• Techno
  • Teknologi Apa yang Paling Keren di CES 2018?

Teknologi Apa yang Paling Keren di CES 2018?

Fri, 12 January 2018
Teknologi Apa yang Paling Keren di CES 2018?

Urbaners, salah satu pameran teknologi terbesar di dunia, yaitu Consumer Electronic Show atau CES rutin digelar setiap tahunnya. CES 2018 sendiri digelar pada 9-12 Januari 2018 di Las Vegas. Beberapa kategori perusahaan, seperti transportasi, energi, keamanan publik, kesehatan bahkan pemerintahan turut hadir meramaikan event ini.

Event ini sering kali dijadikan acuan oleh para pelaku usaha industri teknologi dan inovasi dan pengambil kebijakan untuk mengantisipasi berbagai perkembangan teknologi. Biar nggak penasaran deretan teknologi paling keren ini bisa lo temukan di CES 2018.

 

Mobil elektrik Byton

Di CES 2018 lo bisa melihat mobil elektrik keluaran Byton yang terbaru. Perusahaan mobil asal China itu mengusung konsep SUV yang dapat digunakan untuk menempuh jarak perjalanan hingga 250 mil.  Kalau dilihat dari luar memang nggak ada yang terlihat istimewa, Urbaners, tapi di bagian dasbor mobil ini lo bisa menemukan sebuah layar sentuh berukuran cukup besar yang juga bisa dikendalikan melalui kombinasi aktivasi suara, pengenal wajah, dan kontrol berbasis isyarat.

 

Bellus3D

Bellus3D yang sudah mengembangkan teknologi face-scanning juga turut meramaikan CES 2018. Teknologi terbaru yang ditawarkan Bellus3D akan bekerja secara optimal di perangkat smartphone. Buat lo yang hobi fotografi, kamera canggih ini memiliki proyektor laser inframerah yang berfungsi untuk memproyeksikan banyak titik kecil yang nggak terlihat sehingga akan menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi tinggi.

 

LG

Perusahaan teknologi yang satu ini juga nggak mau ketinggalan. Dikabarkan LG akan memperkenalkan produk terbarunya berupa smart washer and dryer. Produk ini dirancang khusus buat orang-orang sibuk dan nggak punya banyak waktu buat mencuci pakaian kayak lo. Pasalnya, mesin cuci dan pengering keluaran LG ini bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi LG SmartThinQ yang bisa lo download di App Store maupun Google Play Store.

Urbaners, di era serba canggih seperti sekarang ini tentu aktivitas lo makin mudah. Selain tiga teknologi paling keren tadi, masih banyak teknologi lain yang nggak kalah canggih yang dipamerkan di CES 2018.  Pastikan lo terus mengikuti update terbaru event teknologi terbesar di dunia ini biar nggak ketinggalan jaman.

 

Source: cnet.com

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys