Home Techno NASA Temukan Planet Baru Mirip Bumi, Bisa Ditinggali?

NASA Temukan Planet Baru Mirip Bumi, Bisa Ditinggali?

Wednesday, August 14, 2019 - 17:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

Belum lama ini NASA (National Aeronautics and Space Administration) atau Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan planet baru yang kabarnya layak untuk ditinggali. Dinamakan TOI 270 b, c, dan d, planet ini memiliki suhu sekitar 66 derajat Celcius dengan lapisan atmosfer yang cukup tebal. Artinya, planet baru temuan NASA ini juga memiliki persediaan air di permukaan planet, sehingga bisa ditinggali oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

 

Berlokasi Dekat Bintang GJ 357

Di antara 3 planet baru yang ditemukan NASA tersebut, TOI 270 d adalah yang paling diperhitungkan untuk jadi tempat tinggal baru bagi manusia. Pasalnya, selain memiliki lapisan atmosfer lebih tebal dibandingkan 2 planet baru lainnya, TOI 270 d juga dekat dengan bintang GJ 357. Nah, bintang ini memiliki suhu lebih dingin 40 persen dari bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Bintang kerdil tipe – M ini jaraknya ada di 31 tahun cahaya pada konstelasi Hydra.

 

Planet Terluar Dalam Sistem Tata Surya

Berdasarkan hasil pemantauan satelit pemburu planet (Transiting Exoplanet Survey Satellite/TESS), TOI 270 d merupakan salah satu planet exoplanet atau di luar sistem tata surya. Beberapa pengamat astronomi bahkan menyebutkan planet baru TOI 270 d ini merupakan mini Neptunus. Meskipun demikian, planet baru ini punya ukuran yang mirip dengan bumi serta terletak dalam zona Goldilocks. Zona ini biasanya diberikan pada planet yang jaraknya nggak terlalu dekat atau jauh dari matahari, sehingga memungkinkan terjadinya perubahan iklim seperti Bumi.

Jaraknya 73 Tahun Cahaya dari Bumi

Urbaners, satelit pemburu planet (TESS) yang menemukan planet baru TOI 270 ini ternyata sudah dikirimkan NASA ke luar angkasa sejak awal tahun 2018 lalu. Perlengkapan canggih ini disebut-sebut bisa menemukan tempat tinggal alien. Menariknya, hasil pemantauan TESS justru bisa menemukan planet baru yang sangat mirip dengan Bumi. Jaraknya bahkan hanya 73 tahun cahaya, sehingga menjadikannya planet exoplanet terdekat yang pernah ditemukan.

 

Planet baru yang masih sulit dikunjungi

Meski dikatakan memiliki jarak yang cukup dekat dengan Bumi, ternyata nggak gampang buat berkunjung ke planet baru temuan NASA tersebut. Belum ada kendaraan luar angkasa yang bisa mengangkut manusia hingga menempuh jarak puluhan tahun cahaya. Jadi, penelitian lebih lanjut soal temuan planet baru TOI 270 ini masih sangat dibutuhkan sebelum manusia benar-benar bisa pindah dan tinggal di sana.

Kalau pada akhirnya planet baru TOI 270 bisa ditinggali, apakah lo juga berminat buat tinggal di sana, Urbaners?

 

Sources: cnnindonesia.com, voaindonesia.com, liputan6.com