Jelajah Pulau Sumba yang Pendiam

Tue, 12 August 2014
Pulau sumba (Photo: naonishimiya)

Jika lo memerhatikan akun instagram @mirles, @nicholassaputra, dan @evacelia beberapa waktu belakangan ini, kamu akan melihat foto-foto pemandangan lanskap yang sangat indah. Sekilas, foto-foto mereka mirip dengan pemandangan kompleks Hobitton di Selandia Baru. Hamparan padang rumput yang luas dan berbukit-bukit terlihat sangat mengagumkan.

Ternyata, foto-foto indah itu diambil mereka bertiga saat melakukan syuting di Pulau Sumba. Yes, sebuah pulau pendiam di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kenapa kami menyebutnya pulau pendiam? Karena Pulau Sumba terasa sangat damai dan indah, namun belum banyak orang yang membicarakannya. Bahkan, situs lonely planet saja menyebut pulau ini dengan sebutan “Sumba is a dynamic mystery”.

Seperti di Selandia Baru, Sumba memiliki pemandangan alam yang lengkap. Mulai dari hamparan padang rumput hijau yang luas, topografi yang berbukit-bukit, hingga garis pantai putih yang sejajar dengan birunya air laut Samudra Hindia. Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih.

"Bisa dibayangkan, lo bebas untuk memilih menikmati matahari terbit dari atas bukit hijau dan melihatnya tenggelam sambil bersantai di atas pasir putih."

Pulau Sumba sendiri terbagi dalam empat kabupaten yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Biasanya, para turis akan memasuki pulau ini dari Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Daerah ini menjadi gerbang Pulau Sumba karena paling mudah dijangkau lewat udara atau laut.

Cara paling benar menikmati Sumba adalah dengan menelusurinya mulai dari sisi timur hingga ke barat. Sumba memiliki banyak objek menarik selain pemandangan alamnya, mulai dari pemukiman adat dengan tenun ikat terbaik di Indonesia dan beragam festival adat yang diadakan secara rutin seperti festival pasola yang terkenal itu.

Hmm, ngomong-ngomong Mira Lesmana, Eva Celia, dan Nicholas Saputra ngapain ya di Pulau Sumba? Tunggu update-nya di MLD SPOT.

Menyelam di Gampong Iboih
Terletak di pulau paling barat Indonesia, Gampong Iboih adalah spot menyelam paling populer di Pulau Weh, Banda Aceh. Tempat ini adalah salah satu surga tersembunyi yang menyimpan keindahan alam bawah lautnya.

Membelah Hutan dengan Gajah
Lo pernah membayangkan menelusuri hutan dengan naik seekor gajah seperti Tarzan? Tangkahan yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara menawarkan ekowisata dengan panorama hutan alami.

Surfing di Pulau Panaitan
Menuju ke Panaitan, Banten harus melalui jalur laut via kapal para nelayan. Para surfer mengatakan ombak di Panaitan sekelas dengan yang ada di Hawai dan Haiti. Perlu diingat, surfer pemula tidak direkomendasikan untuk bermain di sini.

Suka Diving? Ini Dia X Wisata Diving Paling Seru di Indonesia

Monday, December 30, 2019 - 18:06
seorang penyelam memotret sekumpulan ikan-ikan

Diving menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati saat ini. Kalau lo suka diving dan ingin mencari lokasi diving yang seru di Indonesia, banyak lokasi lo eksplorasi. Tempat-tempat ini tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Biar lo nggak makin penasaran, simak beberapa spot-nya berikut.

 

Candi Dasa

perairan biru yang jernih di Candi Dasa

Candi Dasa merupakan daerah di Bali yang ada di sebelah timur. Lokasi ini sangat cocok buat lo jadikan tempat untuk diving di Pulau Dewata. Laut di Candi Dasa memiliki daya tarik berupa alam bawah lautnya yang eksotis. Lo bisa dengan mudah menemui hewan laut seperti lion fish, ular laut, dan juga keindahan dinding koral yang megah.

 

Pulau Pramuka

Seorang scuba divers sedang menyelam di Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Di sini ada banyak dive site atau tempat untuk menikmati diving yang bisa lo kunjungi seperti Platform, Sea Garden, Tabularasa Shipwreck, dan juga Jetty. Selain itu, lo juga bisa menemui penyu-penyu cantik di dekat karang. Kalau lo suka sama ikan nemo, bisa juga memberi makan langsung saat diving.

 

Tulamben

ikan-ikan di bawah laut Tulamben

Tulamben berada di Pulau Bali. Bukan hanya terkenal sebagai spot diving yang seru tetapi juga terkenal dengan free diving-nya. Spot diving favorit di Tulamben yaitu Liberty Shipwreck. Lo pun bisa menikmati keseruan diving di Tulamben bersama teman di akhir pekan atau saat liburan di sini. Lokasi Panati Tulamben sendiri ada di daerah Karangasem, Bali. Selain diving lo juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing di sekitar area pantai saat sore hari tiba.

 

Derawan

perairan biru yang jernih di perairan Derawan

Derawan terkenal dengan pulau dan lautnya yang indah dan terhampar luas. Di sini lo bisa diving dengan keindahan lautnya yang menakjubkan. Nggak hanya itu saja, lo juga bisa melihat barracuda di sini. Ada schooling barracuda yang membentuk tornado. Diving di Derawan bisa membuat lo menguji ketangguhan. Ini karena arus di Derawan cukup kencang, sehingga lo nggak cuma harus siap teknik finning saja tetapi juga teknik pernafasan juga harus terlatih. Biar diving lo seru dan nyaman, pastikan lo menguasai teknik bernafas dan mengonsumsi udara dengan baik.

 

Labuan Bajo

kapal bersandar di dermaga Labuan bajo

Di Labuan Bajo terdapat banyak spot diving yang menarik dan seru. Salah satu spot diving terbaik di Labuan Bajo yaitu Manta Point. Waktu terbaik buat diving di Manta Point adalah pagi hari. Arusnya nggak terlalu kencang sehingga lo bisa diving dengan nyaman dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot diving bagi pemula.

 

Alor

sebuah kapal di atas perairan alor

Laut di wilayah Alor sangat jernih, bahkan lo juga bisa melihat frog fish. Kalau lo lagi beruntung, lo juga bisa ketemu paus, lumba-lumba dan mola-mola. Pemandangan di laut Alor dijamin bikin lo betah diving di sini. Keindahan bawah laut Alor sangat menakjubkan.  

 

Lokasi-lokasi di atas bisa jadi pilihan lo yang lagi mencari lokasi diving yang seru di Indonesia. Dijamin pengalaman diving lo akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan.

 

Source  Travel Detik