• Techno
  • Lebih Asyik Dengarkan Lagu Lewat YouTube Music

Lebih Asyik Dengarkan Lagu Lewat YouTube Music

Fri, 08 November 2019
Logo YouTube Music dengan warna merah dan putih yang dipajang di sebuah tempat.

Para penggemar musik punya opsi baru untuk mendengarkan lagu. Nggak lagi terbatas antara Spotify atau Apple Music saja, sekarang lo juga bisa menggunakan YouTube Music! Setelah dirilis di beberapa negara terlebih dulu, Google resmi meluncurkan layanan streaming musik ini ke Indonesia. Mereka menilai kalau industri musik di Indonesia, khususnya di sektor streaming, punya potensi cukup besar.

 

Dilengkapi Fitur Pencarian ala Google

Tampilan salah satu halaman di aplikasi mobile YouTube Music.

Pada dasarnya, YouTube Music nggak jauh berbeda dari Spotify. Lo bisa mendengarkan musik secara gratis diselingi iklan. Tapi kalau nggak mau mendengar iklan, lo bisa berlangganan YouTube Music Premium dengan membayar sekitar Rp59.000 per bulan.

Bedanya, YouTube Music memiliki fitur pencarian ala Google, jadi lo bisa mencari konten musik apa pun dengan memasukkan keywords di aplikasi. Misalnya, lo nggak tahu judul lagu yang mau diputar, lo bisa mencarinya dengan mengetikkan lirik lagu yang dimaksud. Menurut Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski, layanan streaming musik satu ini dibekali dengan Google Smart Search sehingga bisa melacak dan memahami konten musik apa yang dicari pengguna.

 

Tombol untuk Beralih Mode Audio/Video

Keunggulan lain dari YouTube Music terletak pada tombol khusus yang memungkinkan lo untuk beralih antara mode Audio atau Video. Lo bisa dengan mudah berpindah dari mendengarkan lagu ke video musik atau sebaliknya, sehingga menambah keunikan pada pengalaman mendengarkan dan menonton musik. Namun, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna YouTube Music Premium dan YouTube Premium.

 

Cari Tahu Video Terbaru dan terpopuler

Tampilan aplikasi YouTube Music jika dibuka dari smartphone.

Sama seperti Spotify dan Apple Music, YouTube Music juga menghadirkan fitur chart musik atau tangga lagu. Diperkenalkan dengan nama Hotlist, lo bisa mengetahui video terbaru dan terpopuler apa saja yang masuk ke daftar tersebut. Kategori Hotlist-nya pun bermacam-macam. Di Indonesia, misalnya, nantinya YouTube Music bakal menampilkan kolom Hotlist Pop Indonesia, Hotlist Indie Indonesia, Hotlist Rock Indonesia, Hotlist Heavy Rock Indonesia, dan sebagainya.

 

YouTube Music sudah bisa secara resmi lo gunakan untuk mendengarkan musik secara streaming di Indonesia. Langsung saja download aplikasinya melalui App Store atau Google Play Store. Let us know what you think!

 

 

Sources: tirto.id, tekno.kompas.com

4 Trik untuk Fitur di Instagram yang Lo Harus Tahu

Thu, 28 May 2020
Seseorang terlihat sedang akan login menggunakan aplikasi Instagram

Suka bikin konten-konten menarik dan seru di akun lo sendiri #MumpungLagiDirumah saja? Jangan sampai lo nggak tahu beberapa hidden tricks di Instagram. Sama halnya dengan sosial media lain, seperti Twitter atau Facebook, Instagram juga hadir dengan fitur-fitur yang lo butuhkan untuk preferensi akun lo sendiri. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa lo coba untuk akun Instagram lo.

 

Filter Comment di Instagram

Tampilan kolom komentar di aplikasi Instagram

Faktanya, kolom komentar lo di Instagram selain bisa dinonaktifkan, tetapi juga bisa lo filter. Sistem filter yang diterapkan oleh Instagram ini memungkinkan lo untuk menyaring komentar berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu. Ini bisa jadi fitur bermanfaat untuk menghindari komentar jahat, serta hal lain yang nggak lo inginkan ada di kolom komentar lo.

Lo bisa atur ini di aplikasi Instagram di smartphone lo dengan masuk ke pilihan Settings, lalu masuk menu Privacy. Di bagian Interactions, lo pilih menu Comments. Di menu ini, lo akan temukan Manual Filter. Jika diaktifkan, bisa lo isi dengan keyword tertentu yang lo nggak inginkan ada di kolom komentar lo sendiri.

 

Edit Foto Tanpa Mengunggah

Seseorang membuka laman profil @instagram

Nggak sedikit pengguna Instagram yang menyukai kualitas foto yang dihasilkan oleh fitur editing yang dimiliki aplikasi ini. Ditambah lagi beberapa fitur filter yang menghasilkan foto dengan sentuhan estetis. Kalau mengaplikasikan filter di story Instagram, memang mudah karena ada tombol save untuk menyimpan gambar yang sudah lo ambil dengan filter tertentu. Beda ceritanya dengan fitur editing pada unggahan feed.

Ada cara yang bisa lo lakukan untuk mengedit foto tanpa harus mengunggah foto tersebut ke laman Instagram. Pastikan saja akun Instagram lo sudah aktif untuk aturan Save Original Post. Berikutnya, lo tinggal mengedit foto tertentu yang lo inginkan. Sebelum diunggah, lo ganti mode ponsel lo ke mode pesawat. Saat foto akan diunggah, akan ada notifikasi bahwa proses mengunggah gagal. Namun, foto yang sudah lo edit kini tersimpan di galeri ponsel.

 

Spasi Antar Paragraf di Caption

Tampilan laman feed dari aplikasi Instagram

Barangkali lo juga sadar saat membuat caption di Instagram, lo nggak bisa membuat jarak antar paragraf. Nggak heran beberapa pengguna menggunakan titik sebagai jarak antar paragraf. Beberapa dari lo mungkin masih melakukan hal ini saat menggunggah di laman Instagram lo sendiri, tetapi ada yang sudah berubah.

Sekarang, lo sudah bisa membuat caption dengan paragraf berjarak di Instagram. Pastikan saja aplikasi Instagram yang terinstal di smartphone lo adalah aplikasi dengan versi terbaru. Di versi terbarunya, semua pengguna Instagram bisa membuat paragraf berjarak di caption mereka. Kalau lo masih nggak bisa, berarti aplikasi lo perlu di-upgrade.

 

Menyembunyikan Tagged Photos

Tampilan laman profil akun di Instagram yang diakses dari ponsel

Beberapa dari lo barangkali nggak begitu suka tagged photos dari teman lo, bahkan beberapa pengguna Instagram yang nggak lo kenal. Tetapi, tagged photos ini bakal masuk di section tagged di profil lo dan bisa dilihat siapa saja yang masuk ke laman profil lo. Tenang, Bro. Ini bisa lo sembunyikan dan lo hapus sama sekali dari profil lo.

Caranya, lo buka laman profil lo dan masuk section tagged photos. Lalu, klik tiga titik di kanan atas postingan. Di sana akan ada pilihan Hide Options. Lo bisa pilih untuk Remove me from post, alias hapus tag sama sekali atau sekadar menyembunyikan foto tersebut dari laman profil lo dengan memilih Hide from profile.

 

 

Sources: Hubspot, OwlMetrics, Popsci