Home Techno Official First Look on Apple iPhone 11!
Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone 11 di Steve Jobs Theater, terlihat iPhone 11 hadir dalam banyak warna.

Official First Look on Apple iPhone 11!

Wednesday, September 11, 2019 - 21:48
Bagikan
Facebook Twitter Email

Keterangan: Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone 11 di Steve Jobs Theater, terlihat iPhone 11 hadir dalam banyak warna.

Apple akhirnya resmi meluncurkan jajaran iPhone terbaru pada Selasa (10 September 2019) waktu setempat atau Rabu pagi waktu Indonesia. Nggak lagi menggunakan angka Romawi (“X”) seperti pada iPhone sebelumnya, kali ini Apple menamakan smartphone unggulannya iPhone 11. Tentunya ada banyak upgrade yang disematkan di iPhone 11 ini, baik dari segi dapur pacu hingga kamera.

 

iPhone 11: Penerus iPhone XR dengan Kamera Canggih

iPhone 11 hadir memiliki kamera belakang ganda, hadir dalam warna hitam, merah, kuning, hijau, ungu, dan putih.

Banyak yang menganggap bahwa iPhone 11 cocok menjadi penerus dari iPhone XR karena memiliki harga yang relatif paling murah jika dibandingkan dengan lini iPhone 2019 lain. Namun, berbeda dari iPhone XR yang cuma punya 1 kamera utama, iPhone 11 dibekali dengan kamera belakang ganda. Kamera belakang iPhone 11 bersifat ultra-wide, dengan luas bidang pandang yang lebih lebar. Bahkan kamera ultra-wide ini mampu melakukan zoom-in dan zoom-out 2x ala kamera telephoto.

Nggak ketinggalan fitur-fitur penguat lain seperti sensor 12MP, gambar portrait dengan efek bokeh, time-lapse, hingga perekaman video resolusi 4K. Sedangkan, kamera depan iPhone 11 nggak cuma mampu mengambil mengambil foto secara True Depth, tapi juga merekam gambar slow motion 120 FPS. Spesifikasi ini disebut Apple sebagai slow selfie atau slofie.

 

Hadir dalam 3 Tipe, Spesifikasi Berbeda

Perbandingan antara iPhone 11, iPhone 11 Max, dan iPhone Max Pro.

Ada 3 smartphone yang diperkenalkan Apple di event rutin yang berlangsung di Steve Jobs Theater, Cupertino, AS itu. Selain iPhone 11, ada juga iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Jika dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Pro Max bisa dibilang lebih powerful. Kamera belakangnya mendapat tambahan sehingga total ada 3 kamera.

Dalam segi dapur pacu, keduanya dibekali dengan chipset A13 Bionic. Nggak ketinggalan layar OLED dengan tingkat kecerahan 1.200 nit dan kemampuan 15% efisiensi energi. Apple menyebut fitur ini sebagai Super Retina XDR Display, yang diklaim sebagai layar tertangguh di kelasnya. Nah, kalau dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 11 Pro diklaim lebih tahan lama hingga 4 jam dari XS. Sedangkan, iPhone 11 Pro Max diklaim 5 jam lebih tahan lama dari pada XS Max.

 

Harga Dibanderol Mulai 9 Jutaan Rupiah

Salah satu pembicara di event Apple mengumumkan harga masing-masing iPhone.

iPhone 11 dipasarkan dengan harga mulai dari 699 Dolar AS atau sekitar 9,79 juta Rupiah. Harga ini ternyata lebih murah 50 Dolar AS dari iPhone XR, Urbaners! Untuk iPhone 11 Pro, harganya mulai dari 999 Dolar AS atau setara 14 juta Rupiah. Sementara itu, harga iPhone 11 Pro Max dibanderol mulai dari 1099 Dolar AS atau sekitar 15,39 juta Rupiah.

 

Kabarnya, Apple akan membuka pre-order iPhone 11 pada 13 September 2019 mendatang. Belum tahu kapan Indonesia bakal kebagian iPhone 11 secara resmi. Apakah lo tertarik membelinya, Urbaners?

 

 

Sources: cnbcindonesia.com, tekno.kompas.com, cnnindonesia.co