Home Techno Lebih Asyik Dengarkan Lagu Lewat YouTube Music
Logo YouTube Music dengan warna merah dan putih yang dipajang di sebuah tempat.

Lebih Asyik Dengarkan Lagu Lewat YouTube Music

Friday, November 8, 2019 - 16:06
Bagikan
Facebook Twitter Email

Para penggemar musik punya opsi baru untuk mendengarkan lagu. Nggak lagi terbatas antara Spotify atau Apple Music saja, sekarang lo juga bisa menggunakan YouTube Music! Setelah dirilis di beberapa negara terlebih dulu, Google resmi meluncurkan layanan streaming musik ini ke Indonesia. Mereka menilai kalau industri musik di Indonesia, khususnya di sektor streaming, punya potensi cukup besar.

 

Dilengkapi Fitur Pencarian ala Google

Tampilan salah satu halaman di aplikasi mobile YouTube Music.

Pada dasarnya, YouTube Music nggak jauh berbeda dari Spotify. Lo bisa mendengarkan musik secara gratis diselingi iklan. Tapi kalau nggak mau mendengar iklan, lo bisa berlangganan YouTube Music Premium dengan membayar sekitar Rp59.000 per bulan.

Bedanya, YouTube Music memiliki fitur pencarian ala Google, jadi lo bisa mencari konten musik apa pun dengan memasukkan keywords di aplikasi. Misalnya, lo nggak tahu judul lagu yang mau diputar, lo bisa mencarinya dengan mengetikkan lirik lagu yang dimaksud. Menurut Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski, layanan streaming musik satu ini dibekali dengan Google Smart Search sehingga bisa melacak dan memahami konten musik apa yang dicari pengguna.

 

Tombol untuk Beralih Mode Audio/Video

Keunggulan lain dari YouTube Music terletak pada tombol khusus yang memungkinkan lo untuk beralih antara mode Audio atau Video. Lo bisa dengan mudah berpindah dari mendengarkan lagu ke video musik atau sebaliknya, sehingga menambah keunikan pada pengalaman mendengarkan dan menonton musik. Namun, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna YouTube Music Premium dan YouTube Premium.

 

Cari Tahu Video Terbaru dan terpopuler

Tampilan aplikasi YouTube Music jika dibuka dari smartphone.

Sama seperti Spotify dan Apple Music, YouTube Music juga menghadirkan fitur chart musik atau tangga lagu. Diperkenalkan dengan nama Hotlist, lo bisa mengetahui video terbaru dan terpopuler apa saja yang masuk ke daftar tersebut. Kategori Hotlist-nya pun bermacam-macam. Di Indonesia, misalnya, nantinya YouTube Music bakal menampilkan kolom Hotlist Pop Indonesia, Hotlist Indie Indonesia, Hotlist Rock Indonesia, Hotlist Heavy Rock Indonesia, dan sebagainya.

 

YouTube Music sudah bisa secara resmi lo gunakan untuk mendengarkan musik secara streaming di Indonesia. Langsung saja download aplikasinya melalui App Store atau Google Play Store. Let us know what you think!

 

 

Sources: tirto.id, tekno.kompas.com