• Techno
  • Official First Look on Apple iPhone 11!

Official First Look on Apple iPhone 11!

Wed, 11 September 2019
Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone 11 di Steve Jobs Theater, terlihat iPhone 11 hadir dalam banyak warna.

Keterangan: Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone 11 di Steve Jobs Theater, terlihat iPhone 11 hadir dalam banyak warna.

Apple akhirnya resmi meluncurkan jajaran iPhone terbaru pada Selasa (10 September 2019) waktu setempat atau Rabu pagi waktu Indonesia. Nggak lagi menggunakan angka Romawi (“X”) seperti pada iPhone sebelumnya, kali ini Apple menamakan smartphone unggulannya iPhone 11. Tentunya ada banyak upgrade yang disematkan di iPhone 11 ini, baik dari segi dapur pacu hingga kamera.

 

iPhone 11: Penerus iPhone XR dengan Kamera Canggih

iPhone 11 hadir memiliki kamera belakang ganda, hadir dalam warna hitam, merah, kuning, hijau, ungu, dan putih.

Banyak yang menganggap bahwa iPhone 11 cocok menjadi penerus dari iPhone XR karena memiliki harga yang relatif paling murah jika dibandingkan dengan lini iPhone 2019 lain. Namun, berbeda dari iPhone XR yang cuma punya 1 kamera utama, iPhone 11 dibekali dengan kamera belakang ganda. Kamera belakang iPhone 11 bersifat ultra-wide, dengan luas bidang pandang yang lebih lebar. Bahkan kamera ultra-wide ini mampu melakukan zoom-in dan zoom-out 2x ala kamera telephoto.

Nggak ketinggalan fitur-fitur penguat lain seperti sensor 12MP, gambar portrait dengan efek bokeh, time-lapse, hingga perekaman video resolusi 4K. Sedangkan, kamera depan iPhone 11 nggak cuma mampu mengambil mengambil foto secara True Depth, tapi juga merekam gambar slow motion 120 FPS. Spesifikasi ini disebut Apple sebagai slow selfie atau slofie.

 

Hadir dalam 3 Tipe, Spesifikasi Berbeda

Perbandingan antara iPhone 11, iPhone 11 Max, dan iPhone Max Pro.

Ada 3 smartphone yang diperkenalkan Apple di event rutin yang berlangsung di Steve Jobs Theater, Cupertino, AS itu. Selain iPhone 11, ada juga iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Jika dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Pro Max bisa dibilang lebih powerful. Kamera belakangnya mendapat tambahan sehingga total ada 3 kamera.

Dalam segi dapur pacu, keduanya dibekali dengan chipset A13 Bionic. Nggak ketinggalan layar OLED dengan tingkat kecerahan 1.200 nit dan kemampuan 15% efisiensi energi. Apple menyebut fitur ini sebagai Super Retina XDR Display, yang diklaim sebagai layar tertangguh di kelasnya. Nah, kalau dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 11 Pro diklaim lebih tahan lama hingga 4 jam dari XS. Sedangkan, iPhone 11 Pro Max diklaim 5 jam lebih tahan lama dari pada XS Max.

 

Harga Dibanderol Mulai 9 Jutaan Rupiah

Salah satu pembicara di event Apple mengumumkan harga masing-masing iPhone.

iPhone 11 dipasarkan dengan harga mulai dari 699 Dolar AS atau sekitar 9,79 juta Rupiah. Harga ini ternyata lebih murah 50 Dolar AS dari iPhone XR, Urbaners! Untuk iPhone 11 Pro, harganya mulai dari 999 Dolar AS atau setara 14 juta Rupiah. Sementara itu, harga iPhone 11 Pro Max dibanderol mulai dari 1099 Dolar AS atau sekitar 15,39 juta Rupiah.

 

Kabarnya, Apple akan membuka pre-order iPhone 11 pada 13 September 2019 mendatang. Belum tahu kapan Indonesia bakal kebagian iPhone 11 secara resmi. Apakah lo tertarik membelinya, Urbaners?

