Home Techno Lebih Hemat Data, Spotify Lite Resmi Hadir di Indonesia
Lebih Hemat Data, Spotify Lite Resmi Hadir di Indonesia

Lebih Hemat Data, Spotify Lite Resmi Hadir di Indonesia

Tuesday, July 16, 2019 - 14:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bagi para penggemar musik, Spotify sudah menjadi salah satu aplikasi yang harus ada di perangkat smartphone. Masalahnya, aplikasi Spotify memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu mencapai kurang lebih 100 MB. Hal ini tentu jadi masalah sendiri buat lo yang punya kapasitas memori terbatas pada smartphone. Sebagai solusi, Spotify pun akhirnya menghadirkan aplikasi Spotify Lite dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

 

Hanya berukuran 10MB

Hanya berukuran 10MB

Spotify Lite hadir dalam ukuran 10 MB saja, Urbaners. Bagi yang sebelumnya sudah mengunduh aplikasi Spotify reguler, lo masih bisa mengunduh Spotify Lite secara terpisah. Sayangnya, saat ini Spotify Lite masih tersedia untuk perangkat Android versi 4.3 ke atas. Belum ada kabar kapan pengguna iOS bisa ikut menikmatinya. Dengan ukuran yang lebih kecil ini, Spotify Lite diklaim bisa lebih hemat data dan ramah koneksi, khususnya di daerah dengan jaringan yang belum stabil.

 

Menyuguhkan fitur yang berbeda

Menyuguhkan fitur yang berbeda

Karena ukurannya dipangkas hingga sekitar 10 MB, Spotify Lite pun menawarkan fitur yang berbeda dari versi regulernya. Salah satunya adalah pengaturan batas maksimum kuota bulanan untuk streaming. Ada 6 pilihan yang tersedia, mulai dari 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, hingga 3 GB.

Namun, ada juga beberapa fitur yang dihilangkan. Lo nggak lagi bisa mengunduh lagu di Spotify Lite karena mode offline dihapus. Fitur Spotify Connect juga nggak ada di Spotify Lite, sehingga lo nggak bisa menyambungkan akses playback Spotify dari smartphone ke laptop. Selain itu, musik di Spotify Lite hanya bisa diputar dalam kualitas standar.

 

Sempat diluncurkan diam-diam dalam bentuk beta

Sempat diluncurkan diam-diam dalam bentuk beta

Spotify Lite sudah resmi diluncurkan di Indonesia sejak awal Juli 2019 lalu. Namun, sebetulnya versi beta-nya sendiri pernah diam-diam dirilis pada tahun 2018. Selain Indonesia, Spotify Lite juga bisa dinikmati oleh lebih dari 30 negara lain di dunia. Jangkauannya mencapai Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Dalam beberapa bulan mendatang, kabarnya Spotify Lite juga bakal diluncurkan di negara-negara lain.

 

Spotify Lite menjadi solusi buat lo yang ingin mendengarkan musik tanpa harus khawatir kehilangan banyak space di smartphone. Segera download di perangkat Android lo, Urbaners!

 

 

Sources: medcom.id, tekno.kompas.com