Home Traveling Menikmati Atas dan Bawah Laut Pulau Komodo

Menikmati Atas dan Bawah Laut Pulau Komodo

Friday, September 12, 2014 - 10:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sejak dulu, Indonesia sudah dikenal memiliki gugusan pulau-pulau indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tapi kendala yang sering ditemui adalah akses yang cukup sulit dan sarana penginapan yang minim di pulau-pulau tersebut.

Saat ini, melakukan perjalanan dengan cara live on board (LOB) yaitu menginap di atas kapal semakin digemari di kalangan traveler. LOB dianggap bisa menjawab kebutuhan traveler yang ingin mengeksplorasi pulau-pulau tak terjamah di Indonesia. Buat Urbaners yang ngaku penggila liburan ke pantai dan pulau, lo akan dianggap ketinggalan kalau belum pernah merasakan sensasi LOB.

Salah satu rute yang menarik adalah perjalanan menuju ke Pulau Komodo. Pesona pulau kadal raksasa ini sudah mendunia, seperti yang diungkapkan aktris dunia ini, "Never did I imagine that we would run our hands through the dark ocean at night and watch it light up with phosphorous, see a Komodo dragon in the wild, swim over a massive sea turtle, or be taught to make native dishes in situ," ungkapan bahagia Gwyneth Paltrow usai mengunjungi Pulau Komodo.

Yup! Bersama kedua anaknya, Gwyneth menikmati Pulau Komodo dengan cara LOB. Dulu, LOB biasa ditujukan untuk rombongan divers yang ingin mencari spot menyelam terbaik di tengah laut. Seiring perkembangannya, LOB digunakan penyedia jasa liburan sebagai cara alternatif menikmati gugusan pulau di Indonesia, termasuk Pulau Komodo. Dengan cara ini, Urbaners bisa menikmati Pulau Komodo dari atas maupun bawah lautnya.

Ada banyak keuntungan ketika lo memutuskan untuk menginap di atas kapal. Hal yang paling penting adalah lo bisa memiliki rute yang fleksibel untuk mengeksplorasi sudut pulau. Lo bisa mengunjungi pulau kecil bernama Gili Lawa Laut dan Darat yang terletak di sebelah utara Pulau Komodo. Urbaners juga diperbolehkan untuk turun di beberapa pulau kecil untuk menikmati hamparan padang rumput khas Pulau Komodo.

Selain itu, lo juga bisa diving di berbagai spot terbaik tanpa harus menempuh perjalanan darat yang melelahkan, melihat matahari terbit dan terbenam tanpa terhalang satu apa pun, dan menikmati berdebarnya jantung saat berenang bersama lumba-lumba liar di alam bebas.

Ada banyak penyedia jasa (dive operator) yang menawarkan paket perjalanan LOB di Pulau Komodo. Urbaners bisa memilih mulai dari dive operator lokal atau asing. Beberapa dari mereka sudah memiliki website pribadi yang memberikan informasi lengkap mengenai harga dan jadwal keberangkatan. Rata-rata paket perjalanan yang ditawarkan berkisar 4-5 hari menginap di atas kapal. Kapal yang digunakan pun bervariasi, mulai dari ukuran besar hingga sedang yang biasa digunakan untuk private trip. Hmm tunggu apa lagi, ayo buat jadwal liburan lo selanjutnya!