 

 

Sources: cnbcindonesia.com, tekno.kompas.com, cnnindonesia.co

Alih Wahana Karya Sastra Indonesia dalam Bentuk Audio di Sandiwara Sastra

Wed, 15 July 2020
Seorang pria sedang membuka Spotify

Anak radio pasti sudah nggak asing dengan sandiwara radio, sebuah pentas teatrikal yang dibuat dalam bentuk suara. Baru-baru ini, sandiwara radio kembali digarap dengan harapan anak-anak milenial dapat menikmati karya sastra dalam medium yang lebih relevan dengan mereka. Namun ada yang berbeda. Proyek bertajuk Sandiwara Sastra ini nggak hanya bisa lo nikmatin lewat radio saja, tetapi juga bisa melalui podcast budayakita di Spotify.

 

Kolaborasi Pemerintah dan Seniman

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Proyek alih wahana ini adalah hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Titimangsa Foundation serta KawanKawan Media. Setelah diumumkannya soal proyek sandiwara audio ini pada tanggal 6 Juli 2020 lalu, episode pertama Sandiwara Sastra resmi mengudara di Radio Republik Indonesia (RRI) dan podcast budayakita pada tanggal 8 Juli 2020.

Setiap episode sandiwara audio ini dikemas dalam tiga puluh menit yang akan rilis setiap hari Rabu. Gunawan Maryanto, seorang sutradara teater sekaligus aktor film senior akan menjadi sutradara dalam sandiwara audio ini. Tata musik dan suara juga akan digarap sedemikian rupa untuk menghadirkan emosi yang sesuai dengan suasana latar cerita tersebut.

 

Alih Wahana Karya Sastra

Tumpukan buku di rak yang dijual

Setiap cerita yang diangkat di Sandiwara Sastra diambil dari karya-karya sastra terkenal milik penulis Tanah Air, misalnya cerpen “Mencari Herman” yang ditulis Dewi Lestari, “Berita dari Kebayoran” milik Pramoedya Ananta Toer, “Kemerdekaan” dari Putu Wijaya, atau potongan-potongan novel “Ronggeng Dukuh Paruk” karya Ahmad Tohari, “Helen dan Sukanta” karya Pidi Baiq, dan juga “Lalita” karya Ayu Utami. Season pertama Sandiwara Sastra direncanakan akan berisi 10 episode.

Sandiwara audio ini akan melibatkan banyak aktor dan aktris Tanah Air, mulai dari aktor senior seperti Lukman Sardi dan Mathias Muchus, sampai aktor dan aktris muda seperti Iqbaal Ramadhan, Jefri Nichol, dan Pevita Pearce. Nama-nama besar lain di dunia film Indonesia seperti Reza Rahadian, Marsha Timothy, Vino G. Bastian, Oka Antara, Ario Bayu, Widi Mulia, Nicholas Saputra, dan jurnalis Najwa Shihab juga akan “bersuara” pada Sandiwara Sastra ini.

 

Episode Pertama

Cover episode pertama Sandiwara Sastra: Mencari Herman

Episode pertama Sandiwara Sastra diangkat dari cerpen milik Dewi Lestari, Mencari Herman, yang sebelumnya dimuat dalam buku kumpulan cerpen “Filosofi Kopi”. Dalam episode ini, narator diperankan oleh Widi Mulia, sementara Ario Bayu berperan sebagai Abang dan Pevita Pearce berperan sebagai Hera.

Berdurasi 29 menit, cerita ini berkisah tentang perjalanan panjang Abang dan Hera dalam mencari seseorang bernama Herman. Suara Ario Bayu yang terdengar berat dan hangat, serta suara Pevita Pearce yang manja namun lirih membuat pendengar dapat larut merasakan emosi yang dikembangkan oleh para pemain.

Bagaimana? Kalau lo sudah selesai mendengar episode perdana dari Sandiwara Sastra ini, jangan lupa untuk kembali mendengarkan episode terbaru yang rilis di hari Rabu setiap minggunya, ya Bro!

 

 

Sources: Urban Asia, Spotify, Liputan6