalnya, layar sentuh pada laptop LG terbaru ini bisa dilipat hingga 360 derajat. Tambahan stylus pen yang diberikan bakal bantu lo mengoperasikan perangkat ini lebih leluasa.

 

Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Tampilan Lenovo ThinkPad X1 Carbon jika sedang nggak dilipat.

Urbaners, dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, Lenovo melalui seri laptop ThinkPad X1 Carbon menanamkan teknologi Power Manager yang bikin pemakaian baterainya lebih rendah. Artinya, lo bisa memakai laptop ini untuk berbagai keperluan tanpa harus mengisi daya baterainya berulang kali. Kalau pun harus melakukan charging, laptop yang satu ini sudah dibekali Fitur RapidCharge untuk menambahkan 80% daya baterai hanya dalam kurun waktu sekitar 35 menit.

 

Samsung Notebook 9 Pro

Tampilan Samsung Notebook 9 Pro yang hadir dengan Stylus Pen untuk penggunaan lebih leluasa.

Diperkenalkan kepada publik pada penyelenggaraan CES 2019, Samsung Notebook 9 Pro digadang-gadang sebagai laptop paling canggih dan punya baterai paling awet tahun ini. Dibekali kapasitas baterai 55 Wh, lo bisa memakai perangkat ini hingga 14 jam non-stop. Adanya fitur fast-charging juga bakal bantu lo mengisi ulang daya baterai hingga penuh kurang dari 30 menit.

 

LG Gram 17

LG Gram 17 terlihat sleek dan modern dengan warna hitam dan abu-abu gelap saat sedang nggak dilipat

Diklaim bisa digunakan hingga 19,5 jam lamanya, seri laptop LG Gram 17 ini menggunakan baterai berkapasitas 72Wh. Meski ukuran layarnya terbilang cukup besar di angka 17 inci, laptop ini bobotnya hanya 1,34 kg atau sama dengan bobot MacBook Air 13 inci tipe terdahulu. Nggak heran kalau LG Gram 17 disebut-sebut sebagai laptop 17 inci paling ringan di dunia. Dari segi performa, laptop yang satu ini sudah didukung prosesor Intel Core i7 dengan kapasitas RAM sebesar 16 GB. Sementara sistem operasinya menggunakan Windows 10.

 

Urbaners, di antara beberapa pilihan laptop dengan baterai paling awet tadi, mana yang bakal jadi pilihan lo?

 

 

Source: cnet.com

Xirka, Chipset Buatan Anak Bangsa

Friday, January 24, 2020 - 16:11
Logo Xirka perpaduan abu-abu & oranye menempel di dinding

Jika membicarakan chipset untuk smartphone pastinya lo yang ngikutin perkembangan gadget udah nggak asing lagi dengan brand seperti Qualcomm atau MediaTek. Chipset dari brand tersebut memang merajai pasar dan telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone dari merek terkenal. Namun, ternyata anak bangsa juga memiliki perusahaan chipset-nya sendiri yang disebut dengan Xirka.

Nama Xirka mungkin masih cukup asing di telinga banyak orang. Padahal brand yang satu ini telah merilis beberapa produknya ke pasaran. PT Xirka Silicon Technology sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu dan setelah 12 tahun beroperasi tentunya kini perusahaan itu semakin berkembang.

 

Produk Chipset Xirka Murni Buatan Anak Bangsa

Chipset Xirka berwarna hijau

Dalam memproduksi chipset-nya, Xirka nggak mengerjakannya sendirian. Mereka bekerja sama dengan Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroleketronika Institut Teknologi Bandung (ITB). Perancangan chipset Xirka sendiri dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan yang berada di Setrasari, Bandung.

Perusahaan yang satu ini memang memiliki fokus pada desain chipset dan salah produk yang dihasilkan adalan SIM card yang digunakan untuk smartphone. Di tahun 2012 lalu Xirka sudah mulai pengembangan dan produksi dari SIM Card mereka. Produk mereka pun sudah siap diluncurkan dan diproduksi massal. Menariknya kapastitas dari produksinya pun langsung terbilang cukup banyak yaitu hingga 100 juta unit chipset per tahunnya.

 

SIM Card dari Xirka Miliki Banyak Keunggulan

Chipset keluaran dari Xirka ini nggak kalah dengan chipset dari perusahaan luar negeri dan memiliki beberapa keunggulan. Dalam hal keamanan SIM Card dari Xirka juga disebut paling aman karena telah dipasang beberapa fitur keamanan seperti Secured Memory Bus, DES, 3DES hingga True Random Generator. Selain itu, chipset karya anak bangsa ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang bisa menjamin bisa komunikasi dengan BTS dari operator berstandar GSM.

Chipset untuk SIM Card dari Xirka memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga telah sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari para operator yang ada di dalam negeri. Nggak hanya itu saja rupanya Sim Card dari Xirka juga telah dilengkapi dengan Internal Flash Memory 136 Kbyte yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

 

Beberapa Produk dari Xirka

Xirka telah merilis beberapa produknya mulai dari SIM Card hingga Smartcard.

Selain SIM Card, rupanya Xirka juga telah membuat produk-produk lain yang sangat inovatif dan berguna. Di tahun 2017 lalu mereka telah merilis chipset SCard XCT136 yang digunakan untuk kartu identitas para mahasiswa. Chipset SCard tersebut merupakan tipe smartcard. Produk smartcard dari Xirka pun telah digunakan oleh beberapa universitas populer Tanah Air seperti Universitas Indonesia, Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain SIM Card dan smartcard, rupanya Xirka juga menyediakan chipset NFC yang berguna untuk mendukung aplikasi smartphone. Nggak berhenti di situ, Xirka juga telah memproduksi chipset untuk peralatan rumah tangga seperti AC, TV hingga lemari es.

Keren banget ya Urbaners, karya anak bangsa tersebut!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesi.id, inet.detik.com