Trending
Kamis, 04 Februari 2016

Pienza: Desa Kecil Karya Arsitektur yang Wajib Lo Datengin

  • Share
  • fb-share
Pienza: Desa Kecil Karya Arsitektur yang Wajib Lo Datengin

Kalau ngomongin tentang keindahan alam sih memang Indonesia jagonya, tapi kalau lo ngomongin tentang arsitektur di sebuah desa kecil, rasanya Pienza ini adalah yang terbaik.

Terletak di Italia, dekat Siena, desa kecil ini adalah desa dengan arsitektur yang sangat mewah. Dibangun hanya dalam waktu tiga tahun saja oleh Pope Pio II, desa ini menjadi salah satu tempat yang sering dibuat syuting film era Renaisans. Tahu nggak jaman Renaisans? Itu lho, jaman di mana banyak sekali ilmuwan dan seniman terkenal yang lahir dan berkarya dengan bebas, utamanya di daerah Itali dan Spanyol. Salah satu seniman dan ilmuwan terkenal pada jaman itu adalah Leonardo di Ser Piero, yang dikenal dengan nama Leonardo da Vinci.

 

Tercipta Karena Adanya Kasta

Nah, Pope atau Paus Pio II yang bernama asli Enea Silvio Piccolomini ini ingin membangun sebuah desa yang kaya akan arsitektur. Iya menggunakan banyak sekali arsitek handal pada tahun 1400-an dan membuat mereka bekerja untuk membangun desa idamannya ini. Ia merasa bahwa kota Siena adalah kota yang memarginalkan atau merendahkan dirinya dan keluarganya, karena itu ia ingin membangun sebuah desa atau kota yang sangat kecil yang indah dan akhirnya diberi nama sebagai Pienza ini. Desa yang lahir pada zaman Renaissance ini juga didaftarkan sebagai warisan dunia di UNESCO, sehingga Urbaners boleh lho mendatanginya sambil jalan kaki atau naik sepeda.

Tiga belas kilometer dari tempat ini ada tempat wisata lainnya yang juga nggak kalah indah dan menarik. Daripada lo naik sepeda, banyak traveler yang menyarankan bahwa lo lebih baik jalan kaki, karena pemandangan di Pienza dan sekitarnya ini unik dan indah banget. Lo bakal serasa berada di film-film gaya jaman dahulu kalau lo masuk ke desa ini.

Pienza ini dulunya bernama Corsignano dan menjadi salah satu desa dengan arsitektur humanis pertama yang pernah tercatat. Keren banget ya, Urbaners!

 

Source: HuffingtonPost.com

Comments
sumardiyono
Wow keren bro...
Aldi hidayat
Keren Abis