Home Traveling Jelajah Pulau Sumba yang Pendiam
Pulau sumba (Photo: naonishimiya)

Jelajah Pulau Sumba yang Pendiam

Tuesday, August 12, 2014 - 11:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jika lo memerhatikan akun instagram @mirles, @nicholassaputra, dan @evacelia beberapa waktu belakangan ini, kamu akan melihat foto-foto pemandangan lanskap yang sangat indah. Sekilas, foto-foto mereka mirip dengan pemandangan kompleks Hobitton di Selandia Baru. Hamparan padang rumput yang luas dan berbukit-bukit terlihat sangat mengagumkan.

Ternyata, foto-foto indah itu diambil mereka bertiga saat melakukan syuting di Pulau Sumba. Yes, sebuah pulau pendiam di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kenapa kami menyebutnya pulau pendiam? Karena Pulau Sumba terasa sangat damai dan indah, namun belum banyak orang yang membicarakannya. Bahkan, situs lonely planet saja menyebut pulau ini dengan sebutan “Sumba is a dynamic mystery”.

Seperti di Selandia Baru, Sumba memiliki pemandangan alam yang lengkap. Mulai dari hamparan padang rumput hijau yang luas, topografi yang berbukit-bukit, hingga garis pantai putih yang sejajar dengan birunya air laut Samudra Hindia. Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih.

"Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih."

Pulau Sumba sendiri terbagi dalam empat kabupaten yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Biasanya, para turis akan memasuki pulau ini dari Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Daerah ini menjadi gerbang Pulau Sumba karena paling mudah dijangkau lewat udara atau laut.

Cara paling benar menikmati Sumba adalah dengan menelusurinya mulai dari sisi timur hingga ke barat. Sumba memiliki banyak objek menarik selain pemandangan alamnya, mulai dari pemukiman adat dengan tenun ikat terbaik di Indonesia dan beragam festival adat yang diadakan secara rutin seperti festival pasola yang terkenal itu.

Hmm, ngomong-ngomong Mira Lesmana, Eva Celia, dan Nicholas Saputra ngapain ya di Pulau Sumba? Tunggu update-nya di MLD SPOT.