Trending
Senin, 09 Februari 2015

Mesmerizing Mosque

  • Share
  • fb-share
Mesmerizing Mosque

“Agama membuat hidup lebih terarah, dan seni membuatnya menjadi lebih indah”. Masjid merupakan salah satu wujud kebudayaan Islam yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Walaupun berfungsi sebagai ibadah,beberapa masjid memiliki tampilan yang indah. Desain interior dan exterior yang megah, membuat masjid menjadi salah satu tujuan wisata, baik dalam maupun luar negeri. Kalau Kamu punya hobi travelling, berikut adalah tempat-tempat yang gak boleh kamu lewatin:

Masjid Makkah

Masjid ini merupakan salah satu bangunan tertua di dunia. Masjid Makkah terletak di Hyderabad, Telagana, India. Bangunan ini adalah salah satu masjid terbesar di India, letaknya juga berdekatan dengan tempat bersejarah lainnya, seperti Charminar, Istana Chowmahalla, dan Pasar Laad. Batu bata yang digunakan dalam pembangunan masjid ini dibawa langsung dari Mekah. Didalamnya terdapat dua buah pilar yang terbuat dari granit, dan ukiran ayat Qur’an di sekelilingnya. Bangunan ini memiliki banyak kesamaan dengan Charminar.

Masjid Cordoba

Masjid Cordoba sebenarnya adalah gereja yang dulunya adalah sebuah masjid. Masjid ini dibangun saat islam masih berkuasa di Cordoba, yang merupakan ibukota Spanyol. Setelah Reqoncuista, atau penaklukan kembali oleh kaum Spanyol, masjid ini kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah gereja. Makanya bangunan bernuansa Moor ini sangat kentaal dengan nuansa islam. Masjid Cordoba terbuka untuk umum, dan sampai sekarang masih menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi di Spanyol.

Masjid Sehzade

Masjid ini didirikan oleh kekaisaran Ottoman pada tahun 1543 untak memperingati kematian anaktertuanya, Mehmed. Masjid Sehzade dikelilingi oleh halaman yang sama luasnya dengan bagian dalam masjid. Di halaman terdapat air mancur yang digunakan sebagai tempat wudhu. Interior masjid ini bisa dibilang simple, hanya ada ornament dibawah kubah utama dan disisinya terdapat empat kubah kecil yang membentuk “Four Leaf Clover”. Masjid ini memiliki kesan yang simple.

Masjid Akhmad Kadyrov

Masjid Akhmad Kadyrov terletak di Grozny, yaitu ibukota Chechnya. Masjid yang dikenal dengan sebutan “The Heart of Chechnya” ini adalah masjid terbesar di Rusia. Masjid yang diberi nama sama dengan nama pendirinyaini, yaitu Akhmad Kadyrov, terinspirasi dari Masjid Biru yang terletak di Istanbul, Turki. Pada tahun 2008, masjid ini dibuka untuk umum, oleh walikota Chechnya, Ramzan Kadyrov, dan perdana menteri Rusia, yaitu Vladimir Putin.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Terletak di Bandar Sri Begawan, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini sering disebut masjid paling indah se-asia pasifik. Selain dijadikan tempat ibadah, masjid ini adalah landmark dan tujuan wisata Brunei Darusalam. Masjid ini didirikan di atas laguna buatan di Sungai Brunei. Fitur yang menonjol dari masjid ini, yaitu kubahnya, terbuat dari emas murni. Menara utama masjid ini memadukan gaya arsitektur Italia dan Renaissance. Lo juga bisa mengunjungi menara utama untuk menikmati pemandangan kota yang indah.

 

 

Comments
subkhan al'aziz
nice infonya
Susiana Saputri
Mantap banget