Home Techno Yuk Gunakan Safety Bomb Check di Facebook untuk Memperbaharui Status Lo
Yuk Gunakan Safety Bomb Check di Facebook untuk Memperbaharui Status Lo

Yuk Gunakan Safety Bomb Check di Facebook untuk Memperbaharui Status Lo

Tuesday, May 15, 2018 - 11:14

Urbaners, serangan bom bunuh diri di 3 gereja yang ada di Surabaya pada Minggu 13 Mei kemarin tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga korban serta seluruh rakyat Indonesia. Terkait musibah tersebut, Facebook mengambil langkah antisipasi untuk para penggunanya di sekitar area tersebut melalui fitur safety check. Seperti apa? Yuk simak!

 

Fungsi fitur safety sheck Facebook

Sebagai platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, fitur Safety Check yang diluncurkan oleh perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini bisa digunakan untuk memberitahukan teman dan saudara bahwa kondisi lo sebagai pemilik akun aman dari peristiwa pengeboman yang tengah terjadi.

 

Kirim notifikasi secara otomatis

Untuk penggunaannya, lo bisa memilih pesan 'Saya Aman' atau 'I am Safe'. Kalau lo memilih pesan tersebut, sistem secara otomatis bakal mengirimkan notifikasi kepada semua teman Facebook di akunnya yang menyatakan bahwa lo dalam keadaan baik-baik aja. Sebaliknya, kalau lo berada di daerah sekitar terjadinya ledakan bom maka notifikasi yang muncul bakal tertulis "Terjadi ledakan di ... beri tahu teman Anda baik-baik saja"

 

Sudah ada sejak tahun 2014

Urbaners, sebenarnya Safety Check ini bukanlah fitur baru yang diluncurkan oleh Facebook. Sejak tahun 2014, pengguna Facebook di seluruh dunia sudah bisa memanfaatkan fitur canggih ini saat berada di tengah suasana genting. Namun, pada November 2015 menjadi kali pertama Facebook mengaktifkan fitur ini tepatnya pada tragedi serangan bom bunuh diri di Paris, Perancis.

 

Menekan menyebarnya kabar hoax

Fungsi lain dari fitur Safety Check ini tentu aja untuk menekan menyebarnya kabar hoax yang seringkali memicu kepanikan berlebih di kalangan masyarakat. Lewat fitur ini lo bisa mengecek keadaan suatu lokasi dengan tepat. Pasalnya, Safety Bomb Check yang dikembangkan oleh Facebook ini terhubung langsung dengan satelit yang memantau kondisi yang terjadi di sekitar lo.

 

Dapat digunakan juga untuk peringatan bencana alam

Selain mengabarkan tentang terjadinya serangan atau kericuhan di suatu tempat, Safety Check Facebook juga berfungsi untuk memberikan peringatan terjadinya bencana alam. Beberapa waktu yang lalu pihak Facebook juga sudah mengaktifkan fitur ini pada musibah bencana alam, seperti banjir di Chennai India, gempa di tenggara India dan Taiwan Selatan.

 

Urbaners, apapun yang terjadi semoga seluruh masyarakat Indonesia tetap bersatu dan tidak mudah diadu domba oleh pihak manapun. Be safe everyone!

 

Source: detik.com