Mata Air Panas Terbesar di Dunia - MLDSPOT

Mata Air Panas Terbesar di Dunia

Tue, 22 September 2015

Seperti yang sudah diketahu bahwa mandi dengan air hangat itu memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka (melembab) sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Buat lo yang suka mandi air hangat langsung dari sumbernya, sepertinya lo perlu berkunjung sesekali ke Frying Pan Lake atau 'Danau Penggorengan' yang terletak di Waimangu Volcanic Rift Valley, North Island, Selandia Baru.

Destinasi wisata di Selandia Baru tak melulu identik dengan suhu dingin. Buktinya, di sana ada sebuah geyser yang begitu populer di kalangan wisatawan. Sekadar informasi, Geyser adalah air panas yang terjadi akibat munculnya air tanah yang dipanaskan oleh energi bumi. Saat ini ada sumber air panas di semua benua dan tersebar di banyak negara di seluruh dunia. Beberapa negara dengan kelimpahan air panas adalah Cina, Kosta Rika, Islandia, Iran, Peru, Amerika Serikat, Taiwan, Jepang, dan yang terbesar yaitu Frying Pan Lake di Selandia Baru.

Frying Pan Lake terbentuk setelah gempa bumi melanda wilayah Rotorua di Selandia Baru pada Juni 1886. kala itu Gunung Tarawera meletus, yang menjadi erupsi gunung berapi terbesar sepanjang sejarah Selandia Baru. Desa-desa hancur, ratusan warga meninggal. Kini, yang tersisa adalah sebuah danau vulkanis yang kini disebut ‘Frying Pan Lake’ atau Danau Penggorengan. Dinamakan Frying Pan atau 'Penggorengan' karena permukaan danau ini penuh dengan kepulan asap dan tampak seperti wajan jika dilihat dari ketinggian.

Suhu air panas di Frying Pan Lake atau danau penggorengan ini mencapai 50 hingga 60 derajat celcius (sekitar 140 derajat Fahrenheit). Frying Pan Lake terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi pada tahun 1886.

Danau kawah terletak di “Waimangu Volcanic Rift Valley” dan memiliki luas permukaan 3,8 ha (9,3 hektar), atau juga dilaporkan seluas 38.000 meter persegi. Kedalaman rata-rata air panas adalah 6 meter (19,6 kaki), tetapi di beberapa tempat mencapai kedalaman hingga 20 meter (65,6 kaki). Meski terbilang ekstrem, tempat ini banyak dikunjungi turis. Kebanyakan turis datang untuk memotret danau ini atau sekadar trekking di sepanjang kawasan Volcanic Rift Valley.

Source : eugenekasperskyru.files.wordpress.com, images.detik.com

 

 

Dampak Negatif Mandi Air Panas
Selain memiliki banyak manfaat, ternyata mandi air panas juga bisa menimnulkan banyak kerugian jika dilakukan secara berlebihan, di antaranya membuat pori-pori kulit menjadi membesar, menurunkan kualitas sperma, dan membahayakan janin (untuk yang sedang mengandung).

Negara yang Memiliki Sumber Air Panas Terbanyak di Dunia
Kanada termasuk negara yang mempunyai sumber air panas terbanyak didunia. Sumber air panas paling banyak terdapat di di British Columbia. Salah satu sumber air panas yang terkenal di British  Columbia adalah Ainsworth Hot Spring yang terletak di desa Kootenay.

Sumber Air Panas di Indonesia
Banyak sumber air panas yang tersebar di Indonesia, seperti di Cisolok (Pelabuhan Ratu), Ciater (Subang), Maribaya (Lembang), Cipanas (Garut), Semurup (Jambi), Gemulak (Muara Enim), Baturaden (Malang), Parang Wedang (Yogyakarta), Tretes (Surabaya), dan Banyuwedang (Bali), Pantai Tabololo (Ternate), Cilimus (Cirebon) dan masih banyak lagi.

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com