• Techno
  • Mozilla Luncurkan Firefox Quantum untuk Saingi Chrome

Mozilla Luncurkan Firefox Quantum untuk Saingi Chrome

Fri, 17 November 2017

Di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang, para penikmat teknologi selalu ingin sesuatu yang cepat. Bagi pengguna setia internet, pasti lo akrab dengan browser seperti Chrome, Microsoft Edge ataupun Firefox. Chrome tentu masih jadi browser nomor 1, tetapi kali ini Chrome bakal dapat pesaing. Mozilla, developer Firefox akan meluncurkan browser terbaru yaitu Firefox Quantum.

 

Firefox Quantum jadi update browser terbesar milik Mozilla

Setelah enam bulan mengalami perombakan, Mozilla akan merilis pembaruan yang kini disebut dengan nama Firefox Quantum. Pembaruan ini bakal jadi salah satu pembaruan browser besar-besaran yang sudah dilakukan oleh Mozilla sejak 2004. Khusus untuk pembaruan Firefox Quantum, Mozilla membutuhkan waktu sekitar kurang lebih enam tahun.

 

Firefox Quantum Dua Kali Lebih Cepat dari Seri Sebelumnya

Ngabisin waktu sekitar kurang lebih 6 tahun, rasanya nggak mungkin kalau nggak ada yang berubah melalui peluncuran ini. Mozilla mengklaim kalau browser terbarunya ini bisa bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Bahkan, kalau lo liat di situs resminya, Mozilla juga mengatakan kalau browser Quantum ini 30 persen lebih ringan dibandingkan pesaing utamanya, Google Chrome.

 

Nggak Hanya Soal Kecepatan, Firefox Quantum juga Memiliki Tampilan yang Baru

Perubahan paling mencolok lainnya ada pada tampilannya. Tampilan terbaru yang ada di Firefox Quantum disebut dengan Photon, jadi pengguna bisa memilih theme, item menu, dan desain tab yang baru, jadi bisa diharapkan meningkatkan efisiensi penggunanya.

Selain itu, Mozilla juga menonjolkan fitur Pocket yang bisa menyimpan artikel otomatis di dalam browser. Pocket sendiri sudah diakuisisi oleh Mozilla beberapa waktu yang lalu.

Nah, Urbaners, itulah beberapa hal yang perlu lo ketahui dari pembaruan browser Firefox Quantum. Browser ini sudah tersedia dalam platform desktop Windows, Mac, dan Linux, serta mobile Android dan iOS. Apakah lo mau coba?

 

Source: theverge.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com