Home Techno Mark Zuckerberg Diminta Mundur Jadi CEO

Mark Zuckerberg Diminta Mundur Jadi CEO

Thursday, November 22, 2018 - 14:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, media sosial yang membawanya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Tapi siapa sangka ternyata Facebook menjadi bumerang bagi Mark. Pada tahun 2016 kemarin, dari laporan yang dibuat oleh Rusia, Facebook dinilai mendukung Donald Trump untuk menjadi presiden Amerika Serikat. Walaupun Mark mengatakan tuduhan tersebut nggak mendasar, tetapi citra buruk Facebook sudah tercoreng.

Setelah tuduhan tersebut, tahun 2017 Facebook mendapatkan masalah soal privasi. Cambridge Analytica berhasil mencuri data 1 juta pelanggan Facebook. Dari dua masalah tersebut, dilaporkan dari indiatimes.com bahwa Mark Zuckerberg diminta untuk mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban dari banyaknya masalah yang muncul.

Diminta mundur oleh investor

Ketika mendirikan Facebook pada tahun 2004, Mark Zuckerberg memang mempunyai 60% saham. Dari jumlah tersebut, Mark nggak akan dipecat oleh siapa pun. Tetapi sekarang sudah berubah, pada bulan April 2018 kemarin dilaporkan Mark hanya mempunyai sekitar 28,2% saham Facebook. Dari jumlah yang jauh berkurang tersebut, membuat Mark bisa dipecat kapan saja.

Jonas Kron, presiden dari Trillium Asset Management, salah satu investor yang juga memiliki 8,5 juta euro saham Facebook, mengatakan Facebook sedang mengumpulkan kepingan salju yang lama-lama akan berubah menjadi bola salju yang sangat besar.

“Facebook membutuhkan seorang chairman dan CEO yang berbeda,” ujar Jonas Kron.

Facebook memang sedang berupaya keras untuk memperbaiki masalah yang sedang dihadapi. Pada bulan September kemarin, Facebook meng-hire Sir Nick Clegg sebagai Head of Policy and Communications.

Belum ada kabar dari Mark Zuckerberg

Memang sekarang Mark Zuckerberg berperan sebagai chairman dan juga CEO. Jadi, semua langkah yang dilakukan Facebook, persetujuannya berada di bawah Mark Zuckerberg. Nah, permintaan para investor ini adalah Mark nggak perlu lagi menjadi CEO tapi cukup menjadi chairman. Dari situ, Mark bisa lebih fokus untuk mengembangkan Facebook dari dalam.

Sampai sekarang Mark Zuckerberg belum menentukan sikap dan berkomentar tentang apa yang dikatakan para investor. Patut disimak nih, Urbaners.

 

Source: bbc.com