Jelajah Pulau Sumba yang Pendiam - MLDSPOT

Jelajah Pulau Sumba yang Pendiam

Tue, 12 August 2014
Pulau sumba (Photo: naonishimiya)

Jika lo memerhatikan akun instagram @mirles, @nicholassaputra, dan @evacelia beberapa waktu belakangan ini, kamu akan melihat foto-foto pemandangan lanskap yang sangat indah. Sekilas, foto-foto mereka mirip dengan pemandangan kompleks Hobitton di Selandia Baru. Hamparan padang rumput yang luas dan berbukit-bukit terlihat sangat mengagumkan.

Ternyata, foto-foto indah itu diambil mereka bertiga saat melakukan syuting di Pulau Sumba. Yes, sebuah pulau pendiam di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kenapa kami menyebutnya pulau pendiam? Karena Pulau Sumba terasa sangat damai dan indah, namun belum banyak orang yang membicarakannya. Bahkan, situs lonely planet saja menyebut pulau ini dengan sebutan “Sumba is a dynamic mystery”.

Seperti di Selandia Baru, Sumba memiliki pemandangan alam yang lengkap. Mulai dari hamparan padang rumput hijau yang luas, topografi yang berbukit-bukit, hingga garis pantai putih yang sejajar dengan birunya air laut Samudra Hindia. Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih.

"Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih."

Pulau Sumba sendiri terbagi dalam empat kabupaten yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Biasanya, para turis akan memasuki pulau ini dari Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Daerah ini menjadi gerbang Pulau Sumba karena paling mudah dijangkau lewat udara atau laut.

Cara paling benar menikmati Sumba adalah dengan menelusurinya mulai dari sisi timur hingga ke barat. Sumba memiliki banyak objek menarik selain pemandangan alamnya, mulai dari pemukiman adat dengan tenun ikat terbaik di Indonesia dan beragam festival adat yang diadakan secara rutin seperti festival pasola yang terkenal itu.

Hmm, ngomong-ngomong Mira Lesmana, Eva Celia, dan Nicholas Saputra ngapain ya di Pulau Sumba? Tunggu update-nya di MLD SPOT.

Menyelam di Gampong Iboih
Terletak di pulau paling barat Indonesia, Gampong Iboih adalah spot menyelam paling populer di Pulau Weh, Banda Aceh. Tempat ini adalah salah satu surga tersembunyi yang menyimpan keindahan alam bawah lautnya.

Membelah Hutan dengan Gajah
Lo pernah membayangkan menelusuri hutan dengan naik seekor gajah seperti Tarzan? Tangkahan yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara menawarkan ekowisata dengan panorama hutan alami.

Surfing di Pulau Panaitan
Menuju ke Panaitan, Banten harus melalui jalur laut via kapal para nelayan. Para surfer mengatakan ombak di Panaitan sekelas dengan yang ada di Hawai dan Haiti. Perlu diingat, surfer pemula tidak direkomendasikan untuk bermain di sini.

Pengen Sunsetan di Jakarta? Coba ke Pantai Mutiara, Bro!

Thu, 08 April 2021
Tempat Wisata di Jakarta

Banyak yang bilang Jakarta nggak punya tempat wisata alam - karena yang ada dalam bayangan biasanya wisata Monas, Kota Tua, ataupun hiburan malam. Jangan khawatir, buat lo yang lagi mencari hiburan alam dan bisa menikmati indahnya sunset bisa berkunjung ke salah satu pantai di kawasan Jakarta Utara, namanya pantai Mutiara.

Kalo lo berencana berkunjung ke pantai ini, simak artikel MLDSPOT kali ini yang membahas lengkap pesona Pantai Mutiara dan kegiatan apa yang bisa lo lakuin di sana, check this out.

Terletak di Kawasan Elite

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - metro.tempo.co

Pantai Mutiara wajib masuk weekend list lo, bro. Nggak cuma indah, tapi juga mewah. Pasalnya, pantai ini berada di kawasan perumahan yang sangat dekat dengan laut dan luasnya sekitar 100 ha. Konsep perumahannya pun mirip seperti di Hollywood, di sana juga ada kapal pesiar dan wahana permainan. Lo bakal melihat perpaduan antara perairan laut yang alami dengan konsep modern perumahan memang suatu hal menarik untuk disaksikan.

Awalnya, kawasan itu hanya berkonsep perumahan biasa, tapi sejak tahun 1990-an - berubah menjadi perumahan elit yang diminati oleh banyak orang. Di sana juga dibuat perumahan elit dengan dermaga pribadi di belakang rumah. Jadi, bukan hanya sekedar penghuni perumahan aja yang bisa menikmati Pantai Mutiara, melainkan juga orang-orang yang bukan penghuni perumahan di sana.

Tempatnya memang sangat eksotis dan suasana terasa seperti kompleks perumahan mewah bintang film di Malibu, yang biasanya hanya bisa dilihat di adegan film. Jauh sekali kesan sumpek dan semrawut. Yang ada suasana yang rapi tertata, menawan dan elit.

Tempat Favorit Liat Senja

Pantai Mutiara ini dibuka dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam. Selain itu, tiket masuknya gratis untuk siapa aja, meskipun bukan penghuni di komplek perumahan tersebut. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah ketika sore hari menjelang sunset. Jangan lupa buat mengabadikan momen matahari terbenam dengan kamera lo ya.

Terlebih menjelang bulan Ramadhan, kalo lo mau ngabuburit sembari menunggu bedug Maghrib, lo bisa berjalan-jalan di tepi pantai atau sekadar duduk santai. Untuk menikmati sunset di Pantai Mutiara. Gimana apa lo tertarik buat ke sini, bro?.

Biar makin asik, lo bisa sekalian nongkrong di Jetski Café. Buka dari jam 4 sore hingga tengah malam, di sini ada banyak jetski dan merupakan pusat jetski di Jakarta. Lo juga bakalan nemuin berbagai bentuk, ukuran, model, dan warna jetski. Kafe ini memiliki 2 spot; indoor dan outdoor.

Tips Mengunjungi Pantai Mutiara

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - pegipegi.com

Ada beberapa tips buat lo yang berencana menikmati sunset di Pantai Mutiara.

  • Pastikan baterai HP terisi penuh. Atau setidaknya siapkan power bank biar lo nggak kehilangan kesempatan mengabadikan momen sunset.
  • Selalu ingat jaga kebersihan. Selain soal etika lingkungan, pantai ini memiliki penjaga reguler yang rajin patroli. Jadi, harus buang sampah pada tempatnya ya, bro.
  • Jangan parkir motor sembarangan. Apalagi sampai menghalangi jalan. Nanti akan ditegur oleh penjaga yang sedang patroli keamanan.
  • Buka kaca helm atau kaca mobil saat melewati pos penjagaan di pintu masuk kompleks perumahan. Selain alasan sopan santun, itu adalah standar keamanan yang mereka terapkan.

Anyway, setelah baca artikel ini - apakah lo udah membayangkan keseruan nongkrong di pinggir pantai, menikmati hembusan ombak ditemani angin sepoi-sepoi? Yuk buat jadwal berkunjung ke Pantai Mutiara, bro.

 

Feautred image - intiland.com